Contoh Surat Permohonan Maaf

Surat Permohonan Maaf adalah sebuah surat yang berisi permintaan maaf kepada pihak yang dituju. Adapun permintaan maaf itu sendiri bisa disampaikan oleh individu, kelompok, atau mengatasnamakan instansi tertentu. Jika untuk instansi atau perusahaan, maka surat semacam ini umumnya berupa surat formal atau resmi. Sementara untuk surat permintaan maaf yang sifatnya individu maka surat tersebut dapat diklasifikasikan sebagai surat pribadi.

Memintaa maaf melalui sarana tertulis alias surat dalam hal ini mencerminkan keseriusan pihak bersangkutan untuk meminta maaf. Tidak cukup hanya dengan lisan, namun permintaan maaf juga dapat disampaikan melalui surat. Terlebih untuk permohonan maaf dari perusahaan atau instansi, maka meminta maaf melalui surat dirasa sangat penting dan mencerminkan keabsahan permintaan maaf tersebut.

Cara membuat surat permintaan maaf tidaklah rumit. Dalam surat permintaan maaf ini Anda hanya perlu menyampaikan pokok permasalahannya yang diikuti dengan permohonan maaf Anda. Untuk menulis surat permohonan maaf tidak perlu berbelit-belit, cukup sampaikan saja permintaan maaf Anda dengan mengakui kesalahan yang telah Anda buat. Dan untuk lebih jelasnya, silakan simak beberapa contoh surat permohonan maaf dibawah ini.

Contoh Surat Permintaan Maaf


Berikut ini saya rangkum kumpulan contoh surat permohonaan maaf yang dapat Anda pelajari sebelum memulai penulisan surat permohonaan maaf sesuai dengan perkara yang Anda hadapi.

Surat Permohonan Maaf Keterlambatan Hadir



Kepada Yth,,
Kepala Bagian Ilmu Kesehatan MATA
Dr. Kemala Sayuti Sp.M (K)

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Nani Nening
No BP : 07923079

Bersama surat ini saya sampaikan permohonan maaf saya atas keterlambatan saya hadir pada pertemuan terakhir disiklus Ilmu Kesehatan Mata pada tanggal 03 Maret 2013.

Demikian surat permohonan maaf ini saya buat,besar harapan saya ibu dapat memaafkan kesalahan yang telah saya lakukan.

Atas perhatian nya saya ucapkan terimakasih.Yang memohon,

Hormat saya, 


Nani Nening

Surat Permohonan Maaf Untuk Kekosongan Barang


Yogyakarta, 19 Januari 2013

Kepada Yth,
Manager Produksi PT. Berkah Ibu
Jln. Kusumaningati No.87 Yogyakarta



Dengan hormat,

Terima kasih kami ucapkan atas kepercayaan Anda mengajukan pemesanan pada kami tertanggal 10 Januari 2013. Semua produk yang tertera dalam formulir pemesanan telah kami antarkan sesuai dengan petunjuk yang Anda berikan. Fotokopi rekening, kami lampirkan sebagai tanda bukti. Namun dengan sangat menyesal, kami tidak dapat mengirimkan pesanan 10 kusen pintu kayu jati ukir karena barang tersebut baru akan tersedia bulan depan.

Kekosongan barang adalah akibat tertundanya produksi karena jenis bahan yang biasa digunakan tidak tersedia. Anda adalah pelanggan tetap kami dan telah bekerja sama cukup lama. Kami harap permasalahan kami ini dapat dimaklumi dan Anda bersedia untuk menunggu produk tersebut selama satu bulan. Salam hangat.



Hormat kami,



Toni Wicaksono
Manager Pemasaran PT. DARA TIGA
Lampiran: Rekening No. 1920938278xx

Surat Permohonan Maaf Untuk Kekeliruan Pengiriman Barang


Jakarta, 14 September 2013

Kepada
Yth. Pimpinan Toko Alat tulis “Sumber Jaya”
Di Tempat



Dengan hormat,

Melalui surat ini, kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama        : Putri Cantika
Jabatan    : Pimpinan PT. Buku Tulis Jaya

Bermaksud untuk menyampaikan permohonan maaf kepada pimpinan Toko Alat Tulis “Sumber Jaya” atas kekeliruan pengiriman barang yang terjadi pada tanggal 10 September 2013 lalu. Kekeliruan tersebut murni atas kesalahan pihak perusahaan kami dan akan kami pertangungjawabkan seluruh kekeliruan tersebut. Untuk mekanisme pertangungjawaban akan kami sampaikan lebih lanjut melalui email toko saudara.

Demikian surat permohonan maaf ini kami sampaikan. Atas perkenannya kami ucapkan banyak terima kasih.



Hormat saya,
Manajer PT. Buku Tulis Jaya



Putri Cantika


Surat Permohonan Maaf Akibat Melakukan Tindak Kekerasan


Kepada,Yth. Hendri Yahya

Hal : Surat Permohonan Maaf


Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                    : Lukman Sanjaya
Jenis kelamin     : Laki-laiki
Tanggal lahir       : 12 Januari 1985
Alamat                  : Jalan Padepokan No. 11 Jakarta Timur
Pekerjaan           : Artis
Agama                  : Islam

Sehubungan dengan tindak kesalahan yang telah saya lakukan atas Saudara Hendri Yahya, yakni melakukan tindak kekasaran pada saat hendak memawancarai saya berkaitan dengan pertanyaan yang Suadara ajukan kepada saya, maka dengan ini saya bermaksud untuk menyampaikan surat permohonan maaf berkaitan dengan peristiwa tersebut.

Tindak kekerasan yang saya lakukan terhadap Saudara merupakan tindakan diluar batas, dan saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas tindakan salah yang telah saya lakukan kepada Sudara. Kejadian tersebut adalah sebuah tindakan yang salah yang terjadi diluar kesadaran saya, sehubungan dengan itu maka saya sangat mengharapkan permohonan maaf dari saudara terkait persistiwa tersebut.

Demikian surat permohonan maaf ini saya buat sebagai bentuk penyesalan saya terhadap tindak kekerasan yang telah saya lakukan. Semoga Saudara berkenan untuk memaafkan saya. Atas perhatian dan kelapangannya saya sampaikan terimakasih.



Jakarta, 21 Mei 2015
Hormat saya,



Lukman Sanjaya

Surat Pernyataan Permohonan Maaf Resmi
Surat Pernyataan Permohonan Maaf Resmi

Rekomendasi: Contoh Surat Lamaran Untuk Lulusan SMA/Sederajat

Demikianlah beberapa contoh surat permintaan maaf yang diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi yang berguna bagi kalian yang saat ini sedang membutuhkan referensi surat permohonan maaf yang benar sesuai dengan pedoman penulisan surat permohonan maaf resmi yang berlaku.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Contoh Surat Permohonan Maaf
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Contoh Surat Permohonan Maaf ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Contoh Surat Permohonan Maaf"

Posting Komentar

close