Skip to main content

Cara Agar Potongan Apel Tidak Berubah Menjadi Kecoklatan

Terkadang yang membuat anda terasa kesal dan mengganggu karena melihat potongan apel anda yang sebelumnya segar seketika berubah warna menjadi kecoklatan dalam hitungan menit saja. Hal ini pula yang kerap membuat anda menjadi malas lagi untuk memakannya atau hingga merasa jijik dibuatnya. Namun, ada cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya, agar apel tetap segar dan renyah.

Salah satu buah yang memiliki kandungan yang baik bagi tubuh adalah buah apel.  Buah apel terkadang memiliki warna merah apabila sudah matang, bukan hanya itu kadang juga berwarna kuning atau hijau. Menu favorit yang sering dikonsumsi oleh para perempuan dalam rangka berdiet salah satunya dengan memanfaatkan konsumsi buah ini. Selain memiliki rasa yang enak, kandungan vitamin yang terdapat di dalamnya sangat baik bagi kesehatan anda.

Proses pencoklatan atau browning sebenarnya merupakan suatu peristiwa oksidasi yang diakibatkan oleh reaksi enzim yang terdapat pada bagian daging apel jika terkena udara. Sehingga yang dapat dilakukan untuk menghalangi warna kecoklatan itu muncul yaitu dengan mencegah enzim pada daging apel yang aktif.

Terjadi proses oksidasi ketika apel yang dipotong dibiarkan dalam ruangan yang terbuka. Meskipun hanya sedikit terjadi perubahan bahkan tidak ada perubahan pada rasanya, namun dengan perubahan warna yang kecoklatan akan memburuk atau terlihat tidak menarik lagi.

Nah pernah tidak anda mengamati setiap anda mengupas atau menggigit buah apel lama kelamaan akan berubah warna menjadi kecoklatan. Tentunya akan tampak jadi tidak menarik, dan merusak baik dari penampilan atau rasanya juga kan? Nah kali ini akan dibagikan bagaimana caranya untuk mencegah adanya perubahan bisa dilakukan dengan cara yang mudah yang baik bagi tubuh anda. Coba lihat langkah di bawah ini.

Tips Agar Potongan Apel Tidak Berubah Jadi Kecoklatan


Sebelumnya warna kecoklatan yang timbul itu karena apa sih? Adanya perubahan yang terjadi pada buah apel ini karena enzim yang ada pada buah ini akan bereaksi dengan oksigen yang ada di udara atau lebih dikenal dengan oksidasi. Untuk mencegah hal tersebut coba simak baik baik.

  • Olesi dengan air jeruk lemon


Untuk mengatasi perubahan warna yang ada pada buah apel dapat diatasi dengan air jeruk lemon. Air ini sendiri mengandung asam sitrat yang dapat mencegah adanya oksidasi. Caranya gampang kok anda cukup dengan mengucuri buah apel anda dengan menggunakan air perasan jeruk lemon. Dan rasanya akan jauh lebih segar jika anda konsumsi. Cara lain yang dapat anda aplikasikan dengan menggunakan air lemon untuk mencegah warna kecoklatan pada buah apel yaitu dengan merendam daging buah apel ke dalam suatu wadah atau mangkok yang telah berisi air dingin dan air lemon. Gunakan perbandingan misalnya satu sendok makan air lemon dengan campuran air kurang lebih 250 cc. Untuk menghasilkan warna yang cerah dan tetap segar waktu yang anda perlukan untuk merendam apel tersebut yaitu selama 3 hingga 5 menit kemudian ditiriskan dan dibilas hingga bersih.

