Skip to main content

Manfaat Air Hujan Bagi Kesehatan dan Kehidupan Sehari – Hari

Hujan memang selalu dikaitkan dengan adanya dampak – dampak negatif misalnya adalah terjadinya bencana banjir, tanah longsor dan lain sebagainya yang merugikan bagi manusia. Apalagi kondisi di Indonesia ketika musim hujan lebih panjang dibandingkan dengan musim kemarau. Terutama pada akhir – akhir ini yang seharusnya musim kemarau namun hujan terus turun sepanjang hari.

Air hujan merupakan air yang terbentuk secara alami yang berasal dari proses alam. Dimana proses awal terbentuknya air hujan adalah ketika uap air yang berasal dari sumber air yang berada di daratan akan mengalami penguapan. Kemudian uap air tersebut naik ke atas langit dan akan membentuk menjadi awan. Awan – awan yang saling menumpuk akan membawa butir – butir air karena memang terbawa oleh angin, sehingga akibatnya adalah butir – butir air tersebut akan mengalami gravitasi yang dapat membuat air dapat turun ke bawah. Ketika proses butir – butir air tersebut jatuh ke bumu maka ada sebagian air yang kembali menguap ke awan. Sehingga air yang jatuh ke permukaan bumi itulah yang disebut dengan air hujan.

Dalam beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kandungan yang terdapat di dalam air hujan memang sangat berbeda bila dibandingkan dengan kandungan pada air biasa. Apabila anda ingin membuktikannya anda dapat mencoba dengan menampung air hujan yang langsung dari langit bukan air hujan yang telah melalui daun atau seng rumah. Kemudian coba anda masukkan air hujan tersebut ke dalam suatu wadah misalnya plastik dan kemudian bekukan hingga menjadi bongkahan es batu. Setelah dirasa beku air hujan tersebut, coba anda perhatikan bahwa akan ada partikel – partikel yang indah di dalam kandungan air hujan. Berikut ini merupakan ulasan mengenai manfaat air hujan dalam kehidupan sehari – hari dan juga untuk kesehatan tubuh anda.

Manfaat Air Hujan 


  • Menyingkirkan Bau Amis

Mungkin anda pernah merasakan setelah memegang sesuatu yang berbau amis, misalnya seperti ikan atau makanan laut lainnya kemudian anda mencoba mengatasi dan menghilangkan bau amis pada tangan anda dengan menggunakan sabun, namun yang terjadi adalah tangan anda tetap tidak akan hilang bau amisnya tersebut. Selain itu anda juga mencobanya dengan menggunakan lemon agar bau amis yang ada di tangan anda dapat hilang. Apabila anda tidak menggunakan lemon, bau amis yang sudah bercampur dengan bau sabun akan terus menempel di tangan anda dan hasilnya adalah tangan anda tetap tidak membuat tanganmu harum.

Nah, tahukan anda bahwa sebenarnya air hujan bisa menjadi suatu solusi untuk mengatasi tangan anda yang terkena bau amis? Air hujan yang mengandung banyak H2O2 (Hidrogen Peroksida) yang mampu membantu menghilangkan dari bau amis. Anda dapat mencoba dengan mencuci tangan anda dengan menggunakan air hujan dan hasilnya adalah bau amis pada tangan anda akan hilang.

  • Baik Untuk Kesehatan Rambut

Apakah anda pernah mendengar apabila orang – orang pada zaman dahulu sering melakukan keramas dengan menggunakan air hujan? Hal ini dilakukan karena mereka memang percaya bahwa air hujan dapat membuat rambut anda akan lebih berkilau dan sehat. Mungkin memang terdengar sedikit aneh, namun hal ini sudah dibuktikan secara ilmah dimana air yang turun dari langit memiliki kadar kenetralan pH yang hampir sempurna, selain itu juga bebas garam, dan bebas dari mineral – mineral yang berbahaya bagi kesehatan rambut anda. adanya kandungan Ph yang netral akan menjaga kesehatan akar rambut anda dan rambut anda menjadi tidak mudah rontok. Apabila difilter atau disaring dengan baik, maka air huja juga dapat menjadi materi yang paling netral yang dapat anda gunakan untuk mencuci rambut.

