loading...

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Taukah Anda bahwa memiliki rasa percaya diri (Pede) yang cukup itu sangatlah penting untuk dapat meraih impian Anda. Rasa percaya diri dapat menumbuhkan optimisme dalam diri Anda untuk melakukan segala sesuatu.

Namun demikian, faktanya banyak orang yang kehilangan rasa percaya diri. Karena menyadari banyak kekurangan dalam dirinya jika dibandingkan orang lain, ia lantas membuat dirinya menjadi "terkucil" yang mana dalam hal ini sejatinya disebabkan oleh pikirannya sendiri.

Kondisi semacam ini sangatlah membahayakan Anda. Anda akan mengalami banyak kerugian akibat hilangnya rasa Pede Anda. Nah jika Anda mengalami kehilangan rasa percaya diri, berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan rasa percaya diri yang diharapkan dapat menumbuhkan kembali rasa pede Anda.

Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri


Tidak ada orang tanpa kekurangan, dan setiap orang pasti memiliki suatu kelebihan. Ayo perkuat rasa percaya diri kalian dengan mengikuti tips berikut ini:

1. Identifikasi pikiran negatif Anda

Pikiran negatif biasanya berwujud dalam kalimat "aku tidak bisa", "aku pasti gagal", "tidak ada yang mau mendengarkan apa yang ingin kukatakan". Suara-suara ini pesimis, tidak membantu, dan akan menghalangi Anda untuk memiliki harga diri yang tinggi dan rasa percaya diri yang besar.

2. Ubah pikiran negatif menjadi pikiran positif

Jika Anda sadar bahwa Anda berpikir negatif, alihkan ke pikiran yang positif. Mungkin di sini Anda membutuhkan afirmasi positif, seperti "akan kucoba", "aku bisa berhasil jika mau berusaha", atau "orang-orang pasti mau mendengarkan aku". Setiap hari, mulailah memikirkan beberapa hal positif.

3. Cegah pikiran negatif muncul lebih sering

Nantinya, pikiran positif harus mengisi lebih banyak “ruang otak” Anda dibandingkan pikiran negatif. Semakin sering Anda melawan pikiran negatif dengan pikiran positif, Anda akan semakin terbiasa melakukannya.

4. Milikilah jaringan pendukung yang positif.

Dekatkan diri kepada orang-orang tercinta agar Anda tetap gembira, seperti keluarga atau teman-teman. Selain itu, jauhilah orang-orang atau hal-hal yang membuat perasaan Anda tidak baik.

  • Orang yang Anda sebut sebagai teman bisa saja membuat perasaan Anda tidak baik jika dia sering mengatakan hal negatif atau mengkritik Anda.
  • Bahkan, keluarga yang sebenarnya berniat baik juga bisa menghilangkan kepercayaan diri jika mereka terus memaksakan pendapat tentang apa yang “harus” Anda lakukan.
  • Saat Anda membangun sikap positif dan berusaha mencapai tujuan, orang-orang yang negatif ini akan semakin jelas terlihat. Batasi kontak dengan mereka sebisa mungkin saat Anda berusaha membangun kepercayaan diri.
  • Di antara orang-orang yang mengisi hidup Anda, pikirkan siapa saja yang benar-benar bisa membuat Anda merasa hebat. Buatlah rencana untuk melewatkan waktu dengan orang-orang yang selalu mendukung dan menyemangati Anda.

5. Hilangkan segala sesuatu pemicu pikiran negatif


Jangan biarkan diri Anda berada dalam situasi yang membuat Anda merasa negatif kepada diri sendiri. Misalnya, pengingat akan masa lalu, pakaian yang sudah tidak pas lagi, atau tempat yang tidak sesuai dengan tujuan baru Anda untuk memiliki kepercayaan diri. Walaupun mungkin Anda tidak bisa menghilangkan semua hal yang menimbulkan pikiran negatif, Anda pasti bisa memikirkan cara untuk menghindar. Ini akan mendukung upaya Anda membangun kepercayaan diri.

6. Cari tahu bakat Anda

Setiap orang mempunyai keahlian, jadi carilah apa yang mampu Anda lakukan dengan baik, lalu berfokuslah pada bakat Anda. Anda boleh merasa bangga. Ekspresikan diri Anda melalui seni, musik, menulis, atau menari. Temukan apa yang Anda sukai lalu kembangkan bakat yang sesuai dengan minat Anda tersebut.

  • Memiliki berbagai minat atau hobi dalam hidup tidak hanya membuat Anda lebih percaya diri, tetapi juga memperbesar peluang Anda untuk bertemu teman-teman yang cocok.
  • Mengikuti minat tidak hanya dapat memberikan efek terapeutik, tetapi juga akan membuat Anda merasa unik dan berhasil, dan semua ini bisa meningkatkan kepercayaan diri.

7. Proud of Yourself


Anda tidak cuma harus bangga dengan bakat atau keahlian, tetapi juga harus memperhatikan semua hal yang membuat kepribadian Anda istimewa. Misalnya, rasa humor, kasih sayang, keahlian mendengarkan, atau kemampuan mengatasi stres. Anda mungkin tidak menyadari bahwa kepribadian Anda layak dikagumi, tetapi jika digali lebih dalam, Anda akan menyadari bahwa Anda punya begitu banyak kualitas mengagumkan. Fokuskan perhatian Anda pada kualitas tersebut dengan mencatatnya.

