Pengertian Assessment, Jenis, Fungsi, dan Tujuan

Assessment; penilaian adalah sebuah istilah umum yang hampir mirip dengan evaluasi, dan mencakup semua metode yang biasa digunakan untuk mengetahui keberhasilan belajar siswa dengan cara menilai untuk kerja individu peserta didik atau kelompok. Adapun menilai ini mengandung arti mengambil keputusan terhadap sesuatu dengan berdasarkan diri atau berpegang pada ukuran baik-buruk, sehat-sakit, pandai-bodoh dan sebagainya. Penilaian yang demikian itu sifatnya kualitatif.

Tetapi perlu dipahami bahwa istilah penilaian mempunyai arti yang lebih luas daripada istilah pengukuran. Pengukuran sebenarnya hanya merupakan suatu langkah atau tindakan yang mungkin perlu diambil dalam rangka pelaksanaan evaluasi, dimana tidak semua penilaian harus didahului dengan pengukuran secara lebih nyata. Penilaian adalah penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alat. Penilaian untuk memperolah berbagai ragam informasi tentang sejauhmana hasil belajar peserta didik atau informasi tentang ketercapaian kompetensi peserta didik. Proses penilaian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang sebaik apa hasil atau prestasi belajar peserta didik.

Pengertian Assessment


Sebagaimana penjabaran diatas, maka pengertian assessment/penilaian ini bisa disebut sebagai penerapan dan penggunaan berbagai cara dan alat untuk memperoleh baragam informasi mengenai hasil belajar dan ketercapaian kompetensi dari peserta didik.

Intinya, assessment merupakan istilah lain dari kata penilaian. Istilah Assessment atau penilaian sendiri sangat dekat dengan istilah evaluasi yang merupakan metode untuk mengetahui hasil belajat siswa. Jadi proses assessment ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sebaik apa prestasi belajar dari para peserta didik.

Fungsi Assessment


Dalam suatu kegiatan belajar-mengajar, assessment memiliki peranan yang sangat penting. Hal ini dikarenakan assessment memiliki dua fungsi penting, yaitu berupa fungsi formatif dan fungsi sumatif.

Fungsi Formatif


Assessment digunakan untuk memberikan feedback atau umpan balik kepada para guru untuk dijadikan sebagai dasar dalam memperbaiki dan membenahi proses pembelajaran serta mengadakan remedial untuk para peserta didik.

Fungsi Sumatif


Untuk menentukan nilai hasil belajar siswa dalam satu mata pelajaran tertentu sehingga kemudian dapat dijadikan sebagai bahan dalam pemberian laporan, penentuan kenaikan kelas serta penentuan lulus atau tidaknya seorang siswa.

Tujuan Assessment


Tujuan penilaian "assessment purpose" adalah "keeping track, checking-up, finding-out, and summing-up".

Pengertian Keeping Track


Menelusuri dan melacak proses belajar peserta didik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah ditetapkan. Untuk itu guru harus mengumpulkan data dan informasi dalam kurun waktu tertentu melalui berbagai jenis dan teknik penilaian untuk memperoleh gambaran tentang pencapaian kemajuan belajar peserta didik.

Pengertian Checking-up


Mengecek ketercapaian kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran dan kekurangan-kekuarangan peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran. Dengan kata lain, guru perlu melakukan penilaian untuk mengetahui bagian mana dari materi yang sudah dikuasai peserta didik dan bagaimana dari materi yang belum dikuasai.


Finding-Out


Untuk mencari, menemukan dan mendeteksi kekurangan kesalahan atau kelemahan peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga guru dapat dengan cepat mencari alternatif solusinya.

Summing-up


Untuk menyimpulkan tingkat penguasaan peserta didik terhadap kompetensi yang telah ditetapkan. Hasil penympulan ini dapat digunakan guru untuk menyusun laporan kemajuan belajar ke berbagai pihak yang berkepentingan.

Jenis-Jenis Assessment

Pengertian Assessment

Terdapat beberap jenis assessment yang biasa digunakan, diantaranya adalah tes tertulis yang diberikan kepada para siswa untuk menjawabnya yaitu:

1. Performance Assessment
Performance Assessment adalah assessment yang meminta para peserta untuk mendemonstrasikan sekaligus mengaplikasikan pengetahuan dalam berbagai konteks yang diinginkan.

2. Penilaian Porfolio dan Penilaian Proyek
Penilaian proyek ini merupakan tugas berupa sebuah investigasi mulai dari pengumpulan kemudian pengorganisasian dan pengevaluasian sampai dengan penyajian data.

3. Product Assessment dan Self Assessment
Product assessment merupakan penilaian ketrampilan melalui pembuatan suatau produk tertentu. Sedangkan self assessment dilakukan sendiri oleh siswa atau guru bersangkutan untuk keperluan pengelolaan KBM di tingkat kelas, terakhir, jenis assessment juga bisa berupa penilaian sikap dan penilaian berbasis kelas.

Simak: Contoh Program Tahunan Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X

Demikian ulasang mengenai pengertian assessment yang dilengkapi dengan penjelasan tentang jenis-jenisnya, fungsi serta tujuan dari assesment. Semoga dapat menambah pengetahuan Anda dalam lingkup kegiatan belajar-mengajar.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Pengertian Assessment, Jenis, Fungsi, dan Tujuan
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Pengertian Assessment, Jenis, Fungsi, dan Tujuan ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Pengertian Assessment, Jenis, Fungsi, dan Tujuan"

Posting Komentar

close