Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online

BPJS adalah sebuah badan penyelenggara jaminan sosial. Dengan menjadi anggota atau peserta dari BPJS, seseorang sejatinya akan mendapatkan perlindungan kesehatan yang tentunya sangat dibutuhkan oleh segenap masyarakat. Sakit bisa datang kapan saja, dan tanpa memiliki persiapan biaya yang baik, tidak menutup kemungkinan Anda akan kesulitan untuk berobat. Nah, dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan, maka Anda akan mendapatkan fasilitas kesehatan dan pengobatan yang bisa Anda gunakan sewaktu-waktu ketika Anda jatuh sakit.

Adapun bagi Anda yang saat ini belum menjadi peserta BPJS Kesehatan dan ingin segera mendaftarkan diri, saat ini proses pendaftaran peserta BPJS Kesehatan sudah bisa dilakukan secara online. Ini akan mempermudah proses pendaftaran Anda karena cukup dengan duduk di depan komputer sambil menyiapkan sejumlah berkas atau dokumen yang diperlukan selanjutnya Anda akan terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan dan bisa menggunakan fasilitas kesehatan sewaktu-waktu jika memang diperlukan.

Langkah-langkah pendaftaran peserta BPJS secara online cukup mudah. Dibawah ini dijelaskan prosedur pendaftaran BPJS Kesehatan secara online melalui laman website mereka. Namun, terlebih dulu Anda harus menyiapkan beberapa berkas yang menjadi syarat pendaftaran BPJS Kesehatan. Adapun beberapa syarat pendaftaran BPJS Kesehatan yakni sebagaimana di informasikan dibawah ini.

Persyaratan Daftar BPJS Kesehatan


Beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut:

  1. Kartu Keluarga (KK)
  2. e-KTP (KTP Elektronik)
  3. Kartu NPWP
  4. Alamat Email
  5. Nomor ponsel aktif
  6. Nomor rekening bank salah satu anggota keluarga untuk keperluan pembayaran iuran bulanan

Jika apa yang disebutkan diatas sudah disiapkan, mari di lanjut ke proses pendaftarannya. Tenang saja, prosesnya cukup mudah kok.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online


Pertama-tama, silakan buka tautan berikut: daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-online

Setelah membuka tautan diatas, Anda akan dihadapkan dengan laman Syarat & Ketentuan yang mana tampilannya seperti gambar dibawah ini.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online

Klik/centang pada bidang "Saya menerima dan menyetujui Syarat dan Ketentuan layanan pendaftaran BPJS Kesehatan", kemudian klik tombol "Pendaftaran".

Selanjutnya, silakan mengisi data-data yang diminta secara lengkap. Pastikan juga Anda menggunakan email yang masih aktif/valid.

Setelah proses pendaftaran selesai, ada kemungkinan Anda akan menjumpai beberapa kendala yang diataranya adalah sebagai berikut:

Tidak Menerima Email Konfirmasi


Perlu dicatat, bahwa proses pendaftaran diangggap berhasil apabila Anda telah mendapatkan email konfirmasi yang berisikan link yang harus dibuka. Jika email konfirmasi tidak kunjung Anda dapat, maka Anda dapat melakukan registrasi ulang. Dan pastikan untuk registrasi ulang ini Anda menggunakan email yang valid - tidak salah ketik.

Nomor KK Tidak Ditemukan


Sistem BPJS Kesehatan mengambil data dari server Disdukcapil untuk data kependudukan, dan apabila nomor KK yang Anda masukkan tidak terdeteksi, silakan periksa kembali. Ada kemungkinan nomor KK Anda belum terlapor ke Disdukcapil pusat koordinasikan dengan dinas kependudukan setempat.


Kesalahan Menentukan Faskes


Pastikan memilih fasilitas kesehatan tingkat pertama/dokter praktek/puskesmas terdekat supaya tidak kejauhan ketika nantinya ingin menggunakan BPJS. Jika Anda memilih seara asal-asalan, maka nantinya Anda akan kesulitan untuk mengubahnya.

Galat Upload Dokumen


Pastikan koneksi internet yang Anda gunakan stabil sehingga proses upload dokumen dapat berjalan sebagaimana mestinya. Bila perlu, bidik jam-jam tertentu dimana koneksi internet cenderung cepat dan stabil.

Demikianlah langkah-langkah untuk mendaftar BPJS Kesehatan secara online. Semoga info ini berguna bagi Anda. Akhir kata, salam sehat untuk kita semua.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online"

Posting Komentar

close