Skip to main content

Posisi Tidur dan Pengaruhnya Bagi Kesehatan

Bagaimana posisi tidur anda? Terlentang, menyamping atau meringkuk? Tahukah anda ternyata posisi tidur yang baik juga akan berpengaruh terhadap kesehatan anda. Begitu juga sebaliknya apabila anda salah dalam posisi tidur keesokan harinya anda akan merasa kondisi anda tidak seperti biasaanya dan akan berpengaruh terhadap rutinitas anda.

Tidur merupakan salah satu dari aktivitas wajib yang harus dipenuhi bagi setiap manusia dan tidak boleh dilewatkan guna untuk menjaga kesehatan tubuh dari setiap orang. Karena apabila anda tidak tidur atau waktu tidur anda yang berkurang dari batas ideal tentunya akan berpengaruh dan berdampak negatif bagi kesehatan tubuh anda dan juga bisa berpengaruh kepada kecantikan misalnya dengan munculnya kantung mata pada area sekitar mata anda.

Bagi orang dewasa yang sehat akan sangat dianjurkan untuk mendapatkan tidur malam kurang lebih selama 7 hingga 8 jam setiap harinya, sehingga dengan demikian anda juga memberikan kesempatan terhadap beberapa hormon untuk bekerja secara maksimal. Namun terlepas dari terlepas dari waktu tidur anda yang cukup, ternyata juga ada faktor lain yang dapat mempengaruhi apakah tidur anda baik atau tidak, yaitu dengan melihat posisi tidur anda yang dapat berpengaruh bagi tubuh anda baik itu dampak positif atau dampak negatif. Memang pada awalnya yang terjadi adalah anda akan kesulitan untuk mengubah cara dan posisi tidur anda, namun yang perlu anda ketahui adalah masing – masing dari posisi tidur yang anda lakukan akan berdampak pada kesehatan tubuh anda pada keeseokan harinya.

Perlu anda ketahui pula, bahwa tidur pada dasarnya bukan hanya sekedar memejamkan mata, namun anda juga harus mengetahui posisi tidur yang baik itu seperti apa agar tidak berpengaruh pula pada kesehatan tubuh anda. Sehingga ketika anda terbangun pada pagi harinya dari tempat tidur tubuh anda tetap terasa bugar dan sehat tanpa ada masalah yang ditimbulkan akibat posisi tidur anda yang salah seperti leher yang terasa kaku, pegal, nyeri punggung dan masalah lainnya. Berikut adalah beberapa posisi tidur yang sering dilakukan oleh sebagian besar masyarakat beserta pengaruh bagi kesehatan tubuh.

Posisi Tidur dan Pengaruhnya Bagi Kesehatan


  • Tidur Terlentang dengan Tangan di Samping Tubuh (Soldier)

Posisi tidur pertama yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah dengan posisi tidur terlentang dengan kondisi tangan di samping tubuh atau soldier. Posisi tidur seperti ini dianggap sebagai posisi tidur yang terbaik bagi kesehatan tubuh anda terutama adalah bagian tulang belakang dan leher, selama anda tidak menggunakan bantal yang terlalu tinggi ketika tidur. Namun dengan posisi tidur terlentang seperti kondisi ini juga dapat memberikan dampak negatif yaitu anda akan menyebabkan mendengkur ketika tidur. Selain itu ketika anda melakukan posisi tidur dengan terlentang juga anda akan lebih sering merasa tidur tidak nyenyak, merasa sulit untuk bernafas dan juga dapat menimbulkan salah satu gangguan tidur misalnya adalah “Sleep Apnea” atau “Apnea Tidur”.

  • Tidur Terlentang dengan Tangan di Atas Kepala (Starfish)

Posisi tidur seperti ini yaitu dengan tidur terlentang namun dengan kondisi tangan di letakkan di atas kepala juga baik bagi kesehatan tubuh anda terutama adalah bagian tulang belakang. Bukan hanya itu, dengan kondisi tidur terlentang dan kedua tangan di atas kepala juga mampu mencegah terjadinya kerutan pada bagian wajah dan mencegah munculnya jerawat pada wajah anda. Namun sama hal nya dengan posisi tidur terlentang tangan yang ditaruh di samping, dimana posisi tidur ini juga dapat memberikan dampak yaitu tidur anda menjadi mendengkur, naiknya asam lambung dan juga mampu memberikan tekanan pada saraf  bahu sehingga akibatnya adalah anda akan merasakan rasa sakit.

