Manfaat Vitamin K Untuk Kesehatan Tubuh

Bagi semua orang tentunya sudah familiar dengan vitamin A, B, C, D, dan juga E. Namun masih sedikit yang memahami secara jelas mengenai vitamin K. Anda dapat menemui vitamin K yang terdapat di dalam sayuran – sayuran hijau seperti halnya bayam, brokoli, kale dan juga kubis brussel.

Vitamin K memang dikenal sebagai salah satu vitamin pembeku darah, hal ini karena peranan dari vitamin K yang sangat penting dalam menyembuhkan luka – luka. Dimana huruf K berasal dari bahasa Jerman Koagulation yang mengadung arti pembekuan. Sedangkan menurut Harvard School of Public Health dimana vitamin K dapat membantu dalam menghasilkan empatdari 13 protein yang dibutuhkan oleh tubuh dalam pembekuan darah.

Vitamin K sendiri adalah salah satu zat yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Dan sama halnya dengan jenis vitamin lainnya, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, dan juga vitamin E. Namun khusus untuk vitamin K sendiri memang banyak yang belum mengetahui secara jelas mengenai manfaatnya. Vitamin K terdiri dari dua jenis diantaranya adalah vitamin K1 dan juga vitamin K2, namun khusus untuk vitamin K2 umumnya banyak anda temui pada kuning telur, hati atau juga terdapat pada keju. Sedangkan fungsi utama dari vitamin K adalah mampu membantu dalam proses pembekuan darah. Namun apabila anda kekurangan dengan vitamin K, maka yang terjadi adalah darah yang sedang keluar akan susah untuk terhambatnya.

Manfaat Vitamin K untuk Kesehatan Tubuh 


  • Membantu Pembekuan Darah

Dalam pembekuan darah yang cepat sangatlah dibutuhkan bagi tubuh kita. terutama bagi anda yang telah tercukupi kebutuhan mengenai vitamin K, tentunya luka kecil akan mudah sekali untuk disembuhkan dan cepat pula menutup dalam satu hari saja. Namun berbeda halnya dengan mereka yang kekurangan mengkonsumsi vitamin K, dimana luka pada tubuh anda akan sembuh dengan waktu yang lama dan membutuhkan waktu beberapa hari. Oleh karena itu, anda dapat mendapatkan manfaat dari vitamin K dengan banyak mengkonsumsi sayur hijau.

  • Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis termasuk suatu keadaan yaitu struktur tulang anda akhirnya mulai mengalami pengeroposan dimana diakibatkan karena memang kurangnya kandungan mineral untuk membantu dalam menguatkan tulang anda. Dengan adanya kandungan fosfor dan juga kalsium dapat pula mencegah terjadinya osteoporosis. Namun akan tetapi vitamin K ternyata dapat membantu anda dalam mengoptimalkan dan juga mempercepat peneyrapan fosfor dan kalsium sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit osteoporosis.

  • Menjaga Kesehatan Tulang 

Vitamin K juga mampu menjaga dalam kesehatan tulang pada tubuh anda. dimana hal ini juga berhubungan dengan rendahnya resiko anda mengalami terjadinya beberapa gangguan dari kerusakan tulang misalnya adalah osteoporosis. Selain dari itu, ketika anda banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin K maka anda akan tetap terjaga kekuatan tulang sehingga anda tetap bisa untuk melakukan segala aktivitas secara lebih optimal dan lebih baik lagi.

  • Membantu Pertumbuhan Tulang

Vitamin K bukan hanya bermanfaat untuk orang dewasa namun juga baik untuk bayi yaitu mampu membantu dalam pertumbuhan tulang si bayi. Dengan adanya fungsi dari vitamin K yang mampu membantu  anda dalam proses penyerapan mineral terutama adalah pada bagian tulang maka adanya vitamin K akan sangat penting untuk tercukupi dalam setiap harinya. Terutama bagi para anak – anak yang masih dalam proses pertumbuhan, hal ini penting karena dapat menambah tinggi badan anak – anak dan juga mengoptimalkan dalam pertumbuhan tulang.

