Skip to main content

Contoh Naskah MC Acara Agustusan

Untuk Anda yang mendapat kesempatan menjadi MC pada acara Agustusan, berikut ini merupakan contoh teks MC acara 17 Agustus yang dapat Anda simak untuk dijadikan sebagai bahan masukan jika notabene Anda belum memiliki pengalaman menjadi seorang MC.

Teks MC Acara Agustusan


Naskah MC Agustusan tergantung susunan acara yang disepakani panitia. Sebaiknya, khususnya jika acara Agustusannya dilakukan tepat tanggal 17 Agustus, acara dibuka dengan "seremonial", misalnya menyanyikan Lagu Indonesia Raya sambil menaikkan bendera Merah Putih.

Setelah itu, ada "mengheningkan cipta" dan/atau doa untuk para pahlawan kemeerdekaan, dilanjutkan dengan acara "seru-seruan" seperti lomba-lomba khas Agustusan dan hiburan.

Berikut ini contoh naskah MC Agustusan Tingkat Kelurahan. Acara dilakukan di Depan Kantor Kelurahan. Panggung hiburan dan lomba-lomba juga ada di sana.

Tahap Awal (Pra-Acara)


MC memberikan sinyal bahwa acara segera dimulai: Mohon perhatian... acara akan segera dimulai.

Assalaamu 'alaikum Wr. Wb.

Bapak Lurah beserta Ibu yang kami hormati.
Para Ketua RW, Ketua RT, tokoh masyarakat yang kami hormati.
Bapak-bapak, Ibu-ibu, saudara-saudara sekalian yang kami hormati.
Rekan-rekan Karang Taruna Panitia Agustusan dan adik-adik yang kami cintai.

Alhamdulillah, kita bisa berkumpul bersama di sini, untuk memperingati dan merayakan Hari Ulang Tahun ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Atas nama Panitia Penyelenggara, kami mengucapkan terima kasih atas kehadirin bapak-bapak, ibu-ibu, dan semua yang hadir di sini untuk memeriahkan acara Agustusan tingkat Kelurahan <Nama Kelurahan>

Hadirin yang kami hormati... Rangkaian acara yang akan kita ikuti dalam Perayaan HUT ke-70 Kemerdekaan RI ini sebagai berikut:

  1. Pembukaan
  2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, diteruskan dengan mengheningkan cipta
  3. Sambutan-sambutan
  4. Penyerahan Hadiah
  5. Penutup/Do'a
  6. Hiburan

Acara pertama, pembukaan, mari kita bersama-sama membuka acara ini dengan ucapan basmalah... Bismillahirrohmaanirrohim....

Kita lanjutkan ke acara berikutnya yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta. Hadirin kami persilakan untuk berdiri....

Yang bertindak sebagai konduktor atau dirigen adalah rekan kami, Saudara <Nama>. Kepada <Nama> kami persilakan...!
<Menyanyikan Lagu Indonesia Raya>

Hadirin yang kami hormati... Untuk mengenang jasa para pahlawan, marilah kita sejenak mengheningkan cipta, berdo'a kepada Allah, semoga arwah para pahlawan mendapat tempat di sisi-Nya.

Mengheningkan cipta, mulai...!
<Mengheningkan Cipta, Posisi Hadirin Masih Berdiri>

Selesai! Hadirin kami persilakan duduk kembali...

Hadirin yang kami hormati, acara selanjutnya sambutan-sambutan.

Sambutan pertama oleh Ketua Panitia Penyelenggara, yaitu <Nama Ketua Panitia>. Kepada <Nama Ketua Panitia> kami persilakan...!

<Sambutan Ketua Panitia>
Terima kasih <Nama Ketua Panitia>.... Sambutan kedua oleh Bapak Lurah <Nama Lurah>. Kepada Pak Lurah, silakan, Pak....!

<Sambutan Lurah>
Terima kasih, Pak Lurah.
Selanjutnya penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba-lomba HUT RI tahun ini. Pengumuman pemenang dan pembagian hadiah akan dipimpin langsung Ketua Panitia. Kepada <Nama Ketua Panitia> kami persilakan....

<Pengumuman dan Penyerahan Hadiah>

Selamat kepada para pemenang.... Semoga hadiahnya bermanfaat...

Hadirin yang kami hormati, setelah ini kita akan saksikan acara hiburan. Banyak sekali yang akan tampil dan memeriahkan acara Agustusan kita kali ini.

Namun sebelumnya, kita tutup dulu acara resmi peringatan HUT ke-70 Kemerdekaan RI ini dengan Pembacaan Doa, yang akan dipimpin Ketua MUI Kelurahan <Nama Kelurahan>, yaitu Bapak Kiai Haji <Nama Ketua MUI>.

Kepada Pak Kiai, kami persilakan....!
<Pembacaan Doa>

Amin Ya Robbal 'Alamin....  Terima kasih Pak Kiai....

Hadirin yang berbahagia, saatnya kita menikmati berbagai hiburan pada acara perayaan HUT ke-70 Kemerdekaan RI ini.

Contoh Naskah MC Acara Agustusan

Nah demikian tadi contoh naskah MC acara Agustusan, semoga ulasan diatas dapat menambah masukan berarti bagi sahabat pembaca sekalian. Apabila ada kurang lebihnya, silakan disesuaikan sendiri.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close