  • Posisi Tidur Telungkup atau Tengkurap (Freefall)

Tidur dengan posisi yang telungkup atau tengkurap ternyata mampu meningkatkan daya kerja dari alat pencernaan anda, namun hal ini dapat terjadi apabila anda tidak tidur dengan posisi muka yang menghadap ke arah bantal. Apabila anda tidur dengan telungkup, sebaiknya anda merubahnya dengan memiringkan wajah anda agar anda tetap bisa untuk bernafas dengan lebih mudah. Namun ketika anda memiliki kebiasaan tidur dengan posisi telungkup atau tengkurap mampu meningkatkan ketegangan di bagian leher dan akan menyebabkan nyeri di bagian punggung anda.

  • Posisi Janin (Fetus)

Salah satu posisi lain yang sering anda lakukan adalah dengan posisi janis atau fetus. Posisi seperti ini baik bagi Toppers yang sering memiliki kebiasaan mendengkur dan bagi para ibu yang sedang hamil atau mengandung. Namun meskipun kondisi atau posisi tidur ini dianggap nyaman, apabila anda tidur dengan kondisi lutut yang ditarik ke atas dan posidi dagu yang miring ke bawah hal ini juga dapat mengakibatkan rasa nyeri pada bagian punggung dan leher anda. Jika anda memiliki kebiasaan dengan tidur seperti posisi janin, sebaiknya anda melakukannya dengan tidur meringkuk dan menghadap ke sebelah kanan. Hal ini bukan tanpa alasan, karena tidur dengan meringkuk dan menghadap ke sebelah kiri akan mampu mengakibatkan anda menjadi stress pada organ vital tubuh anda misalnya adalah bagian paru – paru, hati dan juga lambung.

  • Posisi Menyamping dengan Tangan di Samping Tubuh (Log)

Ketika anda memiliki kebiasaan dengan posisi tidur menyamping dan tangan ditaruh ke samping tubuh akan mengakibatkan tulang belakang anda akan berbentuk lurus sehingga mampu mengurangi rasa sakit punggung dan juga leher. Selain itu anda juga dapat mengurangi terjadinya “Sleep  Apnea”.  Namun dengan tidur seperti posisi ini juga dapat memberikan efek negatif bagi tubuh anda yaitu berupa penuaan yang diakibatkan oleh gravitasi dan mengakibatkan kulit wajah anda menjadi cepat keriput dan payudara anda menjadi kendur.

  • Posisi Menyamping dengan Tangan Terjulur Keluar (Yearner)

Tidur dengan posisi seperti ini yaitu dengan posisi menyamping dengan tangan terjulur ke keluar mampu meringankan terjadinya “Sleep Apnea” dan juga mampu menurunkan terjadinya asam lambung. Namun dengan posisi seperti ini juga dapat mengakibatkan rasa sakit pada bagian bahu dan lengan anda yang dikarenakan tekanan pada saraf dan juga terjadinya aliran darah yang tidak lancar seperti biasanya.

  • Posisi Menyamping Ke Kiri atau Ke Kanan

Posisi Tidur dan Pengaruhnya Bagi Kesehatan

Apabila anda termasuk ke dalam orang yang tipe tidur dengan posisi menyamping baik itu kanan atau menyamping kiri, keduanya juga memiliki perbedaan dan pengaruh terhadap tubuh anda. jika anda tidur dengan menghadap ke kiri akan mampu mengakibatkan rasa panas di bagian dada, hal ini karena adanya tekanan pada bagian jantung. Namun sedangkan ketika anda tidur dengan posisi menyamping ke kanan dapat mengakibatkan sedikit ketegangan pada bagian paru – paru anda. Terutama adalah bagi anda yang sebagai ibu hamil, dokter anda biasanya akan menyarankan agar tidur anda menghadap ke samping baik itu samping kanan atau kiri, hal ini karena posisi tersebut adalah posisi yang paling terbaik untuk sirkulasi darah untuk janin anda.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close