Cara Cek IMEI HP

Cek IMEI cukup penting bagi para pengguna smartphone, baik itu Android maupun iOS (Apple). Untuk memastikan HP Anda bukanlah HP bajakan atau ilegal, Anda bisa segera melakukan pengecekan nomor IMEI HP Anda.

Untuk memerangi peredaran ponsel ilegal, pemerintah menyediakan situs cek IMEI HP yang dapat dimanfaatkan pengguna smartphone di seluruh Nusantara untuk mengetahui apakah HP yang digunakannya legal atau ilegal, KW atau asli, replika atau ori.

Ingat, pemerintah berencana untuk memblokir HP yang tidak memiliki nomor IMEI terdaftar. Jadi, Anda perlu segera cek IME Android milik Anda agar terus bisa menggunakannya sebagaimana biasa. Begitu juga dengan pengguna iPhone, mereka direkomendasikan untuk segera melakukan pengecekan IME.

Situs CEK IMEI Pemerintah (Kemenperin)


Pada awal sosialisasi, pemerintah menginformasikan kepada masyarakat bahwa cek IME HP bisa dilakukan melalui situs Kemenperin yang beralamankan: https://kemenperin.go.id/imei. Namun, saat ini laman web tersebut sudah tidak lagi tersedia untuk keperluan cek IMEI.

Dan sebagai gantinya, sekarang Kemenperin telah menyediakan laman khusus untuk mengecek IMEI ponsel yang dapat diakses melalui link berikut: https://imei.kemenperin.go.id. Laman web untuk cek IMEI terbaru ini bahkan jauh lebih menarik dan berwarna kebiruan. Silakan kunjungi halaman web tersebut untuk melakukan pengecekan IMEI HP Anda.

Pemerintah Akan Memblokir HP Ilegal Melalui Identifikasi IMEI


Bukan rahasia lagi bahwa peredaran smartphone ilegal sudah cukup meresahkan. Dan menyikapi hal tersebut, pemerintah melalui Kemenperin akan segera memblokir peredaran HP ilegal guna memastikan peredaran ponsel pintar black market ( BM) di Indonesia akan terhenti.

IMEI adalah kependekan dari International Mobile Equipment Identity, yaitu  identitas internasional yang dikeluarkan oleh Global System for Mobile Association (GSMA) yang terdiri dari 15 digit nomor desimal unik yang berguna untuk mengidentifikasi suatu perangkat telekomunikasi yang terhubung ke jaringan telekomunikasi bergerak seluler.

Cara CEK IMEI HP


Untuk memudahkan Anda dalam mengecek IMEI ponsel, silakan ikuti panduan cek IMEI seperti dijelaskan dalam infografis berikut ini.

Cara Cek IMEI HP

  1. Pertama, cek IME di HP Anda dengan mengetikkan short code *#06#
  2. Catat nomor IME yang muncul di layar ponsel
  3. Silakan buka situs https://imei.kemenperin.go.id
  4. Masukkan nomor IMEI HP Anda ke kotak cek IME di situs Kemenperin yang jumlahnya sebanyak 15 digit.
    Cara Cek IMEI Android
  5. Jika sudah mengetikkan nomor IME di kotak pengecekan, selanjutnya silakan tekan tombol keyboard Enter.
  6. Dan apabila IME ponsel Anda terdaftar, maka akan muncul keterangan seperti gambar berikut ini.
    Cara Cek IMEI iPhone
  7. Selesai.

Penutup


Cek IMEI cukup penting untuk Anda lakukan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, terlebih untuk melakukannya juga sangat mudah. Anda hanya perlu masuk ke situs Kemenperin lalu masukkan nomor IMEI ponsel Anda dan seketika Anda akan mengetahui status IMEI HP Anda apakah ilegal yang beredar melalui black market ataukah legal.

Dengan memanfaatkan tools yang disediakan oleh pemerintah, Anda bisa dengan mudah untuk cek IMEI Samsung, cek IMEI Xiaomi, cek IMEI, VIVO, cek IMEI OPPO, dan berbagai macam brand smartphone lainnya yang beredar luas di pasar Indonesia.
Artikeloka » Kumpulan artikel informatif

Judul Artikel: Cara Cek IMEI HP
Ditulis Oleh: Luki H.

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Cara Cek IMEI HP ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Cara Cek IMEI HP"

Posting Komentar

close