loading...

Pengertian Recount Text, Jenis, dan Contoh Recount Text

Dalam ilmu bahasa Inggris ada yang di sebut dengan recount text, lalu apa itu recount text? Berikut ini dijelaskan mengenai definisi recount text, jenis-jenis recount text, dan contoh recount text.

Terdapat banyak jenis text dalam bahasa Inggris seperti narrative text, report text, spoof text, recount text, dan lain sebagainya. namun pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang recount text dan berfokus pada contoh recount text pendek.

Dan berikut ini sudah saya siapkan beberapa penjelasan yang membahas banyak seputar recount text. Saya juga menyiapkan banyak sekali contoh recount text pendek atau singkat khusus untuk Anda.

Baiklah langsung saja, silahkan pelajari dan baca-baca contoh recount text pendek yang sudah saya tuliskan dibawah, semoga kemampuan bahasa Inggris Anda akan terus bisa berkembang dengan baik.

Pengertian Recount Text


Recount Text adalah sebuah teks bacaan yang berisi tentang cerita atau runtutan sebuah kejadian atau pengalaman yang terjadi di masa lampau. Dengan kata lain, recount text juga bisa dikatakan bahwa teks ini adalah sejenis teks cerita, namun recount text diambil dari pengalaman yang terjadi pada masa lampau dan sebelumnya sudah pernah dialami.

Recount Text bisa juga diartikan sebuah kegiatan untuk “mengingat kembali” suatu kejadian yang sudah terjadi pada masa lampau melalui cerita sebuah text.


Ciri-ciri Recount Text


Recount Text memiliki beberapa karakteristik atau ciri-ciri khusus yang, antara lain sebagai berikut:


  • Mempunyai judul yang bisa merangkum teks.
  • Karena menceritakan peristiwa yang terjadi di masa lampau, maka recount text selalu menggunakan past tense. Seperti: Last month, I spent my holiday in Bali island with my friends.
  • Menggunakan adverb dan adverbial phrase untuk menjelaskan waktu, tempat dan cara. Seperti: last month, in Malang, lately, dll
  • Menggunakan action verbs. Seperti: visited, ate, spent, went, brought, took, dll.
  • Karena sifatnya bercerita secara berurutan, maka sering mamakai kata sambung yang menghubungkan peristiwa-peristiwa dalam waktu, sepertias next, later, when, then, after, before, first, after that.
  • Karena sifatnya menceritakan atau menggambarkan sebuah peristiwa, maka banyak menggunakan verb (kata kerja), dan kata keterangan (yang menggambarkan secara lebih detail bagaimana verb (kata kerja) dilakukan.

Jenis-jenis Recount Text



Recount Text secara umum dibagi menjadi beberapa jenis yang didasarkan pada tujuan dibentuknya sebuah recount text. Tujuan recount text secara umum yaitu untuk menyampaikan informasi atau memberikan informasi atau menceritakan tentang sebuah peristiwa yang terjadi di masa lampau.

Ada 3 jenis recount text yang memiliki tujuan berbeda, yaitu sebagai berikut:

1. Personal Recount Text

Personal Recount Text merupakan sebuah recount text yang memiliki tujuan untuk menceritakan kembali pengalaman penulis secara pribadi atau memberikan informasi mengenai pengalaman si penulis di masa lampau.

2. Factual Recount Text

Factual recount text sendiri memiliki tujuan untuk menjelaskan atau menceritakan sebuah kejadian yang terjadi secara faktual atau nyata. Contoh factual recount text yaitu seperti kejadian ilmiah dalam ilmu pengetahuan.


3. Imaginative Recount Text

Imaginative Recount Text merupakan jenis recount text yang mempunyai tujuan imajinatif, dengan kata lain, si penulis menceritakan peristiwa atau pengalamannya di masa lalu secara imajinasi.


Language Feature pada Recount Text


Berikut ini adalah beberapa Language Feature of Recount text:

  • Memperkenalkan personal participant seperti I, my group, etc
  • Menggunakan chronological connection seperti then, first, etc
  • Menggunakan linking verb seperti was, were, saw, heard, etc
  • Menggunakan action verb seperti look, go, change, etc
  • Menggunakan simple past tense

Social Function


Untuk menceritakan kembali sebuah event atau kejadian dengan tujuan untuk memberi informasi atau sekedar menghibur para pembaca.

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan saat kita ingin membuat sebuah recount text:

  • Fokus pada seorang individu, dan gunakanlah subject “I” atau “we”
  • Gunakan kata yang menjelaskan waktu kapan, seperti “after lunch”, dan kata yang menjelaskan dimana peristiwa tersebut terjadi, misalnya “in the garden”.
  • Tulislah menggunakan kata lampau atau past tense seperti menggunakan kata had, visited
  • Gunakan action words seperti helped, crutched.

Struktur Umum Recount Text


Selanjutnya mari kita pahami seperti apa struktur atau kerangka atau model penyusunan suatu Recount Text atau teks recount. Secara teori, umumnya recount text memiliki struktur sebagai berikut:

  • ORIENTATION atau pengenalan. Apa itu pengenalan teks? Pada paragraf awal stiap tulisan sederhana biasanya berisi informasi umum yang merujuk pada isi keseluruhan teks. informasi ini biasanya meliputi siapa, dimana, dan kapan
  • EVENT atau peristiwa: Apa saja yang tejadi tehadap pelaku dalam teks tesebut.
  • REORIENTATION atau pengenalan kembali. Ini berisi infomasi secara keseluruhan yang ditulis dengan cara yang ringkas dan padat.

