Trik Internetan Paling Murah Untuk HP dan Komputer

Mengakses internet memnag bak sudah menjadi kewajiban bagi kita. Nyatanya, tak seharipun kita bisa libur dari menggunakan internet, baik untuk berjejaring sosial, browsing informasi, membaca berita, atau bahkan shopping online. Namun, sungguh disayangkan karena ternyata biaya untuk berlangganan paket data di Indonesia masih terbilang sangat mahal. Lebih diperparah lagi, karena kecepatan akses yang kita dapat masih sangat jauh dari kebutuhan. Harga paket internet sangat mahal namun tingkat kecepatan akses sangat lambat.

Dengan kondisi tersebut tentunya Anda menginginkan trik internetan paling murah baik dari smartphone maupun dari komputer. Adakah trik agar bisa internetan murah? Ulasan ini akan menjawab pertanyaan sahabat pembaca dimana pada artikel ini saya akan berbagi tips dengan Anda cara bisa internetan ekonomis dengan kuota yang relatif besar. Kalau kemudian Anda bertanya "adakah paket internet unlimited?" Jawabannya 100% tidak ada. Mereka memang menggunakan istilah "unlimited", namun sama saja bohongan karena disitu ada yang disebut FUP, dan FUP nya sendiri cukup kecil. FUP adalah batas penggunaan wajar yang ada pada paket internet unlimited.

Cara Internetan Murah


Agar tetap bisa menikmati internet namun disisi lain kita tidak dibikin repot lantaran besarnya biaya untuk pembelian paket data bisa disikapi dengan cara yang cukup beragam. Dan pada intinya artikel ini akan mencoba memberikan solusi kepada Anda terkait permasalahan paket data yang sebegitu mahal. Jadi, harap untuk membaca postingan ini sampai tuntas. Terdapat sejumlah cara untuk internetan murah tanpa perlu takut akan kehabisan kuota. Silakan simak beberapa kiat untuk dapat berinternetan secara ekonomis ditengah harga paket internet yang terus melambung.

1. Pilih Browser Yang Tepat

Browser yang tepat yang saya maksudkan disini adalah browser yang memungkinkan Anda untuk menghemat penggunaan data. Salah satu browser yang terbukti bisa menghemat data adalah Operamini. Aplikasi browser yang satu ini dapat menghemat data hingga hitungan yang cukup signifikan lantaran aplikasi ini memiliki sistem kompresi data. Namun, aplikasi ini memiliki kekurangan, yakni tidak adanya fitur Javascript sebagaimana pada browser lain, sehingga akan menyebabkan fitur tertentu pada laman web yang Anda kunjungi menjadi tidak dapat dinikmati. Kendati demikian, aplikasi Operamini akan sangat cocok untuk menghemat kuota internet jika kebutuhan internetan Anda adalah sekedar browsing informasi, membaca berita, atau aktivitas-aktivitas terkait lainnya.

2. Mengaktifkan Fitur Reduksi Ukuran Laman Web

Sebagian browser populer seperti Google Chrome telah dilengkapi fitur reduksi ukuran halaman web. Jika fitur ini Anda aktifkan, maka besaran ukuran halaman web akan diperkecil hingga sekian persen. Ini akan memberikan dua keuntungan bagi pengguna Chrome, yang pertama keuntungan dalam hal menghemat kuota internet, dan keuntungan yang kedua adalah di tingkat kecepatan akses dimana level keceptan akses akan menjadi lebih baik karena ukuran laman web telah di reduksi oleh browser tersebut. Meskipun dilakukan reduksi, namun fitur Javascript tetap akan berjalan dengan baik pada aplikasi Browser Google Chrome.

3. Menggunakan Dua Kartu SIM

Setiap operator pada umumnya menawarkan berbagai varian paket internet yang terdiri dari paket 24 jam dan paket internet malam. Untuk lebih menghemat biaya, dalam hal ini Anda dapat menggunakan dua kartu SIM pada satu ponsel. Tujuannya adalah SIM 1 digunakan untuk internetan di siang hari, dan SIM 2 digunakan untuk internetan di malam hari. Tentu, Anda harus berlangganan dua paket internet berbeda, yakni paket internet siang dan malam. Ini akan lebih murah meskipun Anda harus berlangganan dua paket, karena paket internet di malam hari umumnya hingga 60% lebih murah dibanding paket internet untuk kegunaan di siang hari. Salah satu paket internet malam yang sangat murah adalah paket internet Xl Siaga.

4. Membeli Kartu Perdana Khusus Paket Data

Opsi internetan murah yang nomor empat ini merupakan opsi yang saya gunakan saat ini. Untuk menghemat biaya dan tetap bisa internetan tanpa batas, saya lebih memilih untuk membeli kartu perdana yang didalamnya sudah berisi paket data. Kartu perdana khusus paket data ini umumnya menawarkan kuota yang cukup besar dengan harga yang relatif murah katimbang membeli pulsa regular kemudian menggunakannya untuk mendaftar paket tertentu. Ada banyak provider dalam negeri yang menawarkan paket perdana khusus berisi kuota data besar seperti Simpati, Xl, 3, hingga Indosat.

Selain menawarkan data dalam jumlah yang besar, kartu perdana khusus ini biasanya juga menawarkan paket bonus nelpon dan SMS, seperti halnya perdana IM3 9GB yang saya gunakan saat ini. Penampakannya seperti gambar dibawah.

internet murah

Perdana tersebut saya beli seharga Rp 70.000 dengan total kuota upto 18GB. 9GB 24 jam, dan 9GB untuk jam 01.00 s/d 06.00 WIB. Saya sendiri merupakan pengguna Xl, Smartfren, dan Indosat. Masing-masing menawarkan kelebihan dan kekurangan tersendiri. Perdana data Indosat unggul di harga karena murah, tapi lemah di kecepatan. XL unggul di stabilitas, tapi sayang harganya masih tergolong mahal. Sementara Smartfren sangat unggul dalam hal kecepatan karena di tempat saya sudah menjangkau jaringan 4G, tapi sayangnya konsumsi data benar-benar tidak terkontrol.

Nah, demikian info trik iternetan murah yang dapat saya share dengan Anda pada kesempatan kali ini. Semoga berguna bagi Anda. Apa yang saya paparkan di kolom ini sejatinya memang bukan berupa "trik", melainkan sebuah solusi. Sementara itu, jika Anda mencari referensi trik internetan gratis, maka sebaiknya Anda pastikan bahwa trik tersebut legal alias tidak menyalahi aturan.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Trik Internetan Paling Murah Untuk HP dan Komputer
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Trik Internetan Paling Murah Untuk HP dan Komputer ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Trik Internetan Paling Murah Untuk HP dan Komputer"

Posting Komentar

close