loading...

Contoh Isi Sambutan

Seperti diketahui bersama, sambutan adalah jenis pidato yang disampaikan secara tertulis atau lisan. Keterampilan berpidato dalam memberikan sambutan sangat penting bagi semua orang guna dapat memberikan kesan yang baik. Dalam hal ini Anda harus memiliki kemampuan dan keterampilan memberikan sambutan daiam berbagai acara secara efektif dan efisien agar tidak meninggalkan kesan yang kurang menyenangkan.

Adapun artikel ini akan memberikan sedikit tips untuk menemukan pokok-pokok isi sambutan yang dilengkapi dengan contohnya, dengan harapan dapat memberikan masukan berguna bagi sahabat pembaca sekalian. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Sambutan


Anda dapat memahami isi sambutan dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut.


1. Mendengarkan isi pidato sambutan.

2. Mencatat isi pokok sambutan.

Pembukaan, yang meliputi:

  • ucapan puji syukur;
  • ucapan terima kasih;
  • tujuan.

Isi pokok, yang meliputi:

  • latar belakang materi atau permasalahan;
  • uraian materi pokok.

Penutup, yang meliputi:

  • simpulan;
  • harapan-harapan;
  • permohonan maaf;
  • permohonan doa restu.

Anda dapat mengubah pokok-pokok isi sambutan menjadi informasi yang berbentuk paparan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Menemukan pokok-pokok isi sambutan.
  • Menghubungkan pokok-pokok isi sambutan tersebut dengan menggunakan kata penghubung.
  • Menggembangkan pokok-pokok isi sambutan dalam beberapa kalimat.

Contoh Sambutan


Silakan perhatikan contoh sambutan dibawah ini.

Bapak dan Ibu Guru yang terhormat,
Anak-anakku yang tersayang,
Para peserta Jalan Sehat yang kami hormati,

Assalam'ualaikum Wr. Wb.


Hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi kita semua karena merupakan hari uiang tahun sekolah kita yang tercinta ini. Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat melaksanakan acara ini dengan lancar.

Di kesempatan ini, perkenankanlah kami menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas partisipasinya mengikuti Jalan Sehat dalam rangka memperingati hari ulang tahun SMP Harapan Jaya yang kesepuluh ini.

Seperti kita ketahui, olahraga sangat bermanfaat bagi tubuh kita, yaitu untuk mencegah segala penyakit dan menjadikan tubuh kita sehat. Salah satu jenis olahraga yang tergolong ringan, mudah, dan murah, sekarang ini sedang marak dilakukan adalah olahraga bersepeda secara santai. Dengan melakukan aktivitas bersepeda, akan membakar lemak- lemak yang berlebih di tubuh kita sekaligus melemaskan otot dan sendi sehingga dapat memperlancar peredaran darah. 

Dengan lancarnya peredaran darah di tubuh kita, akan menambah kesegaran tubuh dan menjadikan segala aktivitas yang kita lakukan pun bergairah. Tubuh akan tetap bersemangat dan segar sepanjang hari.

Cukup sekian sambutan dari kami selaku Kepala Sekolah SMP Harapan Jaya sekaligus sebagai ketua panitia dalam acara Jalan Sehat ini. Semoga Bapak dan Ibu Guru, anak- anak, serta para peserta dapat melaksanakan dengan tertib dan lancar.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Catatan :

Menyimpulkan teks bisa dibilang gampang-gampang susah. Untuk dapat membuat kesimpulan isi teks secara tepat dapat dilakukan langkah-langkah runtut, yakni:

  • Membaca isi teks secara berulang-ulang.
  • Mencatat gagasan utama dari tiap paragraf.
  • Membuat reproduksi/ringkasan tersendiri.
  • Menyimpulkan isi teks.
Contoh Isi Sambutan

Demikian ulasan tentang contoh isi sambutan dan kiat-kiat untuk menemukan pokok-pokok isi sambutan, semoga artikel ini berguna dan dapat memberikan masukan bermanfaat bagi Anda.


loading...
Artikeloka » Kumpulan artikel informatif

Judul Artikel: Contoh Isi Sambutan
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Contoh Isi Sambutan ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Contoh Isi Sambutan"

Posting Komentar

close