Skip to main content

4 Kesalahan Penyebab Orang Tetap Miskin

Mengapa Anda tetap miskin padahal Anda merasa sudah waktunya untuk mulai menikmati kehidupan yang lebih layak? Jawabannya, mungkin masih ada yang salah dengan diri Anda.

Iringan takdir jelas tak pernah lepas dari kehidupan kita sebagai makhluk-Nya. Apapun yang kita kerjakan senantiasa dilingkari oleh campur tangan takdir. 

Sisi religi mengajarkan pada manusia, bahwa kehendak Tuhan atau takdir tidak dapat dan tidak akan bisa dirubah dengan kondisi dan atas cara apapun. Jika takdir Tuhan berkata merah, maka selamanya akan tetap merah.

Pertanyaanya, jika memang takdir itu tidak bisa dirubah, lalu untuk apa kita berusaha? toh kita tidak akan pernah bisa melawan takdir.

Dalam pemahaman saya, takdir dan nasib itu berbeda. Nasib adalah sebuah kondisi yang menggambarkan situasi seseorang pada saat itu, dan nasib bisa dirubah seiring dengan adanya usaha untuk memperbaiki.

Siapa yang bisa merubah nasib? Jawabannya, tentu saja Tuhan, namun Tuhan merubah nasib seseorang berdasarkan perilaku dan usaha yang bersangkutan.

Jika Anda menginginkan Tuhan untuk merubah nasib Anda, maka Anda perlu menjadi pribadi yang banyak berdo'a, giat berusaha, dan juga mau berbenah, karena itu merupakan cara untuk memohon kepada Tuhan agar nasib Anda bisa lebih baik lagi.

“Tuhan tidak akan pernah merubah nasib seseorang tatkala orang tersebut enggan melakukan yang terbaik bagi dirinya”.  

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi sedikit wawasan sosial kepada sahabat pembaca mengenai beberapa hal yang menyebabkan seseorang tidak dapat keluar dari belenggu kemiskinan sepanjang hidupnya.

Penyebab orang tetap miskin tentu cukup beragam, namun saya menyoroti empat poin utama yang menurut saya merupakan penyabab utama dibalik kemiskinan yang terus berkepanjangan.

Berikut adalah empat kesalahan penyebab orang tetap miskin yang diharapkan dapat memompa motivasi agar Anda mau berbuat lebih banyak lagi serta terus berusaha berbenah diri sehingga membuka potensi untuk dapat mengakhiri kemiskinan.

1. Malas


Sifat malas merupakan satu dari kesekian hal terburuk dalam diri manusia. Menyimpan sifat malas tanpa ada niatan untuk berubah sama saja dengan Anda meniti kehidupan tanpa arah, dan Anda memiliki wacana masa depan yang sangat suram.

Siapa daftar orang terkaya saat ini? Coba Anda telusuri biografi dan sejarahnya, adakah satu saja diantara mereka yang bukan tipe pekerja keras?

Sifat malas akan merenggut kebahagiaan dan menghancurkan hidup Anda.

2. Bodoh


Tidak ada satu pun orang sukses di dunia ini dengan bekal wawasan yang sempit. Meskipun Bill Gates drop out dari kuliah, namun beliau bukanlah orang bodoh. Dia belajar banyak hal diluar kegiatan akademi formal, dan berkat kecerdasannya pria yang cukup dermawan ini sukses menjadi salah satu orang terkaya di dunia selama beberapa tahun.

Bill Gates berpikir keras, mau membangun wawasan, mencoba banyak hal, dan dia sadar bahwa ide pintar adalah salah satu kunci kesuksesan.

3. Takut


Membiarkan diri Anda terbelenggu rasa takut yang bahkan diluar batas akan menutup setiap kesempatan yang Anda miliki. Mestinya Anda berani merealisasikan setiap ide yang ada dalam pikiran Anda, dan jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru.

Rasa takut yang berlebihan membuat seseorang menjadi sangat terbatas dalam bertindak, dan pada akhirnya kesempatan untuk berubah sangatlah kecil. Lawan rasa takut Anda, dan cukup kerjakan apa yang ada dalam pikiran Anda.

Resiko adalah bagian dari proses menuju kesuksesan, jangan tersandera olehnya.

4. Pasrah


Pasrah terhadap kondisi adalah bagian dari sifat terburuk dalam diri seseorang, dan kita tidak diajarkan untuk menjadi orang yang hanya menggantungkan diri pada keadaan.

Jika ingin mendapatkan yang lebih baik, maka kita harus melakukan yang terbaik (sesuai kapasitas kita).

Penutup


4 Kesalahan Penyebab Orang Tetap Miskin

Terlepas dari campur tangan takdir, sesulit apapun kondisi seseorang tetap dapat diperbaiki menjadi lebih baik ketika yang bersangkutan mau melakukan yang terbaik sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Seburuk apapun kondisi seseorang, hidup itu tidak bisa disikapi dengan sisi pandang yang negatif. Jalan hidup manusia tidak pernah sama, namun manusia dibekali akal, dan logika adalah modal terpenting bagi manusia untuk menuju kehidupan yang lebih baik dengan tahapan, proses, serta rintangan yang berbeda satu sama lain.

Demikian, semoga artikel empat kesalahan penyebab orang tetap miskin ini berguna dan bisa memberikan tambahan energi positif bagi sahabat pembaca.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close