  • Gunakan garam


Sudah diketahui bahwa garam memiliki kandungan yang baik untuk mengawetkan makanan secara alami. Nah kondisi ini dapat anda manfaatkan untuk mencegah adanya perubahan warna ketika apel sudah anda potong. Dengan cara yang cukup gampang nih, larutkan setengah sendok teh garam dengan segelas air dingin. Kemudian langkah selanjutnya adalah apel yang sudah anda kupas ke dalam larutan garam kurang lebih 3-5 menit . dan jangan lupa ya bilas dengan air matang kemudian tiriskan.
Jangan khawatir dengan hasil dari apel yang direndam air garam yaitu dengan rasa asinnya yang menempel pada daging apel. Selama anda tidak menggunakan garam dengan kadar yang terlalu banyak dan setelah merendam dengan air garam langsung dibilas dengan air maka rasa dari apel tersebut tidak akan berubah.

  • Rendam dalam minuman berkarbonasi


Ketika anda minum minuman yang berkarbonasi umumnya mengandung asam sitrat. Baik digunakan kalian untuk mencegah adanya perubahan warna yang cokelat pada buah apel anda. menggunakan lemon lime soda atau ginger ale merupakan dua pilihan yang dapat anda pilih untuk mencegah warna coklat pada buah apel anda. Caranya dengan cukup merendam buah apel yang anda potong – potong dengan minuman yang mengandung karbonasi yang sudah anda pilih sebelumnya. Kemudian diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 3 hingg 5 menit kemudian tiriskan potongan apel tersebut. Jika anda tidak menyukai ada rasa lain dari buah apel tersebut, anda dapat membilasnya dengan air bersih.

Namun jika anda menginginkan ada rasa tambahan dari buah tersebut maka anda dapat langsung memakannya setelah ditambah minuman berkarbonasi. Selain jenis minuman berkarbonasi di atas, seltzer water adalah jenis dari minuman berkarbonasi pula yang dapat anda jadikan pilihan untuk mencegah daging apel agar tidak berwarna kecoklatan.

  • Rebus apel


Salah satu cara untuk mencegah perubahan warna apel adalah dengan merebus apel. Pada proses ini mampu menghentikan terjadinya reaksi enzim dengan oksigen. Dengan cara ini dapat dilakukan dengan dengan cara memasukkan apel yang sudah dipotong potong ke dalam panci yang sudah diiisi dengan air mendidih selama kurang lebih 5 menit. Kemudian langkah selanjutnya adalah dengan mengangkat dan kemudian bilas dengan air dingin.

Namun yang perlu anda perhatikan ketika anda menggunakan metode ini akan berdampak pada tekstur buah apel anda. Karena pada teknik blanching atau merebus akan mampu melembutkan tekstur apel secara signifikan, sehingga apel dirasa kurang cocok jika langsung dimakan begitu saja. Namun jenis metode ini paling baik jika apel digunakan untuk dimasak atau pun dengan cara dipanggang.

  • Bungkus dengan plastik


Cara yang satu ini dapat anda lakukan dengan mencegah adanya perubahan warna yang ada pada buah apel. Gampang banget kok caranya bungkus buah apel yang sudah dipotong – potong dengan menggunakan plastik dan tutup rapat- rapat agar udara yang di luar tidak mudah masuk sehingga enzim yang terdapat di dalam buah apel tidak mudah untuk teroksidasi. Usahakan pula untuk membungkus apel dengan sekencang kencangnya dan juga hindari pula munculnya kerutan – kerutan dari plastik yang terdapat pada permukaan apel.

Cara Agar Potongan Apel Tidak Berubah Menjadi Kecoklatan

Pada metode ini merupakan jenis metode yang paling baik digunakan untuk membungkus jenis potongan apel yang besar karena akan lebih mudah dalam membungkusnya dibandingkan dengan potongan apel yang berukuran kecil – kecil. Yang perlu anda perhatikan pula adalah ketika masih ada udara yang tertinggal di dalam wadah plastik, maka apel akan mulai untuk teroksidasi. Namun pada metode ini bukan cara yang paling efektif untuk mengatasi buah apel yang berwarna coklat karena sulit untuk menghilangkan semua udara yang berada di dalam plastik.

Sekarang anda tidak perlu khawatir lagi ya dear untuk menjaga buah apel agar tetap dalam kondisi yang segar. Semoga bermanfaat.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close