Cara Merawat Pakaian Batik Agar Tidak Luntur dan Pudar

Menggunakan pakain batik hingga saat ini tetap menjadi trend yang tidak dapat dibendung lagi. Bahkan hampir setiap orang terutama masyarakat di Indonesia memiliki koleksi batik sendiri yang kadang digunakan untuk di berbagai acara atau kegiatan yang akan dikunjungi. Motif kain batik yang semakin lama semakin berkembang dan menyesuaikan perkembangan zaman serta disertai bahan dari kainnya yang cenderung adem dan halus menjadi alasan orang memilih  batik.

Salah satu jenis warisan budaya Indonesia ini merupakan salah satu kebanggaan tersendiri jika seseorang memakai batik. Bukan hanya karena alasan dimana kita sebagai anak bangsa harus menjaga dan menjunjung kebudayaan di Indonesia, batik juga memiliki banyak kehebatan dibanding dengan bahan lainnya dan terntunya memiliki keunikan tersendiri. Dimulai dari keunikan sejarahnya, motif atau bahkan dari cara pembuatannya pula. Hal tersebut mengapa menjadikan batik memiliki tempat yang istimewa di hati masyarakat Indonesia.

Untuk sebagian besar orang Indonesia dimana pakaian batik adalah salah satu yang harus dimiliki di lemari pakaian. Beberapa dari mereka yang rela untuk mengeluarkan uang yang tidak sedikit pula demi berburu batik yang menurutnya terbaik. Dengan seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman ketika UNESCO  telah menegaskan bahwa batik Indonesia merupakan salah satu warisan budaya yang telah diakui oleh dunia, sehingga semakin kesini para desainer batik di Indonesia semakin bermunculan dan berlomba – lomba untuk membuat batik yang sesuai dengan keinginan masyarakat dan tentunya kekinian.

Namun hal tersebut juga harus diimbangi dengan cara merawat yang tepat dan baik untuk menjaga batik kesayangan anda agar tetap awet. Kejadian yang sering kali ditemui adalah kondisi batik yang semakin lama semakin pudar atau luntur warnanya ketika hendak digunakan. Sehingga yang terjadi terkadang akan menurunkan rasa kepercayaan diri terhadap pemakainya. Untuk itu, artikel ini akan memberikan langkah – langkah atau tips yang dapat anda aplikasikan untuk merawat batik kesayangan anda.

Tips Merawat Pakaian Batik Agar Tidak Luntur dan Pudar


  • Hindari Penggunaan Mesin Cuci

Mesin cuci merupakan salah satu alat bantu yang sering digunakan untuk mencuci baju, namun alat tersebut apakah cocok digunakan untuk mencuci batik? Dengan penggunaan mesin cuci maka serat – serat kain pada batik akan mudah rusak pula. Hal ini karena batik dibuat dengan menggunakan proses secara manual dan tenaga manusia, maka tidak cocok jika kain batik dicuci dengan menggunakan mesin cuci. Sebaiknya anda mencuci batik kesayangan anda dengan menggunakan sentuhan tangan. Beberapa serat yang terkandung dalam batik memang sangat tipis atau juga mudah rusak ketika anda salah pula dalam proses mencucinya, begitu pula dengan pola warna pada kain batik. Dengan mencuci menggunakan tangan tentu saja akan menurunkan terjadinya resiko rusak baik pada warna atau serat yang terdapat di kain batik.

  • Pisahkan Batik dengan Bahan Lain

Ketika anda mencuci baju bahan – bahan yang mudah luntur tentunya akan menjadi salah satu kendala untuk menjaga warna asli dari batik kesayangan anda. Secara idealnya sebelum anda mencuci baju batik anda, pisahkan baju – baju yang sekiranya mudah luntur dengan pakaian yang berbahan batik. Akan lebih baiknya lagi, jika anda juga mengelompokkan pakaian batik anda yang memiliki warna yang sesuai dalam satu wadah tertentu agar ketika terjadi kelunturan, maka warnanya akan tetap sama dan tidak akan mengenai lunturan dari batik yang berwarna lain.

