Skip to main content

7 Khasiat dan Manfaat Daun Seledri Untuk Kecantikan

Siapa yang tidak kenal dengan rempah – rempah beraroma harum? Selain digunakan untuk menambah aroma suatu masakan, seledri juga sangat populer untuk kesehatan dan juga kecantikan. Terutama bagi orang yang memiliki masalah mengenai rambutnya yang rontok dan juga rambut dirasa kurang lurus.

Sayuran hijau satu ini sangat dijadikan sebagai rekomendasi untuk camilan bagi mereka yang menginginkan tubuhnya langsing atau ingin berdiet, hal ini karena di dalam seledri terdapat kandungan nutrisi berupa vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Namun di samping itu seledri juga merupakan salah satu sayuran yang rendah akan kalori dan memiliki batang renyah berserat tinggi dan mampu menghasilkan rasa kenyang akan lebih lama.

Tahukan anda, bahwa daun seledri selain baik untuk kesehatan dan juga untuk kecantikan? Baik itu anda ingin mengkonsumsi secara segar atau dapat anda jadikan sebagai jus, daun seledri tetap mendatangkan manfaat yang besar untuk kecantikan anda tentunya.

Hanya dengan dioleskan ke bagian kulit pun anda juga dapat merasakan khasiatnya, karena dalam sebuah penelitian menurut Mind Body Green, kulit anda mampu menyerap kurang lebih sekitar 60 persen dari bahan yang dioleskan ke bagian atasnya. Jika anda merasa ingin tahu mengenai apa saja manfaat dari daun seledri untuk kecantikan tubuh anda berikut adalah penjelasannya.

Khasiat dan Manfaat Daun Seledri Untuk Kecantikan


1. Menjadikan Kulit Cantik


Daun seledri memiliki kandungan air yang sangat tinggi yaitu sekitar 95 persen. Apabila anda mengkonsumsi jus seledri secara teratur dan rutin maka hasilnya adalah mampu memenuhi kebutuhan air dalam satu harinya dan juga mampu membuat sel – sel kulit anda terhidrasi. Sehingga akibatnya adalah kulit anda akan menjadi lembut dan lentur.

Adanya air dan kandungan berupa antioksidan yang terdapat di dalam daun seledri juga sangat baik untuk detoksifikasi tubuh anda, menangkal terjadinya radikal bebas, dan juga mencegah sel – sel kulit tubuh dari suatu kerusakan. Sehingga akibatnya adalah kulit anda akan terbebas dari suatu masalah dan penyakit.

2. Mengatasi Kulit Berminyak


Seledri dapat membantu anda dalam mengurangi minyak yang ada di wajah anda. terutama apabila anda memiliki kulit wajah yang berminyak, anda dapat mengaplikasikan daun seledri untuk mengatasi wajah anda yang berminyak. Caranya dengan mengambil tiga batang seledri kemudian cuci bersih terlebih dahulu kemuadian siram dengan menggunakan air yang mendidih, lalu tutup dan diamkan hingga air tersebut dalam kondisi dingin. Setelah itu anda dapat menggunakannya untuk membilas wajah anda sebelum tidur. Agar hasilnya dapat maksimal, lakukan pada setiap hari sehingga kulit wajah anda akan terbebas dari minyak yang berlebihan.

3. Menjaga Kulit Muda


Daun seledri sangat kaya akan nutrisi di dalamnya diantaranya adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, niasin dan juga folat sangat penting untuk diproduksi oleh kolagen. Dimana kolagen sendiri sangat berperan penting untuk menjaga elastisitas kulit dan mampu menjegah terjadinya kerutan pada kulit. Bukan hanya itu adanya kalsium, kalium, magnesium dan juga selenium yang ada di dalam daun seledri akan menjadi suatu asupan yang penting dan mampu menjadikan kulit anda tampak cerah dan bersinar.

4. Bau Mulut


Manfaat lain ketika anda mengkonsumsi daun seledri yaitu dapat mengatasi bau mulut yang kurang sedap. Bau mulut yang memang disebabkan karena anda menyikat gigi dengan cara yang tidak benar atau juga dapat dari akumulasi partikel makanan dan bakteri yang ada di dalam mulut dapat anda atasi dengan menggunakan daun seledri. Anda dapat melakukannya dengan mengunyah batang seledri sehingga bau mulut yang disebabkan bakteri pada mulut anda akan teratasi.

