Contoh Berbagi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan satu sama lain. Berbagi akan suatu hal terhadap sesama merupakan prilaku umum seorang manusia. Ada sekian banyak contoh prilaku berbagi dalam kehidupan sehari-hari yang dilakukan oleh manusia.


Pengertian Berbagi


Definisi berbagi dalam pemahaman yang sederhana adalah memperbolehkan orang lain untuk ikut menggunakan atau merasakan suatu hal atau benda yang notabene milik kita, contohnya seperti berbagi makanan.

Sebagai makhluk sosial, manusia saling membutuhkan dan juga dibutuhkan. Anda membutuhkan orang lain, begitu pula orang lain yang mana mereka juga akan membutuhkan Anda. Karena itu, manusia sebagai makhluk sosial, manusia haruslah bisa saling berbagi dan menghargai.

Manfaat Berbagi


Manfaat saling berbagai ada banyak sekali, baik yang secara sadar Anda rasakan maupun yang tidak Anda sadari. Berikut beberapa manfaat dari berbagi:

  1. Mampu meningkatkan solidaritas
  2. Mampu mempererat persatuan
  3. Bisa mensejahterakan orang lain
  4. Dapat menumbuhkan rasa syukur 
  5. Dapat menyadarkan diri

Contoh Prilaku Berbagi di Rumah


  1. Berbagi kue dengan adik/kakak
  2. Berbagi sepeda motor dengan adik/kakak

Contoh Sikap Berbagi di Sekolah


  1. Meminjamkan alat tulis kepada teman
  2. Membelikan jajan teman yang tidak mampu

Penutup


Berbagi

Demikianlah ulasan ringkas mengenai contoh sikap saling berbagi. Semoga dengan membaca artikel ini ada manfaat yang bisa didapat. Berbagi merupakan suatu keindahan, semakin banyak berbagi, maka akan semakin terasa keindahan dalam hidup Anda.


0 comments

Post a Comment