Pengertian Pola Keruangan Desa dan Kota Serta Perbedaannya

Saya yakin Anda sudah mengenal istilah Desa dan Kota yang mana keduanya tentunya memiliki beberapa sisi perbedaan. Desa biasanya identik dengan rumah-rumah yang sederhana, sedangkan kota identik dengan fasilitas yang lengkap dan memadai. Namun, tidak hanya itu saja, masih banyak hal-hal lain yang mencirikan pola keruangan Desa dan Kota sebagaimana akan dikupas dalam postingan ini.

Pengertian Desa dan Kota


a. Pengertian Desa

Menurut UU No. 5 Tahun 1979, desa adalah suatu wilayah yang ditempati oleh sejumlah penduduk sebagai kesatuan masyarakat termasuk di dalamnya kesatuan masyarakat dan hukum yang mempunyai organisasi pemerintahan terendah langsung di bawah camat dan berhak menyelenggarakan rumah tangganya sendiri dalam ikatan NKRI.

b. Pengertian Kota

Kota adalah suatu sistem jaringan kehidupan manusia yang ditandai dengan kepadatan penduduk yang tinggi, strata sosial ekonomi yang heterogen, dan kehidupan materialistis.


Pola Keruangan Desa dan Kota


a. Pola Keruangan Desa

Pola pemukiman antara satu desa dengan yang lainnya memiliki perbedaan tergantung faktor geografi yang berbeda.

- Pola Memusat

Terdapat di wilayah pegunungan atau dataran rendah. Pola semacam ini kemungkinan terbentuk karena dihuni secara turun-temurun oleh beberapa generasi.

- Pola Mengelilingi Fasilitas

Umumnya ditemukan di dataran rendah, dimana fasilitas umum yang ada dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Misalnya mengelilingi waduk atau mata air.

- Pola Memanjang Mengikuti Jalan Raya

Pola pemukiman memanjang biasanya ditemui di pinggiran jalan raya.

- Pola Memanjang Mengikuti Garis Pantai

Pemukiman berada di pesisir laut, karena umumnya penduduk bekerja sebagai nelayan.

b. Pola Keruangan Kota

Pola Keruangan Kota dan Desa
Ilustrasi - Pola Keruangan Kota

Terdapat beberapa ahli yang menjelaskan teori terkait pola keruangan kota, di antaranya teori sektoral (Homer Hoyt), teori memusat (Erness W. Burgess), dan teori inti ganda (C. D. Harris dan E. L. Ullman).

Demikianlah ulasan tentang pengertian pola keruangan Kota dan Desa serta perbedaan pola keruangan Desa dan Kota, semoga ulasan diatas berguna bagi kalian.


0 comments

Post a Comment