11 Pekerjaan Sampingan Saat Libur Sekolah

Libur sekolah panjang sebenarnya bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan finansial. Selain dapat digunakan untuk refreshing, ada baiknya Anda manfaatkan waktu libur sekolah Anda untuk mencari rejeki, apalagi tidak sedikit jenis pekerjaan sampingan yang bisa Anda geluti sambil menunggu waktu sekolah yang masih cukup lama.

Menyinggung tentang lowongan pekerjaan dikala libur sekolah, sebenarnya cukup banyak pekerjaan paruh waktu yang bisa kita pilih seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi. Selain itu, faktor kreativitas juga menjadi kunci sukses untuk meraih penghasilan. Dengan memiliki kreativitas sejatinya banyak ruang yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan.

Selain mengandalkan kreativitas, Anda juga bisa menjadikan hoby Anda untuk menghasilkan uang. Pikirkan tentang hoby Anda, kemudian cari tahu apakah hoby tersebut memungkinkan untuk dijadikan sebagai alat untuk mendapatkan pekerjaan. Contoh paling sederhana, misalkan Anda memiliki hoby menulis, maka Anda bisa bekerja part time sebagai seorang penulis lepas. Dari kegiatan tersebut Anda akan mendapatkan bayaran yang tidak hanya bisa dipergunakan untuk uang jajan tetapi juga untuk di tabung.

Untuk Anda yang mungkin saja saat ini sedang memikirkan cara untuk mendapatkan uang saat libur sekolah, berikut ini beberapa jenis pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan saat liburan sekolah.

Jenis Pekerjaan Saat Liburan Sekolah


1. Bekerja Sebagai Barista di Cafe
Hobi nongkrongmu itu tidak menghasilkan uang, jadi mengapa tidak melamar jadi barista di cafe kesukaanmu saja? Kamu bisa menikmati suasana cafe sepuasnya, bisa menikmati kopi kesukaanmu, dan mendapatkan uang. Menyenangkan sekali gak tuh? Bekerja sebagai barista ini tidak sepenuh hari kok, biasanya akan dibagi per shift, jadi kamu masih ada waktu untuk hang out sama teman-temanmu.

2. Bekerja Sebagai SPG/SPB
Pekerjaan ini paling cocok buat kamu yang punya penampilan menarik, supel, dan pandai bicara. Bermodalkan ke-tiga hal itu, kamu sudah bisa menghasilkan uang hanya dengan berdiri di samping sebuah produk dan menawarkannya pada konsumen. Uang yang didapat dari pekerjaan ini cukup besar loh, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah per shift.

3. Bekerja Sebagai Anggota EO Lepas
Saat ini ada sangat banyak event organizer (EO) dan tidak semuanya memiliki anggota yang cukup untuk menjalankan suatu acara. Terkadang mereka butuh anggota tambahan agar suatu acara bisa berjalan dengan baik. Nah, disitulah peranmu. Menjadi anggota EO lepas ini tidak hanya menghasilkan uang, tapi juga membuat kamu lebih kenal banyak orang, jadi jaringan temanmu semakin luas saja.

4. Mengadakan Les Private
Tentu kamu harus menguasai bidang yang akan kamu ajarkan dulu sebelum kamu melakukan ini. Menjadi guru privat bisa jadi sangat seru loh untuk kamu yang memang hobinya mengajar. Selain itu, kegiatan ini juga menghasilkan uang dan pahala di Atas. Membantu orang supaya jadi makin pintar adalah sebuah perbuatan yang sangat mulia.

5. Punya Hoby Buat Kue?
Tidak semua orang bisa membuat kue yang enak, tapi jika kamu ahlinya dalam membuat kue yang enak itu, manfaatkan hobi ini untuk meraup keuntungan. Jual kue hasil buatanmu kepada teman, tetangga, atau lewat media sosial. Yang perlu kamu pastikan dalam melakukan ini adalah kualitas rasa dan penampilan kuemu. Jika rasanya enak dan penampilannya unik serta menarik, pelanggan yang akan mencarimu. Sehingga kamu tidak perlu repot-repot memasarkannya lagi deh. Terlebih lagi jika sudah dekat dengan perayaan hari raya nasional, pasti kuemu bakal laku banget.

