Pengertian Web Hosting Adalah

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya website atau blog. Namun, apakah Anda sudah memahami apa itu hosting? Hosting atau web hosting adalah sebuah layanan yang menyediakan ruang penyimpanan data suatu website sehingga website tersebut dapat diakses oleh banyak orang dengan keberagaman kontennya mulai artikel, file, atau gambar.

Pengertian Hosting


Hosting (web hosting) adalah sebuah layanan penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website atau blog self-hosted sehingga dapat diakses lewat Internet. Data-data tersebut bisa berupa file, gambar, aplikasi, script dan juga database.

Secara sederhana, hosting dapat diibaratkan sebagai sebuah rumah dimana didalamnya akan terdapat berbagai macam barang mulai pakaian, perabotan dapur, mejar, kursi, dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Hosting


Layanan hosting terbagi menjadi sekian tipe mulai shared hosting, hingga dedicated server. Berikut beberapa jenis web hosting yang umum digunakan.

1. Shared Hosting


Shared hosting adalah sebuah layanan web hosting di mana beberapa situs berbagi sumber daya dengan situs lain dalam satu server (shared).

Shared hosting adalah jenis web hosting dengan biaya sewa paling terjangkau dari web hosting lain seperti VPS atau Colocation Server. Banyak penyedia layanan web hosting yang menawarkan paket shared hosting dengan harga yang sangat terjangkau. Karena harganya yang murah, shared hosting dianggap ideal untuk usaha kecil, personal blog, atau website portofolio.

2. Cloud Hosting


Cloud Hosting adalah jenis hosting yang menggunakan teknologi terbaru. Cloud hosting sebenarnya masih dalam kategori shared hosting, hanya saja kinerjanya lebih baik karena menggunakan teknik cloud.

Baca juga: Web Hosting Murah Indonesia

Cloud hosting adalah jenis hosting yang menggunakan teknologi konsep komputasi awan yang mempunyai kecepatan yang lebih baik dan terkenal lebih aman karena tidak hanya mengandalkan satu server saja melainkan menggunakan banyak server yang tersebar diberbagai titik. Hal inil menjadikan cloud hosting terbukti lebih aman karena jika terdapat server yang tidak bekerja maka server lain akan menggantikan.

3. VPS


Virtual Private Server atau VPS yaitu virtualisasi mirip dengan shared hosting di mana satu komputer server dapat memiliki beberapa situs yang berjalan diatasnya. Namun, teknologi virtualisasi memungkinkan setiap akun harus diperlakukan sebagai mesin sendiri dengan sumber daya sendiri yang berdedikasi.

Pada lingkungan shared hosting semua klien berbagi sumber daya dari komputer yang sama. Kebanyakan penyedia layanan shared hosting memiliki skrip yang membatasi sumber daya masing-masing klien, sehingga tidak ada satu klien yang menggunakan semua sumber daya. Namun, klien tidak dijamin sumber daya komputasi yang dapat berfluktuasi dari waktu ke waktu tergantung pada berapa banyak klien yang menggunakan sumber daya pada saat yang sama.

4. Colocation Server 


Colocation server adalah tempat yang menyediakan layanan untuk menyimpan atau menitipkan server di Data Center yang memiliki standar keamanan fisik dan infrastuktur seperti kestabilan arus listrik, flooring, UPS, power generator, air temperature control , kestabilan akses internet, CCTV dan personil security yang akan bekerja setiap hari dalam memantau Server anda. Biasanya server akan disimpan dalam rak atau kabinet.

5. Dedicated Server


Suite hosting atau dedicated server adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan paket web hosting yang menyediakan dedicated server dengan sumber daya yang didedikasikan untuk klien tunggal. Dedicated hosting yang ideal untuk website besar dengan jumlah pengunjung yang sangat banyak per harinya.

Pengertian Web Hosting
Gambar ilustrasi web hosting

Selain kelima jenis hosting diatas, masih ada lagi jenis hosting lainnya, yaitu email hosting. Namun, email hosting hanya digunakan untuk keperluan email dan tidak untuk menghost website atau blog.
Artikeloka » Kumpulan artikel informatif

Judul Artikel: Pengertian Web Hosting Adalah
Ditulis Oleh: Luki H.

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Pengertian Web Hosting Adalah ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Pengertian Web Hosting Adalah"

Posting Komentar

close