loading...

Contoh Surat Komplain

Bagaimana cara membuat surat komplain yang benar? Surat komplain ditulis karena ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat, misalnya produk rusak, kualitas produk dibawah standar, pengiriman terlalu, atau atas sejumlah hal yang seharusnya sama dengan kesepakatan diawal.

Anda mungkin sedang membutuhkan contoh surat komplain karena ingin melayangkan komplain terhadap suatu hal yang tidak sesuai dengan kesepakatan yang telah Anda buat. Komplain umumnya dibuat oleh pihak konsumen yang memesan produk, namun ketika produk yang dipesan telah sampai ternyata tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Surat Komplain Yang Benar


Untuk membantu Anda menulis surat komplain barang yang baik dan benar, berikut ini beberapa contoh surat komplain karena tidak sesuai kesepakatan yang dapat Anda sesuaikan dengan keperluan Anda.

Contoh Surat Keluhan Konsumen


Bandung, 26 November 2016

Kepada Yth,
Manager Salon Cantik Selalu
Jalan Dorayaki No. 1A Kota Bandung

Dengan hormat,

Melalui surat ini saya ingin menyampaikan keluhan ketika saya mencoba treathment rambut rontok di salon dimana Bapak atau Ibu bekerja. Tetapi sebelumnya saya perkenalkan diri saya terlebih dahulu, Saya bernama Nita Talita, umur 30 tahun. Saya sudah menjadi langganan salon Cantik Selalu selama satu tahun lebih.

Sebelumnya saya hanya melakukan creambath rutin dan selalu ditangani oleh Mbak Widya. Pada tanggal 4 November 2016, ketika saya ingin datang dan ingin melakukan creambath rutin saya, saya ditangani oleh pegawai baru, Mbak Lia namanya. Ketika sedang dikeramas, Mbak Lia menyarankan saya melakukan rambut rontok. Tadinya saya ragu, dan saya tanyakan kepada Mbak Lia, apakah tidak apa – apa? Soanya kulit saya sensitif. Lalu kata Mba Lia tidak apa – apa. Dan memang rambut saya memang rontok walaupun masih dalam tahap wajar. Ketika di treathment, tidak ada masalah apa – apa. Hingga saya pulang ke rumah. Sekitar 4 jam setelah melakukan treathment, kepala saya terasa panas, dan ketika saya usap rambut saya, rambut saya sangat rontok, dan setiap saya usap, banyak rambut yang rontok. Hingga akhirnya saya langsung pergi ke dokter spesialis kulit dan rambut rontok, kata dokter, itu salah melakukan langkah treathment, jadinya malah seperti itu, apalagi ditambah kulit saya yang memang sensitif. Jadi efeknya cepat terjadi. Dan akhirnya saya di treathment ulang yang memang benar – benar untuk rambut rontok.

Jujur, saya sangat kecewa dengan salon yang sudah menjadi langganan saya ini. Saya harap jika memang tidak bisa atau memang tidak berkompeten, tidak perlu melakukan hal yang memang tidak bisa. Saya tidak akan menuntut ganti rugi. Saya hanya harap, kedepannya lebih baik lagi dan tidak asal memberikan treathment.

Hormat saya,



Nita Talita


Contoh Surat Komplain Toko Elektronik


Bandar Lampung, 6 September 2016

Nomor: 11/AB-CD/EFGH/II/2016
TOKO DW ELEKTRONIK
Jl. Jambu Air, No. 11, Bandar Lampung
Subjek: Komplain tentang beberapa barang yang rusak

Kepada Pimpinan
PT. KOMPUTER DJSA
Jl. Ahmad Yani, No. 01, Tangerang

Dengan hormat,

Melalui surat ini kami menginformasikan bahwa pesanan kami telah sampai tepat waktu. Namun, setelah kami memeriksa produk yang anda kirim, ada beberapa kerusakan pada beberapa komputer.
Kerusakannya sebagai berikut:

  1. Tiga unit CPU dalam keadaan rusak
  2. Lima unit keyboard lecet-lecet

Sebagai buktinya, kami akan mengirimkan kembali pada anda barang yang rusak untuk diperiksa kembali oleh perusahaan anda.

