Skip to main content

Cara Membuat Formula Penjumlahan Otomatis Microsoft Excel

Jika Anda pengguna Microsoft Windows, OS ini sudah menyediakan aplikasi perkantoran yang sangat mendukung aktivitas pekerjaan Anda. Adalah aplikasi Office yang begitu memudahkan penggunanya untuk menyelesaikan berbagai macam tugas perkantoran.

Dengan aplikasi MS Office pengguna Windows begitu terbantu, misalnya untuk keperluan administrasi serta pembukuan. Selain Ms Word, Ms Excel adalah salah satu aplikasi Office yang sangat mendukung pekerjaan Anda.

Aplikasi Microsoft Excel ini bisa digunakan untuk keperluan penjumlahan secara otomatis menggunakan sebuah formula. Caranya pun cukup mudah, jadi akan sangat menghemat waktu Anda dalam melakukan penjumlahan untuk item yang banyak.

Selain untuk keperluan penjumlahan, Ms Excel juga masih menyediakan berbagai macam fungsional penting lainnya untuk kegiatan perkantoran sehingga tidak mengherankan jika aplikasi ini dianggap sebagai salah satu aplikasi Windows yang sangat bermanfaat.

Selain memiliki kemampuan calculating yang cukup mumpuni, aplikasi Ms Excel juga cukup user friendly. Dengan user interface yang bagus, membuat para penggunan Ms. Excel merasa cukup nyaman saat menggunakan salah satu aplikasi Windows terbaik ini.

Panduan Cara Membuat Formula Penjumlahan Secara Otomatis di Excel


Pada artikel ini saya akan berbagi pengetahuan bagaimana cara membuat formula penjumlahan bagi Anda yang belum mengerti. Cara membuat formula penjumlahan di Excel sebenarnya sangat sederhana dan mudah.

Jika Anda belum lama menggunakan aplikasi ini, sebenarnya pada menu HELP sudah dijelaskan tentang cara untuk input formula penjumlahan di Excel, namun bagi Anda yang masih kebingungan, silakan disimak panduan berikut ini.

Langkah-langkah Membuat Formula Penjumlahan di Excel


Cara Membuat Formula Penjumlahan Otomatis Microsoft Excel

Buatlah sebuah dokumen di Excel seperti gambar diatas. Gambar diatas menunjukkan beberapa nilai pada kolom/sel aktif, yaitu NO., ITEM, QTY, HARGA SAT, JUMLAH HARGA, dan TOTAL.

Agar jumlah pada HARGA SATUAN bisa dikalikan secara otomatis sesuai dengan jumlah QTY, maka rumus yang digunakan adalah =SUM(D2*C2)

Untuk menjumlah total pada kolom/sel JUMLAH HARGA, rumus yang digunakan adalah =SUM(E1:E4)

Cukup mudah, bukan?

Akhir Kata..


Demikianlah cara mudah untuk membuat formula penjumlahan dengan Excel, semoga panduan diatas dapat dipahami.

Untuk membuat formula di Ms Excel harus dimulai dengan input = kemudian diikuti dengan input perintah seterusnya.

Silakan Anda coba sekarang, dan semoga informasi ringan ini bermanfaat bagi sahabat pembaca yang masih baru dengan Microsoft Excel.

Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Buka Komentar
Tutup Komentar
close