Contoh Artikel Tentang Tujuan Belajar

Sederhananya orang memahami kalau tujuan dari belajar adalah untuk menjadi orang yang cerdas. Tentu, jawaban tersebut memang benar adanya. Namun, terlepas dari pemahaman tersebut pada dasarnya tujuan dari belajar itu cukup kompleks, dan tidak semata-mata hanya untuk menjadi orang pintar. Dibawah ini saya ulas beberapa tujuan belajar yang menarik untuk di simak.

Seperti dipahami bersama, bahwa pendidikan merupakan suatu investasi untuk masa depan yang memiliki peranan sangat penting dalam membangun bangsa. Tanpa adanya pendidikan, maka suatu bangsa tidak akan pernah melihat adanya pembangunan dalam bidang apapun. Pendidikan merupakan pondasi untuk memajukan suatu bangsa.

Tujuan sendiri dapat diartikan sebagai suatu cita-cita yang tentunya ingin dicapai dari pelaksanaan suatu kegiatan. Tentu tidak ada satu pun kegiatan yang dilakukan tanpa adanya tujuan karena hal tersebut tidak memiliki kepastian dalam menentukan arah dari kegiatan itu sendiri. Secara umum, tujuan dari belajar adalah untuk menuju perubahan pada diri seseorang agar menjadi lebih baik. Dan dibawah ini adalah ulasan selengkapnya mengenai tujuan dari belajar.

Sebutkan Beberapa Tujuan Belajar?

Tujuan Belajar
Gambar ilustrasi kegiatan belajar

Beberapa tujuan belajar secara luas adalah sebagai berikut:

1. Bertujuan untuk melakukan perubahan dalam diri seseorang, seperti tingkah laku. 
Dengan adanya kegiatan belajar maka norma yang dimiliki oleh seseorang setelah ia melakukan kegiatan belajar akan berubah menjadi lebih baik. Dalam kegiatan ini pendidik bisa melatih dalam pembelajaran di sekolah, ini bisa dimulai dari pemberian contoh oleh pendidik itu sendiri. Jadi seorang pendidik harus senantiasa menjaga sikap agar bisa menjadi suri tauladan bagi peserta didiknya, karena mengingat bahwa tujuan yang diinginkan dalam belajar adalah bersifat positif.

2. Memiliki tujuan untuk mengubah kebiasaan dari buruk menjadi baik.
Setiap pribadi didorong untuk mengubah prilaku mereka dari buruk menjadi baik, seperti merokok, minum-minuman keras, keluyuran, tidur siang, bangun terlambat, bermalas-malasan dan sebagainya. Kebiasaan tersebut harus diubah menjadi yang baik. Dalam kegiatan di sekolah, pendidik selain memberi pengetahuan melalui pelajaran yang di sampaikan, harus memberikan perhatian yang lebih mengenai peserta didik yang mempunyai kebiasaan buruk. Ini bisa dilakukan dengan pemberian kesadaran bahwa perbuatan yang dimiliki tersebut dapat memberikan dampak negatif bagi diri sendiri dan orang lain. Serta pendidik harus memberikan dorongan yang kuat untuk bisa menghilangkan kebiasaan negatif yang dimiliki peserta didik tersebut.

3. Untuk mengubah sikap dari negatif menjadi positif. 
Tujuan belajar berikutnya adalah untuk merubah sikap buruk menjadi sikap yang baik, contohnya seorang anak yang tadinya selalu menentang orang tuanya, tetapi setelah ia mendengar, mengikuti ceramah-ceramah agama, sikapnya berubah menjadi anak yang patuh, cinta dan hormat kepada orang tuanya.

4. Untuk mengasah keterampilan. 
Keterampilan seseorang dapat diasah melalui proses belajar. Misalnya ada  seseorang yang terampil main bulu tangkis, bola, tinju, maupun cabang olahraga lainnya adalah berkat belajar dan latihan yang sungguh-sungguh. Jadi kegiatan belajar dan latihan adalah hal yang perlu dilakukan agar terjadi perubahan yang baik pada diri seseorang.

5. Belajar memiliki tujuan menambah pengetahuan / ilmu diberbagai bidang.
Dalam proses belajar-mengajar, pendidik lebih cenderung memperhatikan dalam penyaluran ilmu pengetahuan (transfer of knowledge). Pendidik harus memiliki kesiapan yang baik ketika ia akan mengajar dan adanya penggunaan pendekatan, strategi maupun metode agar dalam pembelajaran peserta didik tidak merasakan suasana yang membosankan. Pemilihan metode harus disesuaikan dengan materi, karakteristik pendidik, sarana dan prasarana, biaya, dan lain sebagainya supaya pembelajaran dapat berjalan dan memberikan hasil terbaik.

Baca juga: Contoh Judul Skripsi Tesis Pendidikan

Demikianlah ulasan mengenai beberapa tujuan dari belajar. Segalanya berawal dari pendidikan dan belajar hingga akhirnya kita dapat melihat sesuatu yang luar biasa. Pendidikan adalah suatu keharusan yang dimanapun akan menjadi prioritas.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Contoh Artikel Tentang Tujuan Belajar
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Contoh Artikel Tentang Tujuan Belajar ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Contoh Artikel Tentang Tujuan Belajar"

Posting Komentar

close