  • Membuang Racun Dalam Tubuh

Hal ini dapat dilakukan dengan cara melarutkan garam pada air hujan. Setelah anda menambahkan garam laut, coba anda masukkan kaki anda dan biarkan terendam ke dalam campuran air hujan dan garam kurang lebih selama 15 menit. Adanya zat – zat yang terkandung di dalam air hujan dapat membantu anda dalam mengeluarkan racun di dalam tubuh. Selain itu juga ada kandungan H2O2 (Hidrogen Peroksida) yang terkandung di dalam hujan juga berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

  • Mengurangi Tagihan Listrik

Manfaat lain dari air hujan adalah mampu mengurangi tagihan listrik. Air hujan yang disaring dengan cara yang baik dapat digunakan untuk menjadi sumber air yang dapat anda gunakan untuk seluruh kegiatan dalam rumah tangga. Dengan anda menggunakan air hujan yang sudah disaring, anda tidak perlu lagi untuk memompa air tanah dengan menggunakan pompa listrik atau membayar air PAM. Anda juga dapat menyimpan uang yang semestinya digunakan untuk membayar tagihan listrik. Selain itu anda juga dapat membuat pembangkit listrik secara sederhana yang digerakkan oleh tenaga air hujan.

  • Mengurangi Banjir dan Erosi Tanah

Mengurangi banjir? Bagaimana bisa? Bukankah apabila terjadi hujan yang terjadi malah adanya bahaya banjir?
Memang hujan dapat membuat daratan menjadi banjir, tetapi juga dapat menguranginya. Yaitu dengan cara air hujan yang ditampung di dalam tengki penyimpanan yang besar akan mampu membantu mengurangi ancaman banjir di daerah daratan yang rendah. Konstruksi tanah akan sangat memerlukan adanya serapan air hujan yang maksimal agar tanah menjadi lebih kuat dan tidak mudah terjadi erosi. Selain itu, penyerapan air tanah juga dapat lebih maksimal lagi kerjanya apabila ditopang dengan banyak pohon. Ayo, segera kita untuk menampung banyak air hujan sehingga mampu membantu baik itu untuk diri kita sendiri atau juga mengurangi banjir di daerah daratan yang rendah.

  • Meningkatkan Kesuburan

Kesuburan merupakan hal yang penting bagi setiap manusia baik itu laki – laki atau perempuan untuk mendapatkan keturunan. Memang tingkat kesuburan seseorang akan berbeda – beda sesuai dengan pola hidup mereka. Dimana apabila semakin sehat pola hidup yang anda lakukan maka berbanding lurus pula tingkat kesuburan anda juga semakin tinggi. Sehingga salah satu manfaat dari air hujan adalah mampu meningkatkan tingkat keseburan pada masing – masing orang.

  • Sebagai Sumber Energi

Manfaat Air Hujan Bagi Kesehatan dan Kehidupan Sehari – Hari

Pernahkan anda melihat bahwa air hujan mampu menjadi sumber daya dengan cara yang langsung? Di Indonesia sendiri pemakaian air hujan sebagai sumber daya melalui cara yang langsung memang belum terbukti dilakukan. Namun di salah satu negara bagian Inggris, orang – orang disana mulai untuk menggunakan air hujan sebagai sumber daya yang memang khusus untuk lampu taman  atau lampu dinding. Tujuan dari sistem ini dibuat yaitu dengan menanamkan panel khusus yang digunakan untuk menyimpan energi dari air hujan. Sehingga seusai itu, air hujan akan disimpan sebagai bahan untuk cadangan energi. Dimana energi yang dirubah menjadi energi panas dan akan mengalirkan listrik ke lampu – lampu jalan atau dinding sehingga lampu – lampu tersebut dapat menyala dengan cara yang otomatis ketika malam hari.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close