8. Tataplah diri Anda di cermin sambil tersenyum

Penelitian tentang "teori umpan balik wajah" mengungkapkan bahwa ekspresi wajah sebenarnya dapat memengaruhi otak untuk membentuk atau memperkuat emosi tertentu. Jadi, dengan bercermin dan tersenyum setiap hari, lama-kelamaan Anda bisa merasa lebih bahagia dengan diri sendiri dan lebih percaya diri. Cara ini juga dapat membuat Anda menyukai penampilan dan menerima diri Anda apa adanya.

9. Hadapi rasa takut secara nyaman

Mungkin Anda beranggapan bahwa orang-orang yang percaya diri tidak pernah merasa takut. Itu sama sekali tidak benar. Rasa takut ada karena Anda berada di tepi zona nyaman menuju hidup atau sesuatu yang diimpikan. Misalnya, takut berbicara di depan sekelompok orang, memperkenalkan diri kepada orang baru, atau meminta kenaikan gaji kepada atasan.

  • Apabila Anda mampu menghadapi ketakutan, Anda akan memperoleh kepercayaan diri dan langsung merasakannya.
  • Bayangkan bayi yang belajar berjalan. Ada banyak kemungkinan yang menunggunya. Namun dia takut akan jatuh saat melangkah untuk pertama kali. Saat dia menaklukkan rasa takut dan mulai berjalan, senyum lebar terlihat di wajahnya. Anda ibarat bayi yang berusaha mengalahkan rasa takut.

10. Stop membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Jika Anda ingin membangun kepercayaan diri, fokuskan perhatian pada usaha untuk membuat hidup Anda lebih baik, bukan untuk membuat hidup Anda seperti hidup sahabat Anda, kakak Anda, atau selebritas yang Anda lihat di televisi. Jika Anda ingin membangun rasa percaya diri, Anda harus sadar bahwa selalu ada orang yang lebih cantik, lebih cerdas, dan lebih kaya daripada Anda, sama seperti selalu ada orang kurang menarik, kurang pintar, dan kurang berada daripada Anda. Itu semua tidak relevan, satu-satunya yang relevan adalah kepedulian pada tujuan dan impian.

  • Mungkin Anda kurang percaya diri karena yakin bahwa orang lain selalu lebih baik. Namun pada akhirnya nanti, yang terpenting adalah apakah Anda bahagia dengan standar Anda sendiri. Jika Anda tidak punya gagasan, Anda harus menilik ke dalam diri Anda dahulu sebelum melanjutkan.
  • Selain itu, studi menemukan fakta bahwa kegiatan di media sosial sering membuat penggunanya membandingkan diri dengan orang lain. Karena orang-orang cenderung hanya memperlihatkan kehebatan mereka dan bukan kenyataan hidup sehari-hari, hidup mereka terlihat lebih indah daripada hidup Anda. Itu tidak benar! Semua orang memiliki masalah sendiri-sendiri.

11. Bangkit dari kesalahan


Ingatlah bahwa tidak ada orang yang sempurna. Bahkan orang yang paling percaya diri juga tetap memiliki rasa minder. Ada saatnya kita pernah merasa kekurangan sesuatu. Ini kenyataan. Pahamilah bahwa perjalanan hidup ini penuh dengan masalah. Dan perasaan minder ini sering datang dan pergi, tergantung di mana kita berada, siapa yang sedang bersama kita, suasana hati kita, atau bagaimana perasaan kita. Dengan kata lain, keadaan ini tidak tetap. Jika Anda melakukan kesalahan, pilihan terbaik adalah mengakuinya, meminta maaf, dan menyusun strategi agar kesalahan tersebut tidak terulang lagi.

12. Atasi sesuatuyang Anda anggap sebagai kelemahan

Mungkin ada beberapa hal dari diri Anda yang tidak Anda sukai namun tidak bisa diubah, seperti tinggi badan atau tekstur rambut. Akan tetapi, kemungkinan ada banyak hal yang selama ini Anda anggap kelemahan sebenarnya dapat diatasi dengan sedikit usaha dan kerja keras.

  • Jika Anda ingin menjadi orang yang lebih mudah bergaul atau berprestasi lebih baik di sekolah, Anda bisa membuat rencana dan mulai melaksanakannya. Walaupun mungkin nantinya Anda tidak menjadi anak yang paling pintar bergaul atau terpilih sebagai murid yang berpidato pada acara perpisahan, rencana untuk berubah menjadi lebih baik akan banyak manfaatnya dalam kepercayaan diri.
  • Jangan terlalu keras pada diri sendiri. Jangan berusaha mengubah semua hal. Mulailah dengan satu atau dua aspek yang ingin Anda ubah, dan lanjutkan dari sana.
  • Memiliki jurnal yang menggambarkan kemajuan Anda dalam mencapai tujuan akan membawa perbedaan besar. Jurnal dapat membantu Anda melihat seberapa baiknya rencana Anda berjalan, dan dapat membuat Anda merasa bangga atas apa yang sudah Anda lakukan.
Percaya Diri

Penutup


Itulah beberapa kiat untuk mengatasi rasa percaya diri yang mudah hilang. Semoga berguna, dan ingatlah bahwa nobody's perfect, jadi tetaplah menjadi orang yang pede meski Anda menyadari ada kelemahan dalam diri Anda.

Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jangan mejadikan kelebihan orang lain untuk melemahkan diri Anda, tapi jadikan kelebihan orang lain sebagai motivasi untuk memperbaiki kekurangan Anda. 

Tetap semangat - Be confidence! 

loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri"

Posting Komentar

close