Pengertian Perjanjian Internasional

Apa itu Perjanjian Internasional? Perjanjian Internasional adalah sebuah bentuk perjanjian yang dibuat dibawah hukum internasional oleh beberapa pihak yang berupa negara atau organisasi internasional. Sebuah perjanjian multilateral dibuat oleh beberapa pihak yang mengatur hak dan kewajiban dari masing-masing pihak. Perjanjian bilateral dibuat antara dua negara. Sementara, perjanjian multilateral adalah perjanjian yang dibuat oleh lebih dari dua buah negara.

Pengertian Perjanjian Internasional


Secara bahasa, definisi perjanjian internasional adalah suatu hubungan kerja satu negara dengan negara lainnya. Dari sini, dapat kita ambil kesimpulan bahwa pengertian perjanjian internasional adalah sebuah hubungan yang dilakukan oleh dua negara atau lebih.

Adapun salah satu contoh perjanjian internasional adalah perjanjian antara Indonesia dengan Vietnam terkait jual-beli beras yang terjadi beberapa tahun silam.

Pengertian Perjanjian Internasional Menurut Ahli


Menurut Mahkamah Internasional, pengertian perjanjian internasional sebagaimana tertera pada Pasal 38 Ayat 1, bahwa perjanjian internasional baik yang bersifat khusus atau umum, yang mana mengandung ketentuan-ketentuan hukum yang sudah diakui oleh masing-masing negara-negara yang bersangkutan.

Sementara itu, berdasarkan UU No. 37 Tahun 1999, pengertian perjanjian internasional adalah suatu perjanjian yang terjadi dalam bentuk dan nama tertentu yang dibuat secara tertulis dengan menimbulkan hak dan kewajiban dibidang hukum politik.

Prosedur Perjanjian Internasional 


Berikut prosedur dari perjanjian internasional:

Prosedur Perjanjian Internasional Umum (Klasik)


  • Perundingan atau di dunia internasional disebut dengan negotiation.
  • Penandatanganan yang sering pula disebut dengan signature
  • Persetujuan parlemen yang dalam bahasa Inggris adalah the approval of parliament
  • Ratifikasi atau ratification

Prosedur Perjanjian Internasional Sederhana (Simplifed)


  • Proses Perundingan
  • Melakukan Penandatanganan Kesepakatan

Prosedur Perjanjian Internasional menurut UU No. 24 Tahun 2000


  • Melakukan Penjajakan
  • Prosesi Perundingan
  • Penyusunan atau perumusan naskah perjanjian
  • Penandatanganan atau signature
  • Tahap Pengesahan naskah perjanjian atau authentication of the text.

Fungsi Perjanjian Internasional


Sebagaimana pendapat Mohd. Burhan Tsani, yang menyebutkan bahwa perjanjian internasional memiliki beberapa fungsi. Fungsi perjanjian internasional antara lain adalah:

  1. Perjanjian internasional digunakan untuk memperoleh pengakuan secara umum dari anggota masyarakat diberbagai belahan dunia
  2. Dapat dijadikan sebagai sumber hukum internasional
  3. Perjanjian Internasional juga bisa digunakan sebagai sarana dalam melakukan pengembangan kerja sama internasional secara damai
  4. Mempermudah untuk terjadinya kemungkinan transaksi dan komunikasi antarnegara.

Maka, kesimpulan dari pengertian perjanjian internasional adalah sebuah perjanjian atau kesepakatan yang dibuat dibawah pengawasan hukum internasional dengan beberapa pihak yang bersepakat dalam hal ini dapat berupa negara atau hukum internasional.

Perjanjian Internasional

Manfaat Perjanjian Internasional


Perjanjian internasional memberikan banyak manfaat. Dengan dilakukannya perjanjian internasional, maka semestinya negara-negara yang terlibat dalam perjanjian tersebut dapat menikmati sejumlah keuntungan. Berikut beberapa manfaat dari perjanjian internasional:

  1. Masing-masing negara akan memiliki tujuan sama, dengan penerapan pola atau sistem yang mulai disesuaikan.
  2. Dengan semakin banyaknya kerjasama internasional, maka perselisihan dapat diminimalisir,
  3. Pelanggaran yang menyimpang dari kesepakatan antar negara dapat segera dikoreksi, dan tindakan lebih lanjut dapat dilakukan secara cepat dan responsif.
  4. Pembentukan koalisi keamanan untuk kedamaian dan ketertiban dunia, demi terciptanya kondusifitas di penjuru dunia.
  5. Dapat saling membantu dalam masalah krisis ekonomi, sehingga membangkitkan simpati antar negara untuk menanggapi dan membantu masalah ekonomi di negara lain.

Baca juga:


Demikian penjelasan mengenai pengertian perjanjian internasional, prosedur, fungsi, serta manfaat dari perjanjian internasional. Semoga postingan ini berguna dan dapat menambah pengetahuan Anda.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Pengertian Perjanjian Internasional
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Pengertian Perjanjian Internasional ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Pengertian Perjanjian Internasional "

Posting Komentar

close