Skip to main content

Cara Membuat Situs Lowongan Kerja Gratis

Sekarang ini sudah banyak tersedia CMS (Content Management System) yang bisa Anda gunakan untuk membuat sebuah website secara gratis, baik berupa website berita, website iklan baris, ataupun website informai lowongan pekerjaan terbaru seperti karir.com dan situs-situs sejenis lainnya.

Untuk membuat situs lowongan kerja Anda membutuhkan sebuah CMS, terserah Anda mau menggunakan CMS apa. Ada banyak sekali pilihannya, Anda bisa menggunakan CMS Drupal, Joomla, Joobsbox, WordPress, atau CMS lainnya.

Adapun dalam tutorial membuat website lowongan kerja kali ini saya akan menggunakan CMS OSClass. Salah atu Content Management System terbaik untuk kebutuhan membuat situs lowongan pekerjaan gratis tanpa proses yang panjang dan ribet.

Mengenal OSClass - Pilihan CMS Terbaik Untuk Membuat Situs Loker


OSClass merupakan salah satu CMS yang cukup mudah digunakan untuk membangun sebuah portal website maupun website informasi lowongan perkerjaan. CMS OSClass memiliki beberapa kelebihan yang dapat dinikmati oleh penggunanya. Beberapa kelebihan yang ditawarkan OSClass antara lain adalah sebagai berikut:

  • Gratis - Tidak perlu membayar lisensi
  • Ringan - Cepat dan tidak membutuhkan disk space besar
  • SEO Friendly - Mudah di optimasi 
  • Proses instalasi sangat cepat
  • Tersedia berbagai macam module pendukung
  • Tersedia beragam pilihan template / theme
  • Dan masih banyak lagi.

Demo Website Lowongan Kerja Menggunakan OSClass


Anda mungkin tertarik untuk mengetahui seperti apa tampilan situs lowongan kerja yang dibuat menggunakan CMS OSClasss. Berikut ini screenshot tampilan halaman beranda situs loker menggunakan platform OSClass.

Tampilan Situs Lowongan Kerja Gratis dengan OSClass

Untuk melihat tampilan menggunakan theme lainnya, silakan lihat demo website lowongan kerja berbasis OSClass melalui tautan berikut: http://demo.osclass.org/jobboard/

Persiapan Membuat Situs Lowongan Kerja dengan OSClass


Untuk membuat situs informasi lowongan kerja menggunakan CMS OSClass Anda membutuhkan web hosting dan nama domain. Hosting secara sederhananya adalah sebuah almari file online untuk menyimpan data-data website Anda di internet. Sementara domain adalah nama atau alamat situs Anda yang diakhiri dengan ekstensi .com, .net, .info, .org, dan sebagainya.

Jika Anda belum familiar dengan web hosting, referensi terkait web hosting dan nama domain dapat Anda baca dalam artikel berikut: Web Hosting Terbaik Indonesia

Setelah Anda menyiapkan keduanya (hosting dan nama domain), langkah selanjutnya adalah mendownload file CMS OSClass untuk kemdian Anda install/upload ke server hosting (silakan masuk ke laman web official OSClass untuk download CMS OSClass). File CMS OSClass berukuran sekitar 4 MB.

Sebagai catatan, meskipun menggunakan OSClass ini grati, namun Anda tetap perlu mengeluarkan uang untuk biaya menyewa layanan web hosting dan registrasi nama domain.

Anda perlu mengeluarkan uang antara Rp 50 – 100 ribu per tahun untuk keperluan web hostin dan domain. Besaran biayanya tergantung paket hosting yang Anda pilih. Semakin besar kapasitas yang Anda pilih, maka semakin mahal harga sewanya. Ada banyak sekali perusahaan web hosting di Indonesia yang bisa Anda pilih, seperti Niagahoster, IDwebhost, Ardetamedia, dll.

Sebenarnya selain dengan membeli Anda juga bisa menggunakan layanan web hosting gratisan, namun saya tidak merekomendasikan Anda untuk menggunakan web hosting gratisan karena banyak kekurangan dan juga tidak aman. Website Anda bisa hilang begitu saja tanpa Anda bisa menuntut (sesuai bunyi TOS layanan). Dan jika Anda tetap memilih menggunakan hosting gratisan dengan segala resikonya, Anda bisa menggunakan web hosting gratisan yang disediakan oleh 000webhost. Salah satu penyedia web hosting gratis Indonesia yang sebenarnya berbasasi di luar negeri.

Sampai disini saya asumsikan Anda sudah memiliki web hosting, dan CMS OSClass sudah selesai Anda download. Selanjutnya, langkah-langkah membuat website lowongan pekerjaan menggunakan CMS OSClass adalah seperti dijelaskan dibawah ini.

Silakan Anda masuk atau log in ke cPanel akun hosting Anda untuk membuat database MySQL.

Cara Membuat Situs Lowongan Kerja Gratis - Step 1

Klik menu Database MySQL seperti terlihat pada gambar yang dilingkari diatas.

Selanjutnya akan muncul jendela untuk Anda membuat database, perhatikan gambar dibawah.

Cara Membuat Situs Lowongan Kerja Gratis - Step 2

Isikan data-data yang diminta, meliputi: 

  • Nama database
  • Username MySQL
  • Password

Selanjutnya klik tombol Buat / Create.

Pada halaman berikutnya akan tampil rincian database yang baru saja Anda buat. (Penting: silakan catat detail database Anda).

Dan pekerjaan Anda berikutnya adalah meng-upload CMS OSClass yang tadi telah Anda download. Cara upload CMS OSClass adalah seperti dijelaskan berikut ini.

Silakan Anda upload file CMS OSClass ke directory public_html (/domains/namadomainanda.com/public_html/).

Note: CMS harus di upload ke directory public_html, jangan ke directory lainnya.

Setelah file CMS OSClass selesai di upload ke directory public_html, tugas Anda selanjutnya adalah memulai proses intalasi script CMS dengan cara mengetikkan http://namadomainanda.com/index.php di tab baru web browser.

Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat Situs Lowongan Kerja Gratis - Step 3

Klik tombol Install yang kemudian akan menampilkan jendela seperti gambar berikut.

Cara Membuat Situs Lowongan Kerja Gratis - Step 4

Perhatikan gambar diatas. Masing-masing kategori yang ditandai dengan warna hijau, artinya semuanya sudah terkonfigurasi dengan benar. Lanjutkan dengan mengklik tombol Run the install.

Cara Membuat Situs Lowongan Kerja Gratis - Step 5

Isilah form dengan rincian database yang sebelumnya sudah Anda buat. 

  • Host: localhost
  • Databasename: Nama database yang tadi Anda buat
  • Username : Username Anda
  • Password : Kata sandi Anda pada saat membuat database
  • Table prefix : Biarkan saja (oc_)

Jika semua sudah Anda isi, silakan klik tombol Next sehingga akan keluar jendela Admin User seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat Situs Lowongan Kerja Gratis - Step 6

Sampai disini, situs loker Anda sudah selesai dibuat dan siap untuk digunakan. Selanjutnya Anda tinggal melakukan beberapa konfigurasi atau penataan agar website tersebut benar-benar sesuai dengan yang Anda inginkan.

Anda bisa menambahkan module, mengganti template, mengganti logo header, menambahkan widget, menerbitkan konten, dll. 

Penutup 


Demikian panduan cara membuat situs lowongan kerja gratis dengan CMS OSClass, semoga bermanfaat bagi Anda. Dan jika ada yang kurang jelas atau Anda menemui kendala tertentu, silakan sampaikan pertanyaan Anda.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close