Kami berharap kedepannya, kami tidak akan menerima produk yang rusak lagi seperti ini. Jika hal ini terjadi lagi, kami meminta maaf kalau kami akan memutuskan kontrak kerjasama kita.

Terima kasih atas perhatian anda. Kami menunggu surat balasan anda.

Hormat kami,




TOKO DW ELEKTRONIK

Contoh Surat Komplain Pelanggan Toko


Kepada Yth,
Manager Toko Sehati Pedia Djya
Jalan Dorayaki No. 1A Kota Bali

Dengan hormat,

Melalui surat ini kami ingin menyampaikan beberapa keluhan ketika kami membeli perlengkapan alat tulis kantor di tempat dimana Bapak atau Ibu bekerja. Tetapi sebelumnya saya perkenalkan diri saya terlebih dahulu, Saya bernama Hutomo Ard, umur 40 tahun. Saya merupakan pegawai swasta dari sebuah perusahaan ternama di Kota Bandung.

Pertama – tama kami jelaskan terlebih dahulu bahwa kami merupakan pelanggan setia toko Sehati Pedia Djya sejak toko ini baru dibuka di Jalan Dorayaki, yaitu sejak tahun 2000. Sejak awal kami berbelanja alat tulis tidak pernah ada masalah, tetapi ketika kami mencoba fasilitas layanan antar toko sejak sekitar 3 bulan yang lalu, menjadi banyak masalah.

Masalah pertama adalah ketika kami memesan HVS 100gr Merk Kertasku sebanyak 20 rim pada tanggal 3 Agustus 2016, yang dikirim ke tempat kami hanya 15 rim, dan itu waktunya lama sekali. Dijanjikan sampai dalam 1 jam, pada kenyataannya sampai 5 jam. Dan perusahaan kami sudah mau tutup dan tidak ada kejelasan dari toko Bapak/ Ibu.

Masalah Selanjutnya ketika kami memesan pulpen hitam merk Pulpenku sebanyak 50 box pada tanggal 10 September 2016. Yang dikirim memang 50 box dan tepat waktu, tetapi 30 box dari pulpen tersebut tidak berfungsi. Bayangkan, hampir setengahnya rusak semua. Padahal kami selalu membeli pulpen merk Pulpenku dan tidak pernah ada masalah. Dan yang terakhir ketika kita memesan kertas merk Kertasku lagi sebanyak 20 rim pada 10 pengepakan kiriman kurang baik yang mengakibatkan 10 rim kertas HVS putih dalam kondisi cacat.

Berkenaan dengan hal itu dan mengingat usaha kami sangat membutuhkan layanan antar karena tidak ada orang yang sempat membeli ke toko Bapak/ Ibu secara langsung, kami harap, sebelum dikirim tolong dicek kondisi awal hingga pengepakannya. Sehingga, semua tetap dalam kondisi baik.
Kami berharap hubungan kerja yang telah terjalin baik selama ini tidak disia-siakan. Atas perhatian dan kerja sama baik dari Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.


Hormat saya,



Hutomo Ard

Contoh Surat Komplain Yang Benar


CV SEKAR MAJU JAYA
Jalan Raya Soekarno-Hatta No. 123
Sekaran Gunungpati, Semarang 50229 cp: 024-08768656
_______________________________________________


No : 040/HRD/SMJ/X/2013 10 Oktober 2013 
Lamp : -
Hal : Komplain


Kepada Yth, 
Yth. Bapak/Ibu Pimpinan
CV MYAINDA GROUP
Jalan Majapahit No. 231, Surabaya


Dengan hormat, 

Kami selaku manajemen CV DAMAI SENTOSA JAYA mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang selama ini terjalin. Namun demi kepentingan bersama dengan surat ini kami ingin menyampaikan beberapa hal berkenaan dengan bahan baku yang kami pesan dari perusahaan anda. 