Recount text atau teks recount sering kita temui di dlam tulisan berupa biografi, diary, pengalaman liburan, pengalaman kerja, autobiografi, dan lain sebagainya.


Contoh Recount Text


Berikut ini adalah contoh recount text dan artinya:

My First Time In Yogyakarta

My family and I went to my grandmother’s house in Yogyakarta last month. It was my first trip to this city. We went there two days after my sister’s gradution ceremony in Semarang. We arrived at Yogyakarta at night. We spent a week staying in my grandmother’s house which is 5 minutes away by foot to Malioboro street.

In the first morning, we were still too tired after a long trip from Semarang to Yogyakarta. So we decided to stay at home to recharge our energy. I walk around the neighborhood with my sister just to experience how it is like to be in Yogyakarta. There were too many house, I think, which made the space between a house and the other was so small, even the road was also small that only bicycle and motorcycle can go through.

On the second day, all of us went to Malioboro street. We saw so many merchant with various of product which they claim to be a traditional product of Yogyakarta. I bought some wooden figurine and T-shirt with the word “Yogyakarta” printed on it, while my sister bought some leather handbag. My mom and dad were busy choosing some merchandise to be brought home when we go back.

On the third day, we went to Taman Sari and Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat to see some historical building in Yogyakarta. We took a lot of picture there. We also took some picture of the building so we can check it again at home. We found some place providing Yogya traditional food around the building and we jumped in right away.

We spent the rest of our week in Yogyakarta by visiting some Shopping Malls such as Jogja City Mall, Malioboro Mall, Hartono Mall and Ambarrukmo Plaza. We realized that Yogyakarta turned out to be very warm during the day, that was the reason why we decided to spend more time in air conditioned building like this.
Terjemahan Contoh Recount Text 1:

Kali Pertama Saya Ke Jogja

Keluarga saya dan saya pergi ke rumah nenek saya di Jogja bulan lalu. Itu merupakan perjalanan pertama saya ke kota ini. Kami pergi kesana dua hari setelah upacara wisuda kakak saya di Semarang. Kami sampai di Jogja pada malam hari. Kami menghabiskan satu minggu tinggal di rumah nenek saya yang berjarak 5 menit jalan kaki dari jalan Malioboro.

Keluarga saya dan saya pergi ke rumah nenek saya di Jogja bulan lalu. Itu merupakan perjalanan pertama saya ke kota ini. Kami pergi kesana dua hari setelah upacara wisuda kakak saya di Semarang. Kami sampai di Jogja pada malam hari. Kami menghabiskan satu minggu tinggal di rumah nenek saya yang berjarak 5 menit jalan kaki dari jalan Malioboro.

Pada pagi hari pertama, kami masih terlalu lelah setelah perjalanan panjang dari Semarang ke Jogja. Jadi kami memutuskan untuk tetap di rumah untuk mengisi tenaga kami. Saya berjalan jalan di lingkungan rumah bersama kakak saya untuk merasakan bagaimana rasanya berada di Jogja. Terdapat terlalu banyak rumah, menurut saya, yang membuat jarak antara satu rumah dengan rumah lainnya begitu sempit, bahkan jalanan nya juga kecil hingga hanya sepeda dan sepeda motor yang bisa lewat.

Pada hari kedua, kami semua pergi ke jalan Malioboro. Kami melihat ada begitu banyak pedagang dengan berbagai macam produk yang mereka akui sebagai produk tradisional dari Jogja. Saya membeli beberapa patung kayu dan kaos oblong dengan tulisan “Jogja” tercetak di atasnya, sementara itu kakak saya membeli beberapa tas tangan kulit. Ibu dan Ayah saya sibuk memilih beberapa barang dagangan untuk dibawa kerumah saat kami pulang.

Pada hari ketiga, kami pergi ke Taman Sari dan Keraton NgaJogja Hadiningrat untuk melihat beberapa bangunan bersejarah di Jogja. Kami mengambil banyak poto di sana. Kami juga mengambil beberapa poto dari bangunan itu supaya kami bisa melihatnya lagi di rumah. Kami menemukan beberapa tembat yang menyediakan makanan khas Yogya disekitar bangunan itu dan kami langsung saja masuk kesana.

Kami menghabiskan sisa minggu kami di Jogja dengan mengunjungi beberapa pusat perbelanjaan seperti Jogja City Mall, Malioboro Mall, Hartono Mall dan Ambarrukmo Plaza. Kami menyadari bahwa ternyata Jogja sangat panas pada siang hari, inilah alasannya mengapa kami memutuskan untuk menghabiskan lebih banyak waktu di dalam bangunan ber AC seperti ini.


Penutup


Recount Text
Recount Text

Demikian ulasan mengenai pengertian recount text, struktur recount text, jenis-jenis recount text, serta contoh recoun text dengan artinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang giat-giatnya belajar bahasa Inggris.
loading...
Artikeloka » Kumpulan artikel informatif

Judul Artikel: Pengertian Recount Text, Jenis, dan Contoh Recount Text
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Pengertian Recount Text, Jenis, dan Contoh Recount Text ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Pengertian Recount Text, Jenis, dan Contoh Recount Text"

Posting Komentar

close