Cara Mengatasi HP Android Lambat

Android adalah platform mobile dengan jumlah pengguna terbanyak di masa sekarang. Dengan sejumlah kelebihan yang ditawarkan OS Robot Hijau ini tidak heran jika banyak pengguna smartphone yang lebih terpikat dengan Android katimbang OS mobile lainnya. Mulai dari banyaknya pilihan tipe smartphone, ketersediaan aplikasi gratis, ringan, dan lain sebagainya. Pengguna Android terus mengalami pertumbuhan dari masa ke masa.

Bagi Anda para pengguna smartphone Android, tidak menutup kemungkinan pada suatu waktu Anda mendapati loading smartphone Android milik Anda berjalan dengan sangat lambat yang akhirnya berujung pada hang/crash. Ya, kondisi semacam ini memang sering dijumpai pada tipe smartphone entry-level. Maklum, dengan spek yang relatif rendah maka tidak herank jika sistem seolah sangat terbebani dalam menjalanka suatu proses.

Pada umumnya kinerja smartpone lambat disebabkan oleh spek hardware yang masih belum memenuhi standar, baik itu RAM maupun CPUnya. Dengan kondisi seperti ini, maka kinerja ponsel tidak akan bisa berjalan secara lancar, terlebih jika terdapat banyak aplikasi berat pada ponsel pintar tersebut. Nah, dibawah ini saya kasih masukan beberapa cara untuk mengatasi hp Android lemot yang mudah-mudahan berguna bagi kalian.

Tips Mengatasi HP Android Lambat


Ada beberapa tips untuk mengatasi smartphone lambat, berikut ini beberapa langkah pemecahan yang bisa Anda coba:

1. Batasi Pengguna Aplikasi

Anda harus memahami bahwa dengan spek rendah tidak mungkin untuk memaksakan smartphone Anda bekerja diatas kemampuannya. Oleh sebab itu, hapuslah beberapa aplikasi (kurang penting) yang disara memberatkan kinerja smartphone, khususnya aplikasi yang banyak memakan space memory. Ini akan sangat membantu kinerja smartphone Anda menjadi lebih stabil.

2. Gunakan Aplikasi Auto Kill

Untuk Anda yang sering melakukan multi tasking di Andoid, pasti sudah terbiasa menemukan banyak aplikasi yang aktif di Recent Apps. Dampak lanjutan saat banyak aplikasi yang berjalan di Recent Apps adalah RAM semakin sesak, dan Android jadi lemot. Untuk menghindarinya coba Anda gunakan fitur Auto Kill. Fitur ini akan membuat aplikasi tidak bisa berjalan di background, sehingga Android Anda tidak akan lemot.

3. Selalu Update Software

Setiap ada pemberitahuan update software, segera untuk meng-update. Hal ini bertujuan untuk segera memperbaiki masalah yang dibawa oleh sistem sebelumnya. Karena bisa dipastikan update itu bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dari sebelumnya.

Meski kadang ditemui kenyataan bahwa setelah update justru semakin buruk, namun pihak pengembang pasti tidak akan diam saja jika memang ditemui ada masalah pada sistemnya. Selalu luangkan waktu untuk memeriksanya di menu Settings >> About >> System Update >> Check for Updates.

4. Kurangi Penggunaan Widget

Salah satu yang membuat Android tampak menarik adalah adanya Widget. Bukan cuma memperindah tampilan homescreen Android Anda, tapi Widget juga berguna sebagai jalan pintas untuk memantau berbagai aplikasi tanpa harus membuka aplikasi terkait.

Meski membuat Android Anda tampak indah dan mempercepat akses ke aplikasi, namun hal ini juga akan menyita konsumsi RAM yang lebih besar. Dampaknya, Android Anda menjadi lambat. Maka dari itu, kurangi penggunaan Widget untuk mengatasi Android loading lambat.

5. Matikan atau Minimalisir Animasi

Animasi adalah salah satu penyita banyak RAM di perangkat Android. Nah, cara mengatasi Android lemot selanjutnya adalah dengan masuk ke menu Setting >> Developer Options.

Untuk mengurangi atau mematikan animasi di Android agar tetap berjalan dengan cepat, Anda bisa ke mengaturnya di Settings >> Developer Options, lalu ubah nilai Windows animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale ke nilai terkecil, atau dibuat off sekalian.

6. Bersihkan Cache Partition

Cache Partition

Berbeda dengan cache data aplikasi, cache partition berguna untuk menyimpan proses-proses yang dijalankan oleh sistem, sehingga akan mempercepat Android Anda untuk dapat segera digunakan setelah mematikan atau melakukan Restart perangkat.

Namun, lama kelamaan cache partition akan terus menumpuk di background dan memperlambat kinerja Android Anda. Untuk menjaga agar Android Anda tetap cepat, Anda bisa menghapus cache partition sebulan sekali dengan masuk ke Recovery Mode, lalu pilih Wipe Cache Partition.

7. Lakukan Reset

Factory reset akan mengembalikan kondisi ponsel seperti sedia kala, dimana sistem akan berjalan dengan lebih cepat karena belum Anda aktivitas atau aplikasi pihak ketiga didalamnya. Mungkin beberapa di antara Anda sudah sering melakukan Factory Reset. Bisa jadi Anda melakukannya hanya karena adanya masalah pada Android Anda. Padahal Factory Reset ini sangat direkomendasikan untuk dilakukan secara berkala. Hal ini bertujuan untuk membersihkan semua yang bertumpuk di Android Anda. Untuk merest hp Android, silakan buka menu Settings >> Backup & reset >> Factory data reset.

Baca juga:




Demikianlah beberapa cara mudah untuk mengatasi Android lambat. Semoga ulasan ini berguna bagi kalian. Selain menerapkan langkah-langkah diatas, Anda juga membersihkan cache secara berkala agar kinerja smartphone Android Anda tetap berjalan dengan baik dan bisa terhindar dari loading lambat atau bahkan hang.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Cara Mengatasi HP Android Lambat
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Cara Mengatasi HP Android Lambat ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Cara Mengatasi HP Android Lambat"

Posting Komentar

close