Bahan baku yang kami pesan sudah tiba apda tanggal 8 oktober 2013 namun kondisi bahan baku berupa serat polyester tidak sesuai dengan yang kami inginkan, dengan rician sebagai berikut: 

  • Kemasan mengalami kerusakan sehingga serat kotor.
  • Bahan baku yang dikirim tidak sesuai dengan apa yang kami pesan

Bahan baku mengalami keterlambatan.Kami berharap bahwa bahan baku tersebut segera diganti mengingat proses produksi akan berhenti jika bahan baku tidak ada. Demikian surat ni kami sampaikan dengan maksud agar dikemudian hari tidak terjadi hal yang sama. Terima kasih atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu pimpinan perusahaan.

Hormat Kami,    



CV DAMAI SENTOSA JAYA

Contoh Surat Komplain Pelanggan Hotel


Kepada Yth,
Manager Pelayanan
Hotel Nyenyak Selalu
Jalan Dorayaki No. 1A Kota Yogyakarta

Dengan hormat,

Sebelumnya saya perkenalkan terlebih dahulu, saya bernama M. Jayantoro, saya merupakan pelanggan hotel Nyenyak Selalu sejak tahun 2004. Setiap 2 bulan sekali saya pasti menginap di hotel ini untuk urusan bisnis atau liburan keluarga.

Surat ini saya tulis sebagai ungkapan keluhan atas layanan yang diberikan saat saya berkunjung ke Yogyakarta dan menginap di Hotel Bapak/Ibu pada tanggal 1 November 2016 sampai dengan 4 November 2016.  Jauh hari sebelumnya saya sudah melakukan konfirmasi kepada pihak hotel dan  diberi jawaban kamar sudah disiapkan untuk kedatangan saya nanti tgl 1 – 4 November 2016 dan dalam keadaan bersih dan rapi karena sekarang sudah new management jadi lebih bagus katanya.
Pada tanggal 1 November 2016 malam hari, saya tiba di lokasi dan saya kaget ternyata apa yang dijanjikan jauh dari kenyataan yang ada, kamar dalam keadaan belum siap, dan kamar yang saya pesan ternyata dipindahkan ke kamar lain dengan alasan kamar yang saya pesan sudah diambil atau diisi oleh orang lain.

Selain itu, kondisi kamar juga sangat kotor, gorden dalam kondisi robek dan kotor, dinding dalam kondisi kotor, sprei dan selimutpun juga tidak bersih dan di dalam laci meja masih banyak sisa sampah dan abu rokok serta kecoa-kecoa mati yang berbau busuk dan ditambah lagi tempat sampah yang masih terisi sampah dari tamu sebelumnya, air shower sangat kecil, lantai kotor, remote televisi tidak berfungsi di kamar saya. Dan ketika saya melakukan komplain, pelayan menjawab dengan jawaban yang berbelit- belit. Padahal saya adalah pelanggan yang sudah lama sekali dan sudah cukup mengenal beberapa karyawan yang sudah lama juga. Konsep new management yang ada menurut saya malah tidak lebih baik dari konsep yang sebelumnya.

Saya mengharapkan tingkat layanan tinggi dari hotel Bapak atau Ibu, dan saya sangat kecewa. Karena saya tidak ingin menghabiskan banyak waktu tentang masalah ini. 

Semoga pelayanan dri hotel dapat segera ditingkatkan.


Bandung, 26 November 2016
Hormat saya,


M. Jayantoro

Surat Komplain
Format Surat Komplain

Demikianlah referensi contoh surat komplain yang dapat Anda jadikan sebagai masukan berguna dalam membuat surat komplain yang benar. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi sahabat pembaca yang sedang berkepntingan untuk menulis surat komplain.

loading...
Artikeloka » Kumpulan artikel informatif

Judul Artikel: Contoh Surat Komplain
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Contoh Surat Komplain ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Contoh Surat Komplain"

Posting Komentar

close