Pengertian Evolusi dan Teori Evolusi Menurut Para Ahli

Evolusi adalah suatu kata yang berasal dari bahasa Latin yang memiliki arti "membuka gulungan" atau "membuka lapisan". Kemudian bahasa itu diserap menjadi bahasa Inggris "evolution" yang berarti perkembangan yang terjadi secara bertahap.

Sebagian besar orang percaya bahwa makhluk hidup akan mengalami evolusi atau perubahan dari waktu ke waktu. Berbagai tokoh dan ilmuwan pun mencoba mengutarakan teori mengenai fenomena perubahan tersebut. Namun demikian, tidak semua orang sependapat akan teori evolusi. Dari sekian banyak teori yang diajukan, teori evolusi Darwin merupakan salah satu teori yang dianggap paling sistematis sehingga digunakan sebagai dasar ilmiah hingga saat ini. Akan tetapi, pada kenyataannya teori yang diajukan Dawrin juga banyak mendapat sanggahan dan menimbulkan pro kontra. Di beberapa negara, teori evolusi bahkan dihapus dari kurikulum karena dianggap tidak ada teori yang sesuai.

Di Indonesia sendiri yang mana mayoritas penduduknya adalah penduduk beragama, banyak dari meraka yang tidak setuju dengan teori evolusi yang diajukan oleh Darwin terutama menyangkut mengenai nenek moyang manusia. Banyak pula yang menyebut bahwa teorinya tersebut bertentangan dengan kitab yang meraka yakini.

Meskipun demikian, karena Indonesia tidak menghapus teori evolusi dari mata pelajaran biologi dan tetap menggunakan teori-teori yang secara ilmiah dianggap sesuai, maka teori-teori evolusi tersebut tetap dipelajari. Tentu saja, hal ini bisa jadi bahan kajian bagi mereka yang mendalami ilmu biologi terutama untuk bidang evolusi.

Pengertian evolusi secara sederhana dapat diartikan sebagai perubahan. Secara lebih spesifik, evolusi adalah perubahan makhluk hidup yang berlangsung secara bertahap dalam jangka waktu yang lama akibat seleksi alam pada variasi genetik yang menghasilkan spesies baru yang lebih kompleks.

Adapun secara garis besarnya, evolusi dibedakan menjadi dua, yaitu evolusi progresif dan evolusi regresif. Evolusi progresif adalah bentuk perubahan yang menghasilkan spesies baru yang adaptif untuk melanjutkan kehidupan berikutnya. Dengan kata lain, evolusi ini menuju pada kemungkinan bertahan hidup.

Sementara itu, evolusi regresif adalah bentuk perubahan yang justru menghasilkan spesies baru yang sifatnya tidak adaftif sehingga kurang mampu menjalani kehidupan berikutnya. Dengan kata lain, evolusi seperti ini menuju pada kemungkinan menjadi punah.

Sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya, evolusi hingga kini sebenarnya masih menjadi bahan perdebatan dan setiap teori evolusi biasanya akan menimbulkan kontroversi. Berikut beberapa tokoh terkemuka dunia yang pernah mengemukakan teori evolusi.

Teori Evolusi Para Ahli


1. Dr Erasmus Darwin

Erasmur Darwin mengatkan bahwa tanggapan makhluk hidup terhadap rangsagan diwariskan dari generasi ke generasi. Berdasarkan ekpserimen yang ia lakukan di taman botani, ia berpendapat bahwa binatang yang ada mungkin muncul atau berasal dari binatang lain pada masa lampau.

Pengertian Evolusi
Gambar ilustrasi evolusi

2. Aristoteles
Aristoteles berpendapat bahwa pada makhluk hidup terdapat evolusi yang dibuktikan dengan tulisan tentang makhluk hidup dari tingkatan rendah ke tingkatan tinggi. Menurutnya, benda dan makhluk hidup berkembang semakin sempurna karena kekuatan tertentu.

3. Anaximander
Anaximander mengemukakan pendapat bahwa kosmos mungkin terbentuk dari suatu kekacauan. Menurutnya, kehidupan berasal atau timbul dari zat mati, makhluk hidup yang tinggi berasal dari makhluk hidup yang tingkatannya lebih rendah, dan manusia berasal dari makhluk yang menyerupai ikan.

4. Empedocies
Tokoh ini mengatakn bahwa manusia dan binatang berasal dari bagian-bagian kepala, badan, dan tangan yang terpisah-pisah. Pada makhluk tertentu, ketiga bagian tersebut menjadi satu sedangkan pada makhluk lain, hanya kepala dan tubuh yang tumbuh misalnya ikan.

5. Carolus Linnaeus
Menurut Carolus Linnaeus, semua tanaman dan binatang yang hidup pada saat ini, dahulunya diciptakan secara serentak. Ia berpendapat bahwa semua makhluk hidup yang ada saat ini memang sudah ada sejak pertama kali diciptakan dan tidak ada yang lain.

6. Jean Baptise Lamarck
Lamarck berpendapat bahwa perubahan yang terjadi pada hewan merupakan hasil adaptasi terhadap perubahan alam dan perubahan tersebut akan diwariskan kepada keturunannya. Menurut Lamarck, organ tubuh yang digunakan terus-menerus akan berkembang sedangkan yang jarang digunakan akan mengalami kemunduran.

7. Georges Lovis L de Buffon
Menurut Buffon, faktor alam yang mempengaruhi munculnya variasi-variasi kecil yang akan diwariskan pada generasi berikutnya. Ia mengatakan bahwa akan terjadi penimbunan vaiasi jika variasi-variasi kecil yang timbul akibat faktor alam muncul dengan frekuensi yang tinggi.

8. Thomas Robert Maltus
Menurut Thomas Robert Maltus, evolusi makhluk hidup dapat terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara penduduk dan bahan makanan. Ketidakseimbangan tersebut menimbulkan persaingan atau kompetisi yang berujung pada perjuangan hidup.

9. Alfred Wallace
A. Wallace memiliki pendapat yang sama degan Charles Darwin. Ia berpendapat bahwa makhluk hidup yang ada saat ini berasal dari makhluk hidup sebelumnya yang mampu bertahan hidup.Butir-butir terori evolusi Wallace hampir sama dengan Darwin hanya pendekatan objek kajiannya berbeda.


Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Pengertian Evolusi dan Teori Evolusi Menurut Para Ahli
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Pengertian Evolusi dan Teori Evolusi Menurut Para Ahli ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Pengertian Evolusi dan Teori Evolusi Menurut Para Ahli"

Posting Komentar