Pengertian Sel Menurut Para Ahli

Sejumlah ahli biologi memaparkan pendapatnya mengenai pengertian sel. Seperti kita ketahu bersama bawha setiap makhluk hidup itu tersusun atas sel. Tanpa mempermasalahkan besar-kecilnya suatu makhluk hidup, kesemuanya tersusun atas sel. Dan bagi Anda yang masih belum sepenuhnya memahami apa itu sel, dibawah ini kami rangkum pengertian sel menurut para ahli biologi.

Pengertian Sel Menurut Para Ahli


Berikut ini definisi sel menurut para ahli di bidang ilmu biologi:


  • Pengertian sel menurut Rene Dutrochet (1824): Dalam makalahnya untuk akademi Paris, Dutrochet mengatakan bahwasanya semua jaringan organ tumbuhan tersusun atas sel-sel, demikian juga dengan jaringan hewan.
  • Pengertian sel Francois Vincent Raspail (1825): Menurut Raspail setiap sel yang ada pasti berasal dari sel sebelumnya
  • Pengertian sel menurut Robert Brown (1831): Robert Brown merupakan orang yang pertama kali yang menyatakan bahwasanya nukleus merupakan bagian dari makhluk hidup
  • Pengertian sel menurut Matthias Jacob Schleiden (1838): Menurut Schleiden, semua tumbuhan tersusun atas sel-sel. Beliau juga mengatakan bahwasanya sel merupakan unit struktural dan fisiologi pada makhluk hidup
  • Pengertian sel menurut Theodor Schwann (1839): Menurut Schwann semua hewan tersusun atas sel-sel. Semua makhluk hidup tersusun atas sel-sel dan produk-produk sel.
  • Pengertian sel menurut Johannes Purkinje (1839): Purkinje menemukan istilah protoplasma atau bahan pertama. Purkinje meyakini bahwa kunci untuk mempelajari sel terletak di dalam protoplasma.
Sel Makhluk Hidup
Sel Makhluk Hidup
  • Pengertian sel menurut Alexander Braun (1845): Braun menyatakan bahwa sel adalah unit dasar kehidupan
  • Pengertian sel menurut Jugo von Mohl (1846): Von Mohl menyatakan bahwa protoplasma adalah bahan hdiup kehidupan
  • Pengertian sel menurut Rudolph Vircow (1855): Pada tahun 1855, Virchow menyatakan bahwa sel-sel merupakan mata rantai terakhir dalam rantai besar yang membentuk jaringan organ, sistem, dan individu. Menurut Virchow,s etiap sel berada dari sel (omnis cellula ecellula).
  • Pengertian sel menurut Eduard Strasburger dan August Weismann (1855): Keduanya menyimpulkan bahwa faktor-faktor hereditas berasal dari dalam nukleus.
  • Pengertian sel menurut Max Schultze (1861): Schultze mendefinisikan sel sebagai suatu massa protoplasma aygn mengandung sebuah nukleus serta identik pada hewan dan tumbuhan.
  • Pengertian sel menurut Rudolf von Klliker (1862): Von Kolliker mengenalkan istilah sitoplasma yang berarti material (bahan-bahan) di dalam sel yang terpisah dari nukleus.
  • Pengertian sel menurut Robert Hooke (1665): Robert hooke mendefinisikan sel sebagai ruangan-ruangan kecil yang dibatasi oleh dinding. Hal tersbut dikatakan oleh Hooke usai melakukan penelitian sederhana terhadap sebuah gabus dengan menggunakan mikroskop sederhana
  • Pengertian sel menurut Felix Fontana (1781): Felix Fontana merupakan orang pertama yang menemukan adanya nukleus (inti sel) di dalam sel hewan. Menurut beliau sel terdiri dari nukelus dan nukleolus (anak inti).

Demikianlah penjabaran terkait pengertian sel. Semoga artikel ulasan pengertian sel menurut para ahli ini bermanfaat bagi kalian.

loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Pengertian Sel Menurut Para Ahli
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Pengertian Sel Menurut Para Ahli ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Pengertian Sel Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

close