Skip to main content

Cara Menyembunyikan IP Saat Online

Setiap kali Anda mengakses internet, maka Anda akan memiliki IP Address (IP). Secara default, IP tidak tersembunyi alias bisa dilihat oleh pihak lain. Lalu, adakah cara untuk menyembunyikan IP kita agar terbebas dari hal-hal yang tidak kita inginkan?

Internet di masa sekarang menjadi tempat berselancar sehari-hari bagi sebagian besar orang. Banyak sekali diantara kita yang berjam-jam menghabiskan waktu untuk internetan. Namun sayangnya hanya sedikit yang peduli mengenai masalah keamanan ketika mereka online.

Inilah yang menyebabkan ancaman keamanan siber menjadi masalah yang serius pada dekade ini. Dan sebagai user, sudah semestinya kita bersikap lebih waspada.

Berbagai macam ancaman siber terus datang. Ancaman malware jahat tidak pernah hilang keberadaannya. Hal ini seharusnya menyadarkan pengguna internet agar lebih waspada selama mereka online dan meningkatkan keamanan perangkat yang digunakannya.

Tidak hanya beresiko kehilangan berbagai data penting, informasi pribadi termasuk informasi kartu kredit pun bisa disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Banyak sekali jenis malware yang membuat komputer pengguna disusupi oleh hacker dengan begitu mudah.

Cara Melindungi Komputer dari Serangan


Ada beberapa cara untuk membuat kita menjadi lebih aman ketika kita sedang online di internet, baik melalui komputer, smartphone atau tablet PC.

Selain dengan menginstall antivirus pada perangkat kita, kita juga bisa menggunakan program Virtual Private Network (VPN) untuk menyembunyikan alamat IP milik kita agar tidak mudah dibajak.

Apa Itu Alamat IP?


Alamat IP (Internet Protocol), merupakan label angka dari setiap perangkat (komputer, smartphone, tablet, IoT) yang terhubung ke jaringan komputer yang digunakan oleh Internet Protocol untuk komunikasi. Alamat IP memiliki dua fungsi utama, yaitu:

  1. Identifikasi host atau jaringan
  2. Pengalamatan lokasi

Cara Menyembunyikan Alamat IP di Komputer dan Smartphone


Untuk menyembunyikan alamat IP di komputer, baik Windows atau Mac yang paling mudah adalah dengan menggunakan software VPN. Aplikasi VPN juga bisa di install di perangkat smartphone, seperti Android.

Beberapa software VPN gratis terbaik yang bisa Anda gunakan, diantaranya:

  1. Open VPN   
  2. TunnelBear
  3. CyberGost
  4. Hotspot Shield
  5. Selengkapnya: 7 Daftar Aplikasi VPN Gratis Terbaik

Alternatifnya adalah menggunakan menggunakan web browser Opera. Web peramban Opera sudah dilengkapi fitur VPN didalamnya, jadi Anda tinggal mengaktifkannya.

Mengapa Perlu Menyembunyikan IP di Komputer dan Android?


Anda mungkin punya alasan sendiri untuk menyembunyikan alamat IP, dan pada umumnya berikut ini adalah beberapa alasan logis mengapa kita perlu menyembunyikan IP kita ketika internetan.

  • Bertujuan untuk menyembunyikan lokasi kita.
  • Sebagai upaya untuk pencegahan pelacakan.
  • Agar kita tidak meninggalkan jejak digital yang dapat dilacak secara mudah.
  • Agar bisa membuka situs yang diblokir.

Penutup


Cara Menyembunyikan IP Saat Online

Jika mempertimbangkan beberapa hal diatas, sepertinya kita memiliki alasan yang cukup untuk memutuskan menyembunyikan IP kita. Namun, tentunya hal ini menjadi sebuah pilihan, jadi Anda tidak juga diwajibkan untuk menyembunyikan IP Anda saat online.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Buka Komentar
Tutup Komentar
close