Jenis – Jenis Modus Penipuan yang Dilakukan Melalui Ponsel dan SMS

Modus penipuan melalui telepon genggam atau menggunakan ponsel (HP) saat ini semakin marak terjadi. Banyak korbannya pula mulai dari kalangan orang yang masih berusia muda bahkan orang yang sudah masuk usia lanjut. Bukan hanya itu korbannya pun juga orang yang dalam taraf ekonomi yang rendah bahkan para orang yang berkantong tebal.

Beberapa adanya modus penipuan melalui SMS diantaranya adalah dengan meminta pulsa. Dimana pelaku akan mengirim berupa SMS kepada korban dengan alasan meminta pulsa apabila dirinya dalam keadaan yang darurat misalnya dengan alasan kena tilang polisi, kecelakaan atau kedaan bahaya lainnya. Modus lain misalnya yang dilakukan dengan mengirimkan SMS adalah supaya korban mau untuk mengirimkan uang ke rekening para pelaku, nomor rekening yang sudah dicantumkan pada SMS lengkap dengan atas nama nomor rekening entah di dapatkan dari mana, karena apabila anda membuka rekening nama pemilik rekening tersebut tentunya harus sesuai dengan KTP.

Modus lain yang dilakukan adalah dengan cara pelaku mengirimkan SMS kepada para korban dengan cara nomor ponsel dari korban sedang mendapatkan hadiah dari operator yang sedang dipakai oleh korban. Masih berupa modus hadiah, yaitu pelaku mengirimkan SMS ke korban bahwa korban memperoleh hadiah dari perusahaan yang sudah terkenal namanya. Sehingga dari modus hadiah tersebut, korban diminta untuk menghubungi suatu nomor tertentu dan dari hal tersebut korban akan diminta dan dipandu untuk menstranfer sejumlah uang yang diminta pelaku.

Dimana tindakan penipuan yang sedang marak – maraknya terjadi ketika saat ini bukanlah hal yang dianggap biasa. Berbagai cara telah rela dilakukan bagip para pelaku untuk melancarkan aksi dari mereka dalam mengelabuhi para korbannya. Meskipun telah banyak masyarakat yang mengetahui mengenai modus – modus penipuan tersebut, tetapi masih banyak pula masyarakat yang menjadi korbannya. Di Indonesia sendiri modus penipuan yang terjadi biasanya telah dilakukan melalui telepon atau dengan menggunakan SMS. Sehingga oleh karena itu, sebaiknya anda mengenali beberapa modus penipuan yang melalui telepon atau SMS di bawah ini sebelum anda menjadi korban selanjutnya.

Jenis Modus Penipuan Melalui Ponsel dan SMS


  • SIM Swap

Modus penipuan pertama adalah berupa SIM Swap, dimana modus penipuan jenis ini dilakukan oleh para pelaku dengan cara yaitu memanfaatkan nomor atau dengan kartu SIM yang sudah diambil alih tanpa sepengetahuan dari korban. Kemudian, nomor tersebut akan digunakan para pelaku untuk mengakses akun dari perbankan korban. Dengan berdalih nomor SIM yang dalam keadaan rusak, bagi para pelaku SIM Swap akan mendatangi provider operator dengan cara menggunakan identitas yang palsu. Setelah pelaku melakukan verifikasi identitas, kemudian operator seluler akan mengganti kartu SIM tersebut dan menonaktifkan kartu SIM yang tentunya masih terdapat pada pemilik korban yang asli.

Ketika pelaku telah memiliki informasi perbankan milik dari korban, kemudian para pelaku akan melakukan transaksi finansial dengan menggunakan kartu kredit atau berupa nomor rekening bank. Selanjutnya adalah bank penerbit akan mengirimkan sandi berupa sekali pakai (One Time Password atau OTP) ke nomor SIM tersebut, dan transaksi finansial yang telah dilakukan oleh para pelaku akan dianggap sebagai hal yang sah tanpa harus diketahui oleh para korban.

  • Hipnotis Melalui Telepon

Pada modus ini, bagi para pelaku biasanya yang akan mereka lakukan adalah dengan menelpon para korbannya secara tiba – tiba dan akan mengaku sebagai teman lama atau kerabatnya yang sedang terkena suatu musibah sehingga mereka akan beralasan dengan memerlukan uang. Kemudian para pelaku biasanya akan menelpon dengan menunjukkan perasaan ketakutan sehingga akan membuat para korban merasa panik pula.

