Skip to main content

4 Bahaya Gadget Bagi Kesehatan Mata Anak

Anak-anak saat ini siapa yang tidak mengenal gadget atau ponsel pintar? Banyak kita temui pemandangan dimana anak – anak yang asyik berkutat dengan ponsel pintar atau tablet, sekalipun itu para bayi. Karena terlalu asyik mereka akan betah untuk berkutat dengan gadget hingga berjam – jam.

Jika ada anak-anak di sekitar anda seperti demikian atau anak anda, sebaiknya harus berhati – hati karena jika tidak ditanggapi dengan serius bukan tidak mungkin pula anak anda akan mengalami gangguan pada kesehatan matanya.

Mata adalah salah satu alat indra yang sangat penting  dalam menangkap suatu cahaya untuk melihat objek yang ada di pandangannya. Kalau diibaratkan mata seperti saklar, ketika mata dibuka anda mampu melihat sekeliling yang nampak dan mampu ditangkap oleh mata anda, begitu pula sebaliknya. Dari berbagai permasalahan yang ada sering seseoang mengalami keluhan pada matanya, mulai dari mata minus, silinder, plus, atau sakit mata lainnya yang tentunya akan berpengaruh pada proses penglihatan anda.

Nah, salah satu permasalahan atau gangguan yang dialami mata serta sering dialami orang kebanyakan orang modern terutama adalah mata yang kering serta terasa panas karena penggunaan gadget yang melebihi batas wajar. Tak heran memang, saat ini penggunaan gadeget sudah merambah ke segala kalangan bahkan orang tua saat ini sudah membelikan gadget kepada anaknya yang masih terbilang kecil yang belum saatya untuk menggunakan alat seperti itu. Alasannya beragam nih mulai dari untuk komunikasi dengan anak, sebagai alat mainan anak bahkan ada juga yang menjadikan gadget sebagai hadiah ulang tahun dari orang tuanya.

Saat ini penggunaan gadget menjadi kebutuhan sehari – hari yang tidak bisa terpisahkan. Banyak memang yang menggunakan gadget untuk memudahkan pekerjaan atau tugas namun tidak sedikit pula yang menggunakannya hanya sebagai pengisi waktu luang. Tanpa disadari pula menggunakan gadget yang terlalu sering akan berdampak pula bagi kesehatan mata, mulai dari mata merah, mata lelah, mata iritasi hingga penglihatan yang semakin buram atau tidak jelas.

Tahukan anda, jika anak menggunakan gadget terlalu sering anak mengakibatkan mata anda cepat lelah, pandangan semakin kabur, mata terasa tidak nyaman, mata merah, atau gangguan yang terjadi pada penglihatan lainnya. Menurut dokter spesialis mata dari klinik mata SMEC, dr. Ikhasan Revino gangguan pada mata dapat menyebabkan adanya pengaruh pula pada kondisi tubuh anda. Misalnya saja dengan penggunaan gadget yang berlebihan akan mengakibatkan pusing kepala serta berpengaruh terhadap hormon-hormon yang berpengaruh pada tubuh anda.

Gangguan Kesehatan Mata yang Terjadi pada Anak


1. Mata Lelah (Astenopia)


Dimana pada gangguan ini yang terjadi adalah otot – otot mata akan merasa cepat lelah dan membuat penglihatan menjadi buram.

2. Mata Kering


Pada gangguan ini frekuensi berkedip akan perlahan berkurang, sehingga mereka yang mengalami gangguan ini akan sering mengeluh matanya perih atau nyeri jika mengalami mata kering.

3. Mata Juling (Strabismus)


Gangguan ini terjadi karena paparan sinar biru dari layar gadget yang digunakan terlalu intens dan terlalu dekat dapat menyebabkan meningkatnya resiko mata anak akan juling.

4. Rabun Jauh (Myopia)


Pada gangguan ini mengakibatkan bola mata menjadi lebih lentur atau memanjang sehingga yang terjadi anak akan rentan menjadi rabun jauh (myopia).

