Soal dan Kunci Jawaban Tes Seleksi Masuk SMP/MTs

Dalam dunia pendidikan, setelah lulus sekolah di jenjang pendidikan tingkat dasar (SD/MI) kemudian para siswa akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu SMP atau MTs.

Dan untuk bisa masuk ke jenjang berikutnya para siswa biasanya akan disuruh untuk menyelesaikan tes seleksi terlebih dahulu oleh pihak sekolah, ini bertujuan untuk menentukan layak dan tidaknya siswa tersebut untuk diterima.

Umumnya soal yang diberikan masing-masing sekolah akan berbeda, apalagi jika siswa memiliki SMP atau MTs yang menjadi favorit kalangan pelajaran lainnya, tentu saja soal tes akan lebih sulit dan lebih ketat jika dibandingkan dengan sekolah biasa.

Sebagian besar siswa tentu ingin melanjutkan jenjang pendidikan di sekolah favorit, karena biasanya sekolah favorit jauh lebih baik jika dibandingkan dengan sekolah biasa.

Tapi tentunya untuk masuk sekolah favorit tidak semudah yang kita pikirkan perlu kerja keras dan belajar yang sungguh-sungguh seperti menyelesaikan soal-soal latihan tes atau soal yang lainnya sebagai latihan untuk mengasah kemampuan belajar agar ketika tes seleksi masuk bisa diselesaikan dengan mudah.

Oleh karena itu kali ini saya akan membagikan soal tes seleksi yang bisa anda kerjakan dirumah sebagai latihan.

Perlu diketahui bahwa soal tes ini mungkin tidak sama dengan yang diberikan oleh pihak penyeleksi atau sekolah, tetapi kemungkinan jenis soalnya sama tidak jauh beda.

Contoh Soal dan Kunci Jawaban Tes Seleksi Masuk SMP / MTs


Berikut ini adalah beberapa contoh soal yang ada pada berkas pdf yang bisa anda download di akhir postingan ini.

Soal dan Kunci Jawaban Tes Seleksi Masuk SMP/MTs

1. Soal Matematika

Uang Budi : uang Rini = 3 : 1, sedangkan uang Budi : uang Riki = 3 : 1. Maka uang Budi : Rini : Riki adalah:

a. 1 : 1 :3
b. 1 : 3 : 1
c. 3 : 1 : 3
d. 3 : 1 : 1

2. Soal Ilmu Pengetahuan Sosial (IPA)

Benda bening adalah benda yang dapat meneruskan sebagian besar cahaya yang diterima. Jadi air termasuk ke dalam benda bening. Selain benda bening ada juga benda benda yang tidak dapat ditembus cahaya, benda tersebut dinamakan benda ...

3. Soal Bahasa Indonesia 

Pemerintah sedang melakukan penanaman kembali hutan yang gundul. Istilah lain dari "penanaman kembali hutan" adalah:

a. Irigasi
b. Imunisasi
c. Reboisasi
d. Panca Usaha Tani

Demikian beberapa contoh soal tes seleksi masuk SMP atau MTs, untuk lebih lengkapnya silahkan download file pdf kumpulan soal tes seleksi SMP/MTs yang berjumlah 16 lembar didalamnya ada banyak soal tes Matematika, IPA , dan Bahasa Indonesia, yang telah dilengkapi dengan kunci jawabannya.

Penutup


Demikian info contoh soal dan kunci jawaban tes seleksi masuk SMP dan MTs, semoga informasi ini berguna bagi sahabat pembaca.


0 comments

Post a Comment