5. Pengobatan Jerawat


Daun seledri juga dapat anda jadikan untuk masker yang mampu membantu dalam mengatasi jerawat. apabila anda sedang mengalami dan menderita jerawat pada wajah anda, anda dapat mengatasinya dengan menggunakan daun seledri yaitu dengan mencampurkan jus seledri dengan ditambahkan beberapa tetes tea tree oil.

Kemudian oleskan ke seluruh bagian wajah dan leher anda terutama pada bagian yang sedang mengalami jerawat dan diamkan terlebih dahulu hingga benar – benar kering. Adanya nutrisi yang penting di dalamnya akan langsung terserap ke dalam lapisan kulit anda, sehingga dapat melembapkan dan juga mengatasi masalah kulit anda dari dalam.

5. Baik untuk Diet


Khasiat dari daun seledri juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan anda. dalam suatu hasil penelitian mengatakan bahwa daun seledri dapat melarutkan lemak dan juga menurunkan berat badan anda. Sehingga daun seledri sangat baik untuk anda yang ingin berdiet dan terbukti dengan cepat dan tentunya aman selain itu anda juga mudah sekali mengolahnya menjadi minuman jus. Cukup dengan rutin mengkonsumsi jus daun seledri satu hari dalam setiap harinya.

6. Mampu Menyuburkan Rambut


Manfaat lain dari daun seledri juga didapatkan untuk menjaga kesehatan rambut anda yaitu untuk menjaga keseburan rambut anda. Cara yang dapat anda lakukan juga gampang karena tinggal anda siapkan satu genggam daun seledri yang masih dalam keadaan segar. Kemudian cuci daun seledri tersebut dan dicincang kecil – kecil.

Setelah itu masukkan ke dalam air dan rebus air tersebut hingga mendidih. Sebelum anda menggunakannya, diamkan terlebih dahulu hingga air rebusan seledri benar – benar dingin dan apabila telah dingin anda juga dapat menyaringnya terlebih dahulu. Jangan lupa juga anda untuk menambahkan satu sendok cuka dan anda masukkan ke dalam air seledri tersebut.

Sebelum anda memakainya, pastikan rambut anda sudah dalam keadaan yang bersih lalu ramuan daun seledri tersebut dapat anda oleskan ke bagian rambut secara merata. Tunggu dulu hingga kondisi rambut anda benar – benar kering kemudian anda bilas dengan menggunakan air bersih tetapi bukan dikeramasi.

7. Menghilangkan Ketombe


Kulit kepala yang sering mengalami berketombe juga dapat menjadikan faktor membuat rasa percaya diri anda menurun. Dimana ketombe tersebut dapat dipicu oleh kotoran yang mengendap, dan hal ini bisa karena berlebihnya keringat selain itu anda juga harus berhati – hati sebab hal ini dapat menjadikan ladang jamur pada nantinya. Di dalam daun seledri terdapat kandungan anti bakteri dan juga anti jamur sehingga dengan demikian dapat mengatasi rambut anda yang sedang berketombe yang memang dipicu oleh jamur.

Efek Samping Daun Seledri


Daun seledri memang banyak sekali manfaatnya terutama bagi kesehatan dan juga kecantikan kulit anda karena di dalam daun seledri terkandung banyak sekali nutrisi. Namun yang perlu diperhatikan adalah ketika anda mengkonsumsi daun seledri dapat juga menjadi berbahaya apabila anda mengkonsumsinya terlalu sering dan dalam jumlah yang berlebihan, serta ketika memasak daun seledri tersebut yang dipanaskan berulang.

Jadi akan sangat dianjurkan apabila anda ingin mengkonsumsinya untuk tidak memanaskan makanan yang terdapat daun seledri di dalamnya untuk anda konsumsi kembali.

Khasiat dan Manfaat Daun Seledri Untuk Kecantikan

Hal ini karena adanya kandungan nitrat yang terdapat di dalam daun seledri dan apabila masakan tersebut dipanaskan kembali justu akan berubah menjadi nitrit yang mampu menjadi penyebab terjadinya kanker atau karsinogen.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close