  • Mencegah Terjadinya Penyakit Diabetes

Dalam suatu penelitian terbaru yang telah menunjukkan bahwa ternyata manfaat dari vitamin K adalah sangat baik untuk mencegah munculnya penyakit diabetes pada keluarga dan juga diri anda sendiri. Hal tersebut juga dapat anda buktikan bahwa adanya fakta mengenai vitamin K yang mampu membentuk sistem perlawanan dari resistensi insulin. Sedangkan resitensi terhadap insulin saat ini telah diketahui dan termasuk salah satu penyebab munculnya diabetes pada diri seseorang. Selain hal tersebut, vitamin K juga sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan dan juga mempercepat dalam proses metabolisme yang terjadi pada tubuh anda. sehingga hal tersebut dapat mencegah kemunculan resistensi insulin yang termasuk salah satu penyebab terjadinya penyakit diabetes.

  • Mencegah Pendarahan pada Hati

Bagi anda yang memang sering menggunakan obat penenang, antibiotik dan juga aspirin akan secara berlebihan maka sebaiknya anda perlu berhati – hati. Hal ini karena dapat mengakibatkan munculnya pendarahan pada bagian liver atau hati anda. Dimana pada pendarahan hati anda akan menyebabkan funsi dari hati dapat berubah menjadi tidak optimal dan tentunya akan berbahaya bagi kesehatan anda. namun demikian, manfaat dari vitamin K ini dapat mencegah terjadinya pendarahan. Sifat alami dari vitamin K dapat mencegah terjadinya suatu pendarahan dan dapat mempercepat serta mengoptimalkan dalam proses pembekuan darah yang ada pada tubun anda.

  • Mencegah Munculnya Penyakit Kanker

Vitamin K juga memiliki manfaat yang tentunya sangat baik untuk mencegah terjadinya penyakit kanker. Dimana penyakit kanker adalah salah satu dari penyakit kronis yang tentunya sangat berbahaya dan beberapa penyakit kanker diantaranya adalah sangat mematikan. Dan pada vitamin K dapat memperlambat suatu proses perkembangan dari suatu sel kanker yang terdapat di dalam tubuh anda. dengan anda mengkonsumsi sayuran yang kaya akan vitamin K maka perkembangan dari kanker akan lebih lambat dan sel kanker tidak mudah untuk menyebar dan akan lebih cepat untuk anda tangani.

  • Melindungi Jantung dan Arteri

Protein juga bergantung pada tingkat dari vitamin K untuk mengurangi terjadinya kolesterol pada pembuluh darah bagian arteri dan juga vena. Sehingga hal ini adanya vitamin K dapat membantu dalam menurunkan kolesterol dan kemungkinan seseorang mengalami dan terserang penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian pada tahun 2009 yang mengatakan bahwa vitamin K juga mampu melindungi tubuh anda dari penyakit jantung koroner.

  • Baik Untuk Wanita Hamil

Manfaat lain dari mengkonsumsi makanan atau sayuran yang banyak mengandung vitamin K adalah baik untuk anda yang sedang hamil. Bagi para wanita hamil yang sedang mengalami muntah – muntah dan mual biasanya hal ini dapat terjadi karena anda kekurangan dalam mengkonsumsi vitamin K setiap harinya. Asupan vitamin K secara rutin akan mampu mengatasi anda dalam gejala – gejala tersebut dalam waktu kurang dari 72 jam dan juga mampu mencegahnya untuk kembuh kembali lagi.

  • Mengatasi Obstruksi Biller

Pada pengobatan dengan menggunakan antibiotik oral tentunya kerap akan mengakibatkan obstruksi biller, penyakit celiac, enteritis regional dan juga ulcerative colitis dan juga akan menjadi tambah parah apabila anda kekurangan vitamin K. Sehingga oleh karena itu, apabila anda mengkonsumsi sayuran yang kaya akan vitamin K maka dapat mencegah adanya komplikasi dari masalah kesehatan anda tersebut.
Manfaat Vitamin K Untuk Kesehatan Tubuh
Demikian adalah informasi mengenai manfaat dari vitamin K yang sangat baik untuk kesehatan tubuh anda. Oleh karena itu sebagai pemenuhan adanya kebutuhan akan vitamin K, maka sangat disarankan anda untuk banyak mengkonsumsi sayur – sayuran hijau dan juga susu untuk mencegah beberapa penyakit yang berbahaya untuk kesehatan anda.
Artikeloka » Kumpulan artikel informatif

Judul Artikel: Manfaat Vitamin K Untuk Kesehatan Tubuh
Ditulis Oleh: Luki H.

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Manfaat Vitamin K Untuk Kesehatan Tubuh ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Manfaat Vitamin K Untuk Kesehatan Tubuh "

Posting Komentar

close