loading...

Cara Mengatasi Kecemburuan Sosial

Manusia adalah makhluk sosial yang diciptakan dengan garis takdir yang berbeda satu sama lain. Sebagai makhluk yang memiliki perasaan, munculnya sifat iri atau ingin memiliki apa yang dimiliki oleh orang lain merupakan hal yang normatif dalam diri seseorang.

Salah satu masalah yang sering muncul dalam pikiran manusia adalah adanya kecemburuan sosial. Kecemburuan sosial merupakan suatu kondisi dimana seseorang merasa terkucilkan atau ingin memiliki kelebihan (dalam konteks sosial) yang dimiliki oleh orang lain. Misalkan kelebihan dalam hal ekonomi, jabatan, atau pengaruh.

Baca juga: Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Sampai dengan batasan tertentu, memiliki rasa cemburu sosial merupakan hal yang wajar. Bahkan, setiap orang pasti memiliki perasaan tersebut. Namun, sebagai pribadi yang bijak kita harus dapat mengontrol arus kecemburuan sosial dalam diri kita serta dapat menemukan cara yang tepat untuk menyikapinya.

Penyebab Munculnya Rasa Kecemburuan Sosial


Pada dasarnya ada beberapa hal yang menyababkan seseorang gagal mengontrol kecemburuan sosial serta merasa terjebak olehnya, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Keberadaan kita terlalu rendah dihadapan orang lain

Agar dapat menempati status sosial yang layak, maka kita perlu memperhatikan diri kita sendiri. Siapa kita? Apakah kita terlalu “tidak bernilai” dihadapan orang lain? Adalah amat penting bagi kita untuk mengukur diri kita agar dapat memahami sejauh mana perbedaan antara kita dengan orang lain.

2. Memiliki sifat iri yang berlebihan

Sifat iri yang berlebihan dapat menyebabkan kita selalu merasa terganggu dengan keistimewaan yang dimiliki orang lain, padahal hidup itu mengajarkan kita untuk menjadikan kelebihan orang lain sebagai penggerak atau motivasi bagi kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

3. Kebiasaan bersosial yang kurang baik

Sebagai makhluk sosial, bersosial adalah sebuah “kewajiban” bagi setiap insan. Kebiasaan berosial yang baik tidak hanya akan memunculkan susana yang harmonis dan saling mekengkapi tetapi juga dapat mencegah timbulnya bibit-bibit kecemburuan sosial.

Tips Mengatasi Kecemburuan Sosial


Anda tidak seharusnya terjebak dalam masalah kecemburuan sosial yang dapat memperkeruh perasaan Anda. Berikut beberapa kiat untuk menyikapi kecemburuan sosial  yang berlebihan:

1. Jadilah pribadi yang baik

Segalanya berawal dari diri kita sendiri. Jika kita memang tidak cukup baik, apakah mungkin kita punya kesempatan untuk berada diatas orang yang notabene lebih baik dari kita?

2. Mau berbenah diri

Kita harus bisa melihat siapa diri kita dalam sudut pandang yang sesungguhnya. Jika kita memang masih kurang bernilai dihadapan orang lain, maka kita harus mau berbenah agar kita menjadi sejajar dengan orang lain.

3. Menyikapi kekurangan secara positif

Yang dimaksud dengan menyikapi kekurangan diri secara positif adalah dengan menumbuhkan semangat dalam diri kita untuk melakukan pengembangan diri. Impruvisasi diri sangat penting agar kita tidak semakin tertinggal dengan orang yang berada diatas kita.


4. Menghilangkan kebiasaan buruk

Tentu kita tidak dapat melakukannya secara dadakan, karena memang dibutuhkan proses. Namun, jika kita mau melakukannya meskipun dari hal-hal yang kecil sekalipun kedepannya kita akan dapat meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk dan semakin menjauh darinya.

5. Ingat Tuhan YME

Dengan selalu mengingat kebesaran Tuhan YME, maka segala macam penyakit hati akan hancur dengan sendirinya. Hidup itu bukan untuk mengubur diri kita diatas kelebihan orang lain, syukuri nikmat Tuhan dan belajarlah dari kesalahan agar kedepannya Anda bisa menjadi semakin lebih baik lagi.

Akhir Kata


Kecemburuan Sosial
Ilustrasi - Kecemburuan Sosial

Hidup tidak menuntut kita untuk menemukan kesempurnaan, hidup menuntun kita untuk menuju kebaikan dengan cara-cara yang terukur tanpa melupakan hakikat dari kehidupan itu sendiri.
loading...
Artikeloka » Kumpulan artikel informatif

Judul Artikel: Cara Mengatasi Kecemburuan Sosial
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Cara Mengatasi Kecemburuan Sosial ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Cara Mengatasi Kecemburuan Sosial"

Posting Komentar

close