Skip to main content

Contoh Teks MC Pembawa Acara Untuk Pengajian

Anda mungkin diberikan kesempatan untuk menjadi MC atau pembawa acara pada acara pengajian. Jika benar, mungkin saja Anda membutuhkan referensi contoh naskah MC pengajian jika memang sebelumnya Anda belum memiliki pengalaman menjadi MC di acara pengajian.

Teks MC Acara Pengajian


Nah dibawah ini sudah saya siapkan contoh teks MC untuk acara pengajian yang diharapkan dapat membarikan masukan bermanfaat bagi Anda.

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pada malam yang penuh kemuliaan ini marilah kita panjatkan puji syukur kita dengan ucapan hamdalah (alhamdulillahirabil ‘alamin) berkat rahmat, taufik, serta hidayah dari allah swt kita semua masih diberi kesempatan untuk berkumpul di tempat ini dengan keadaan sehat wal’afiat.

Sholawat serta salam senantiasa selalu tercurahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad saw yang telah mengeluarkan kita dari zaman kegelapan ( jahiliyah ) menuju zaman yang terang benerang yakni dzinul islam.

Terima kasih kepada bapak – bapak serta rekan – rekan remaja yang sudah hadir pada pengajian mala mini khususnya kepada shohibul bait yang telah menyediakan tempat demi terselenggaranya pengajian pada malam ini.

Sebagai pembawa acara tentunya saya akan membacakan susunan acara pada pengajian malam hari ini , yakni :

  1. Pembukaan
  2. Pengajian kitab yang akan disampaikan oleh ustd. Abdul Rohman.
  3. Pengajian tahlil yang akan di pimpin oleh ustd. Mahrus.
  4. Penutup/do’a.

Untuk acara yang pertama yakni pembukaan , marilah acara pada malam hari ini kita buka bersama dengan membaca surat al – fatiha dengan harapan pengajian malam hari ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada halangan apapun, Amin . Al – fatihah.

Untuk acara yang kedua pengajian kitab yang akan disampaikan oleh ustd. Abdul Rohman kepadanya waktu dan tempat saya persilahkan.

--------------------------------

( terima kasih atas tausiyah yang diberikan)

Untuk acara yang ketiga yakni pengajian tahlil yang akan dipimpin oleh ustadz …. waktu dan akan dilanjutkan dengan pembacaan do’a oleh ustadz… kepadanya dipersilahkan .

Alhadulillahirrobil ‘alamiin, rangkaian acara telah selesai dan saya selaku pembawa acara meminta maaf bila ada kekhilafan dan kekurangannya selama menjadi mc. Terima kasih atas segala perhatian.

Usikum wanafsi bitaqwallah.

Wasalamu’alaikum. Wr. Wb.

Nah demikianlah contoh teks MC untuk acara pengajian, semoga ulasan ini berguna bagi sahabat pembaca.

Contoh Teks MC Pengajian #2


Pembukaan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita khadirat Allah SWT yang telah begitu banyak memberikan nikmat kepada kita semua selaku hambanya. Sholawat dan salam juga kepada Nabi Muhammad SAW yang dengan perjuangan dan kesabarnya menyebarkan ajaran Tauhid sehingga bisa dikenal di seluruh pelosok negeri ini.

Yang kami hormati penceramah pengajian kali ini haji… dan yang ibu-ibu pengajian yang dirahmati Allah SWT Semoga harinya kita di sini menjadikan amal baik kita bertambah dan bertambahnya ilmu kita. Sebelum kita beranjak ke acara inti alangkah baiknya kita buka acara ini dengan membaca kalimat Basmallah dilanjutkan membaca surat Al-Fatihah.

Pembacaan Kalam Ilahi

Selanjutnya setelah kita bukan, marilah kita dengar kan lantunan ayat suci Al-Qur’an yang akan di baca kan oleh … terima kasih kepada … yang terlah membacakan ayat suci Al-Qur’an semoga dengan dibacakan nya ayat suci Al-Qur’an menambah keberkahan dalam acara pengajian kali ini.

Acara Inti

Untuk mempersingkat waktu langsung saja menuju acara selanjutnya yaitu acara inti, tausiah dan ceramah yang akan di sampaikan langsung oleh bapak/ibu …. waktu dan tempat kami persilakan. (pada sesi ini juga ada sesi tanya jawab dan diskutsi mengenai pembahasan ceramah)

Pengumuman

Terima kasih kepada bapak/ibu … yang telah menyampaikan tausiahnya semoga bermanfaat dan apa yang tadi kita pelajari bisa kita peraktekan, sebelum di tutup ada beberapa pengumuman yang akan di sampaikan oleh … kepadanya kami persilahkkan.

Itulah pengumumannya dan sebelum penutup apakah ada yang mau di sampaikan lagi terkait pengajian ini? Jika tidak ada marilah kita tutup acara pengajian ini dengan do’a yang akan di sampaikan oleh … terima kasih kepada … yang telah membacakan do’anya.

Penutup


Contoh Teks MC Pembawa Acara Untuk Pengajian

Acara demi acara telah kita lewati bersama, tibalah kita di acara puncak yaitu penutup setelah tadi ada do’a sebelum kita tutup marilah kita beristigfar dulu tiga kali, marilah kita tutup acara pengajian ini dengan membaca kalimatul hamdalah dan do’a kafaratul majelis.

Terimakasih atas kehadiran dan perhatian ibu-ibu pengajian, saya selaku moderator mohon maaf jika ada salah-salah kata atau kalimat yang kurang berkenan di hati ibu-ibu sekalian. Jika ada kebenaran datangnya dari Allah SWT dan jika ada salah datangnya dari diri saya sendiri, kurang lebihnya mohon maaf bilahitaufik walhidayah wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarakatu.

Demikianlah referensi naskah MC untuk kegiatan pengajian. Semoga dapat memberikan nilai manfaat untuk Anda.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close