Pengertian dan Macam-macam Demokrasi

Demokrasi adalah sebuah kebebasan. Demokrasi sendiri terbagi menjadi beberapa macam, dan artikel ini akan mengulas mengenai macam-macam demokrasi yang tentunya cukup penting untuk kita pahami bersama agar pengetahuan kita mengenai demokrasi menjadi lebih sempurna.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli


Sejumlah ahli memberikan definisi mengenai demokrasi sebagai berikut:


  • Pengertian demokrasi menurut Abraham Linclon: Demokrasi adalah sistem pemerintahan yang dibuat dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.
  • Pengertian demokrasi menurut Charles Costello: Demokrasi adalah sistem sosial serta politik pemerintahan diri dengan kekuasaan pemerintah yang dibatasi oleh hukum serta kebiasaan untuk melindungi setiap hak perorangan warga negara.
  • Pengertian demokrasi menurut Hans Kelsen: Demokrasi adalah pemerintahan yang dilakukan oleh rakyat dan untuk rakyat. Adapun yang melakukan kekuasaan negara adalah wakil-wakil rakyat yang sudah terpilih. Rakyat sendiri sudah yakin, bahwa segala kepentingannya akan diperhatikan di dalam aturan yang dibuat oleh wakil-wakil rakyatnya dalam pelaksanaan kekuasaan negara.


Terlepas dari pengertian demokrasi menurut para ahli sebagaimana dijabarkan diatas, demokrasi sendiri terbagi menjadi beberapa macam sebagaimana diulas dibawah ini.

Macam-macam Demokrasi


Berikut beberapa macam jenis demokrasi:

Demokrasi dilihat dari prinsip ideologi


1. Demokrasi di Negara barat (konstitusional/liberal)
Demokrasi konstitusional (liberal) berkembang di Negara-negara barat yang menjunjung tinggi HAM bahkan kadang-kadang di atas kepentingan umum. Pearan dan campur tangan pemerintah dalam kehidupan masyarakat tidak terlalu banyak. Partai politik yang kalah dalam pemilu menempatkan diri sebagai partai oposisi.

2. Demokrasi di Negara timur (komunis/sosialis)
Demokrasi komunis/ sosialis berdasarkan ajaran Karl Marx (ajaran historis materialisme atau dialektis materialisme) yang pada prinsipnya tidak mengakui HAM dan tidak mengakui hak milik pribadi atas segala alat produksi . untuk mencapai masyarakat sosialis yang sejahtera dan sama rata sama rasa diberlakukan dictator ploretariat .

Demokrasi dilihat dari penyaluran kehendak rakyat.


1. Demokrasi langsung
Artinya paham demokrasi yang mengikut sertakan setiap warga negaranya dalam permusyawaratan untuk menentukan kebijaksanaa umum Negara atau undang-undang.

2. Demokrasi tidak langsung
Artinya paham demokrasi yang dilaksanakan melalui sistem perwakilan . penerapan penduduknya semakin banyak, wilayahnya semakin luas , dan pernasalahan yang dihadapi semakin rumit dan kompleks. Oleh karena itu, demokrasi tidak langsung atau demokrasi perwakilan biasanya dilaksanakan melalui pemilihan umum.

Demokrasi dilihat dari titik perhatiannya


1. Demokrasi formal (Negara-negara liberal)
Artinya demokrasi yang menjunjung tinggi persamaan dalam bidang politik tanpa disertai upaya untuk mengurangi kesenjangan dalam bidang ekonomi.

Macam-macam Demokrasi
Ilustrasi Negara Demokrasi

2. Demokrasi material (Negara-negara komunis)
Artinya demokrasi yang menitikberatkan pada upaya-upaya menghilangkan perbandingan dalam bidang ekonomi, sedangkan di bidang politikkurang di perhatikan.

3. Demokrasi gabungan (Negara-negara nonblok)
Artinya demokrasi yang mengambil kebaikan serta membuang keburukan dari demokrasi formal dan demokrasi material.

Baca: Pengertian Trias Politika Menurut Para Ahli

Sama halnya dengan kebanyakan negara lain dibelahan bumi, Indonesia juga merupakan negara demokrasi. Reformasi yang terjadi di tahun 1997 dengan digulingkannya rezim Orde Baru menjadikan Indonesia sebagai negara demokratis hingga hari ini.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Pengertian dan Macam-macam Demokrasi
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Pengertian dan Macam-macam Demokrasi ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Demokrasi"

Posting Komentar

close