Dalam kondisi yang demikian, pelaku mulai menggunakan banyak alasan dan berusaha dengan mati – matian agar para korban ingin mengirimkan sejumlah uang kepada pelaku secara berturut – turut. Terkadang pula para pelaku terdiri dari satu orang lebih yang bertugas sebagai keamanan, manajer atau apapun demi melancarkan aksi drama penipuan yang hendak mereka lakukan.

  • SMS Undian Berhadiah

Selain dengan melalui telepon, modus penipuan lain adalah melalui sms undian berhadiah juga masih sering dilakuakn dan banyak pula dipercaya oleh sebagian besar masyarakat terutama di Indonesia. Biasanya pula, para pelaku akan mengirimkan SMS kepada korban dan juga akan mengatakan bahwa korban telah berhasil memengkan suatu hadiah istimewa dari suatu provider atau perusahaan, padahal justru undian atau hadiahtersebut tidak pernah ada. Namun agar terlihat meyakinkan, biasa yang dilakukan oleh para pelaku adalah dengan menggunakan nama – nama perusahaan besar dan juga mencantumkan berupa nomor PIN atau pun juga berupa link situs perusahaan palsu yang telah berisi nama – nama, testimony bahkan hingga dengan mencantumkan alamat palsu. Memang terkadang pelaku juga akan menelpon dengan langsung kepada para korban untuk meyakinkan bahwa korban telah berhasil memenangkan undian berhadiah.

  • Telepon dari “Kerabat Dekat” yang Terkena Musibah

Jenis penipuan melalui telepon memang paling banyak yang telah berhasil memakan korban, mungkin karena dengan cara yang demikian para pelaku akan lebih mudah meyakinkan para korbannya. Sehingga pada jenis kasus ini para pelaku akan menelpon korban dan juga mengatakan bahwa ada keluarga ataupun juga kerabat yang sedang mengalami sebuah kesulitan dan sedang memerlukan dana. Dengan menggunakan nada sambil menangis, para pelaku biasanya akan meminta korban untuk segera melakukan transfer sejumlah uang melalui ATM atau di minimarket terdekat. Namun ada juga pelaku yang juga mengaku dari pihak – pihak tertentu atau aparat negara yang sedang memerlukan sejumlah uang tebusan untuk anak korban yang sedang tertangkap dalam semisal kasus narkoba ataupun sedang terkena atau mengalami musibah dan berada di rumah sakit.

  • SMS Minta Pulsa

Mungkin dari bebapa jenis modus penipuan, modus penipuan ini merupakan salah satu modus penipuan yang paling sering dilakukan oleh para pelaku dan anda mungkin juga pernah menjadi calon atau bahkan korbannya. Dalam modus ini, para pelaku memang tidak secara langsung meminta uang dengan jumlah yang banyak, mereka hanya akan meminta untuk dikirimkan pulsa dengan cara mengatasnamakan misalnya mama, ayah atau keluarga lainnya dari korban. Agar terlihat lebih meyakinkan dari aksi yang mereka lakukan, biasanya bagi para pelaku juga akan menyematkan beragam alasan dan membutuhkan pulsa karena misalnya sedang ditilang, dirazia atau karena kecelakaan.

Jenis – Jenis Modus Penipuan yang Dilakukan Melalui Ponsel dan SMS

Berikut adalah beberapa modus penipuan yang sudah sering terjadi dan dilakukan melalui telepon atau berupa SMS. Apabila anda mendapatkan sebuah perintah SMS atau berupa telepon yang meminta dan menyuruh anda untuk menyebutkan nomor rekening, kartu kredit atau berupa kartu jenis lainnya jangan sekali – kali anda untuk menanggapi pesan tersebut. Apabila ada penelpon yang membawa – bawa nama keluarga anda atau kerabat terdekat anda, pastikan pula anda harus memastikan keberadaannya secara langsung pada orang yang bersangkutan tersebut.
Artikeloka » Kumpulan artikel informatif

Judul Artikel: Jenis – Jenis Modus Penipuan yang Dilakukan Melalui Ponsel dan SMS
Ditulis Oleh: Luki H.

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Jenis – Jenis Modus Penipuan yang Dilakukan Melalui Ponsel dan SMS ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Jenis – Jenis Modus Penipuan yang Dilakukan Melalui Ponsel dan SMS"

Posting Komentar

close