6. Menjadi Tourism Guide
Ketika turis asing datang untuk berlibur biasanya mereka akan kesulitan dalam mengetahui tempat-tempat wisata. Itulah peluang yang bisa kamu manfaatkan saat musim liburan tiba. Melalui pekerjaan ini, banyak sekali keuntungannya, kamu bisa jalan-jalan gratis malahan dibayar, melatih pemakaian Bahasa asingmu, dan menambah pertemanan. Uang yang kamu dapat dari pekerjaan ini bisa jadi sangat besar loh, tergantung dari tingkat kepuasan turis tersebut dari caramu memandu. Silakan dicoba!

7. Menjadi Fotografer Lepas


Pekerjaan Sampingan Saat Libur Sekolah
Gambar ilustrasi - Bekerja sebagai fotografer lepas

Punya kamera, hobi fotografi, dan jago mengedit foto? Gunakan semua hal itu untuk menghasilkan uang. Kamu bisa bekerja sebagai fotografer lepas untuk acara-acara apa saja. Iklankan dirimu melalui media online atau lewat teman-temanmu. Banyak acara-acara yang membutuhkan fotografer lepas, seperti acara ulang tahun, acara kantor, atau pertemuan antar perusahaan. Banyak peluang yang bisa kamu manfaatkan disini, selain menjalani hobimu, kamu juga menambah portfolio dan pertemananmu.

8. Jasa Translator
Selama liburan kamu bisa juga bekerja sebagai freelance translator. Menerima orderan untuk menerjemahkan dokumen atau artikel dari Indonesia-Inggris atau Inggris-Indonesia bisa kamu lakukan di mana saja, bahkan dari kamar kostmu. Harga yang dipatok pun lumayan, tergantung dari tingkat kesulitannya.

9. Menjadi Penulis Lepas
Bagi kamu yang ingin mendalami serta mengasah kemampuan dalam bidang jurnalistik, kamu bisa menjadi freelance writer di situs atau kontributor lepas di media cetak. Sebagai kontributor lepas, karyamu akan sangat dihargai. Untuk bekerja sebagai kontributor lepas juga sangat mudah, kamu tinggal membuat karya sesuai rubrik di media cetak dan mengirimkannya. Jika ingin bekerja sebagai penulis lepas kamu bisa mencari lowongannya di berbagai situs. Biasanya pekerjaan paruh waktu ini akan memberikan fee yang cukup lumayan.

10. Jasa Reperasi Barang Elektronik
Kalau kamu mahasiswa teknik, kamu bisa membuka jasa reparasi kecil-kecilan selama liburan. Dari mulai barang elektronik kecil seperti kipas angin, radio, laptop, smartphone hingga TV. Tentunya hal ini akan sangat berguna apabila ada benda elektronik dari teman kostmu atau tetangga sebelah yang sedang membutuhkan jasa reparasi. Memang harga yang dipatok tidak terlalu besar tapi bukankah kamu bisa merasa cukup nyaman karena menyadari dirimu bermanfaat untuk orang lain. Selain itu, hal ini juga akan membuat relasi dengan orang di sekitar terjalin baik. Jika memang hasil reparasimu bagus, bukan tidak mungkin mereka akan menjadi pelanggan berkelanjutan.

11. Bekerja Sebagai Designer 
Kamu bisa meraup pendapatan yang cukup fantastis dengan menjadi seorang freelance designer. Fee yang akan kamu dapatkan berbanding dengan tingkat kesulitan dan kerumitan gambar yang akan kamu buat. Mengerjakan orderan logo brand, desain kaos, atau orderan desain sitsu web juga bisa membuatmu makin kreatif dalam mencipta sebuah karya. Tapi siapkan kopi ya, karena pekerjaan ini biasanya akan membutuhkan tenaga dan waktu ekstra, tapi ini akan sangat menyenangkan jika memang merupakan duniamu.

Baca juga: Contoh Karangan Bebas Tentang Liburan Sekolah

Nah itulah beberapa jenis pekerjaan paruh waktu yang bisa dikerjakan selama liburan sekolah. Waktu libur sekolah yang panjang sebaiknya jangan hanya dibuat main, tapi pergunakan waktu tersebut untuk berkerja. Selain untuk mengasa kemampuan, kalian juga akan mendapatkan penghasilan.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: 11 Pekerjaan Sampingan Saat Libur Sekolah
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel 11 Pekerjaan Sampingan Saat Libur Sekolah ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "11 Pekerjaan Sampingan Saat Libur Sekolah"

Posting Komentar

close