Hal lain yang mencengangkan adalah efek dari penggunaan gadget atau tablet bukan lagi dialami oleh orang dewasa namun jauh dari itu, anak-anak yang menjadi korban pula. Karena memang itu tadi orang tua memberikan gadget kepada anaknya sebagai alat mainan yang diberikan ketika anak sedang rewel atau menangis. Nah, kalau sudah anak sekali mengenal gadget dan ia sudah menemukan permainan atau hal yang sudah dia suka maka akan sulit bagi orang tua ketika hendak menjauhkan anak dari gadget. Anda harus mengecek sejak dini kondisi mata anak anda juga kondisi mata anda sendiri. Bisa jadi anda menganggapnya baik baik saja padahal kondisinya buruk.

Yang tidak kalah penting lagi saat anda menggunakan gadget dalam waktu yang lama apalagi ditambah dengan jaraknya yang terlalu dekat  bisa saja akan berpengaruh terhadap terganggunya fokus pada jarak dekat sehingga hal ini lah yang mampu menyebabkan mata anda menjadi minus.
Menurut penjelasan dari dr. D.A.N Canara Sari, Sp.M kebanyakan ketika dia menangani pasien anak-anak keluhan yang dialami adalah permasalahan adanya sakit mata yang disebut dengan miopi atau rabun jauh. Gejala yang timbul dan perlu diwaspadai anda sebagai orang tua adalah ketika anak suka mengedip mata secara terus menerus, sering duduk dengan jarak yang terlalu dekat ketika sedang menonton televisi, seringnya anak membaca buku terlalu dekat dan berbagai permasalahan lainnya.

Mengurangi penggunaan gadget dengan mengganti atau menyibukkan diri dengan hal yang lain jauh lebih baik untuk menghindari kerusakan atau timbulnya gangguan –gangguan yang terjadi pada penglihatan anda. Terutama buat anak –anak, jangan lagi memberikan gadget sebagai alat mainan anak. Kasihan kan kalau anak yang harusnya bebas bermain kesana kemari harus terganggu dengan penglihatan yang bermasalah pada dirinya. Selalu konsumsi buah dan sayuran untuk menunjang kesehatan mata anda.

Tips Mengatasi Masalah Mata Anak Saat Menggunakan Gadget


  1. Menjaga jarak antara mata dengan layar. Yaitu mengatur jarak gadget antara 30 hingg 40 cm dari pandangan anda. Selain itu perhatikan pula letaknya, sebaiknya letakkan agak lebih rendah dari ketinggian mata. Setidaknya pada bagian tengah layar gadget antara 10 hingga 23 cm di bawah posisi mata.
  2. Menyesuaikan dari pengaturan cahaya layar dengan adanya pencahayaan dari ruangan. Cahaya juga perlu diperhatikan, jangan menggunakan cahaya yang terlalu terang maupun terlalu redup atau bahkan gelap. Terlebih dahulu atur level pencahayaan layar dengan seminimal mungkin agar tidak terjadi cahaya yang terlalu kontras berlebihan pada mata.
  3. Membatasi waktu penggunaan gadget pada anak yaitu maksimal satu jam untuk per harinya. Usahakan pula dengan memberi jeda setiap 20 – 30 menit yang digunakan untuk beristirahat anak setidaknya 5 menit. Ingatkan pula anak untuk berkedip dan memberikan atau membasahi mata dengan obat mata sehingga mata anak tidak mudah kering.
  4. Akan lebih baiknya bila anda sebagai orang tua untuk menghentikan dalam penggunaan gadget pada anak. Terutama jika anak sudah mengalami gejala gangguan kesehatan penglihatan. Tidak lupa pula anda harus berkonsultasi dengan dokter spesialis mata untuk mendapatkan penanganan medis secara tepat.
  5. Sangat baik pula apabila kita sebagai orang tua sesekali untuk menghabiskan waktu dengan anak dengan cara misalnya berjalan – jalan di luar rumah atau ruang terbuka sekedar untuk menyegarkan mata kembali.

Penutup


Bahaya Gadget Bagi Kesehatan Mata Anak

Disamping antusiasme dalam menggunakan gadget, penting bagi Anda untuk memastikan mata anak Anda tidak terganggu akibat radiasi layar pada gadget. Anda juga perlu untuk membatasi anak Anda dalam menggunakan gadget agar tidak terjadi gejalan kesehatan yang tidak dinginkan.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Buka Komentar
Tutup Komentar
close