  • Cuci Menggunakan Shampoo

Bukan hanya rambut saja yang menggunakan shampoo untuk membersihkannya. Batik juga dapat dicuci dengan menggunakan shampoo, dimana yang terdapat dalam shampoo adalah bahan aditif yang bertekstur sangat lembut untuk mencuci rambut. Hal tersebut juga bahan yang dapat anda aplikasikan pada batik kesayangan anda. Zat aditif yang terdapat pada shampoo tidak lah sama dengan zat aditif pada detergen yang terlalu keras. Sehingga bahan ini mampu diyakini untuk menjaga batik kesayangan anda agar tetap indah dalam waktu yang relatif lama untuk digunakan.

  • Hindari Penggunaan Pelembut Pakaian

Ketika anda menginginkan pakaian anda wangi dan lembut dalah satu cara yang anda gunakan adalah dengan menggunakan bantuan pelebut bakaian bukan? Karena memang softener atau pelembut pakaian memang kerap digunakan untuk membuat dan menghasilkan kain atau pakaian anda menjadi lebih wangi dan harum ketika handak digunakan. Sehingga ketika anda menyimpannya di dalam lemari pakaian, maka pakaian tersebut akan dapat anda langsung gunakan jika anda memerlukannya. Namun disatu sisi lain pelembut pakaian memiliki dampak negatif untuk pakaian terutama batik kesayangan anda, dimana pelembut pakaian akan mampu membuat serat kain pada pakaian anda mudah untuk rusak. Sering kali ketika baju yang dicuci dengan menambahkan pelembut pakaian, maka akan mudah rusak atau robek lama kelamaan. Hal tersebut juga tidak disarankan pada batik untuk menambahkan pelemut pakaian ketika anda mencucinya.

  • Gunakan Bahan – Bahan Alami

Bahan pembersih seperti detergen bukalah satu – satunya bahan yang memiliki zat adiktif di dalamnya, namun juga terdapat pada bahan – bahan kimia lainnya yang dengan mudah dapat kita temui di toko – toko atau supermarket. Pada zaman dahulu, terdapat bahan yang diyakini mampu membersihkan baju atau pada pakaian. Salah satu bahan alami yang dapat anda gunakan untuk membersihkan batik kesayangan anda yaitu dengan lerak. Bahan tersebut merupakan bahan alami yang sangat mudah ditemui disekitar anda hingga kini. Kandungan yang terdapat pada biji lerak diantaranya adalah saponin yaitu suatu alkaloid beracun. Dimana kandungan ini dapat menghasilkan busa dan dapat digunakan untuk bahan mencuci dan dapat pula digunakan untuk pembersih pakaian.

  • Rendamlah dengan Air Hangat

Mencuci batik dengan menggunakan air dingin mungkin sudah familiar dan anda dengar sebelumnya. Namun jika anda ingin mencobanya dengan cara yang baru yaitu dengan menggunakan air hangat yang memang sudah terbukti pula untuk membersihkan batik. Dengan menggunakan air hangat akan mampu mempermudah untuk melepaskan kotoran dari serat kain. Apabila batik tidak dalam kondisi yang terlalu kotor, dari pada anda harus mengucek menggunakan tangan anda dapat membersihkan batik kesayangan anda dengan merendamnya ke dalam air hangat.

  • Hindari Memeras Kain Batik

Cara Merawat Pakaian Batik Agar Tidak Luntur dan Pudar

Memeras pakaian setelah anda mencucinya merupakan hal yang sudah biasa dan wajar. Namun yang perlu anda bedakan untuk perawatan pakaian batik yaitu jangan pernah anda untuk memeras kain batik ketika anda mencuci baju. Karena dengan memeras baju batik akan menyebabkan kain dan busana batik kesayangan anda akan mengkerut dan lucek. Jika hal tersebut sudah terjadi, maka batik pun juga akan susah untuk kembali ke kondisi awal khususnya jika batiknya terbuat dari jenis batik tulis. Dengan menghindari kegiatan tersebut, maka tekstur yang terdapat pada kain batik anda bentuknya akan tetap seperti keadaan semula dan lebih terjaga.
Artikeloka » Kumpulan artikel informatif

Judul Artikel: Cara Merawat Pakaian Batik Agar Tidak Luntur dan Pudar
Ditulis Oleh: Luki H.

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Cara Merawat Pakaian Batik Agar Tidak Luntur dan Pudar ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Cara Merawat Pakaian Batik Agar Tidak Luntur dan Pudar"

Posting Komentar

close