loading...

Pengertian Bela Negara, Unsur, Tujuan, dan Manfaat Bela Negara

loading...
Jiwa patriotisme sudah seharusnya tertanam dalam diri setiap warga negara Republik Indonesia, namun taukah Anda apa yang dimaksud dengan bela negara itu? Untuk menambah wawasan kita semua, kali ini saya akan membahas tentang definisi bela negara yang dilengkapi dengan unsur bela negara, tujuan, serta manfaat bela negara.

Secara umum, bela negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan untuk mempertahankan eksistensi negara tersebut.

Pengertian Bela Negara


Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.

Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara dan Syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan undang-undang. Kesadaran bela negara itu hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara. Spektrum bela negara itu sangat luas, dari yang paling halus, hingga yang paling keras. Mulai dari hubungan baik sesama warga negara sampai bersama-sama menangkal ancaman nyata musuh bersenjata. Tercakup di dalamnya adalah bersikap dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan Negara.

Di Indonesia proses pembelaan negara sudah diatur secara formal ke dalam Undang-undang. Diantaranya sudah tersebutkan ke dalam Pancasila serta Undang-undang Dasar 1945, khususnya pasal 30. Didalam pasal tersebut, dijelaskan bahwa membela bangsa merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali.

Dengan melaksanakan kewajiban bela bangsa tersebut, merupakan bukti dan proses bagi seluruh warga negara untuk menunjukkan kesediaan mereka dalam berbakti pada nusa dan bangsa, serta kesadaran untuk mengorbankan diri guna membela negara. Pemahaman bela negara itu sendiri demikian luas, mulai dari pemahaman yang halus hingga keras.

Diantaranya dimulai dengan terbinanya hubungan baik antar sesama warga negara hingga proses kerjasama untuk menghadapi ancaman dari pihak asing secara nyata. Hal ini merupakan sebuah bukti adanya rasa nasionalisme yang diejawantahkan ke dalam sebuah sikap dan perilaku warga negara dalam posisinya sebagai warga negara. Didalam konsep pembelaan negara, terdapat falsafah mengenai cara bersikap dan bertindak yang terbaik untuk negara dan bangsa.

Unsur Dasar Bela Negara


Didalam proses pembelaan negara, ada beberapa hal yang menjadi unsur penting, diantaranya adalah:

  • Cinta Tanah Air
  • Rela berkorban untuk bangsa & Negara
  • Yakin akan Pancasila sebagai ideologi Negara
  • Kesadaran Berbangsa & bernegara
  • Memiliki kemampuan awal bela Negara

Fungsi Bela Negara


Terdapat beberapa fungsi bela negara, diantaranya sebagai berikut:

  • Menjaga keutuhan wilayah negara.
  • Mempertahankan Negara dari berbagai ancaman.
  • Merupakan panggilan sejarah.
  • Merupakan kewajiban setiap warga negara.

Tujuan Bela Negara


Terdapat berbagai tujuan bela negara, antara lain sebagai berikut:

  • Mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara.
  • Menjaga identitas dan integritas bangsa/ negara.
  • Melaksanakan nilai-nilai pancasila dan UUD 1945.
  • Melestarikan budaya.
  • Berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Manfaat Bela Negara


Bela negara memiliki banyak manfaat, baik bagi individu masing-masing warga negara ataupun bagi negara itu sendiri. Berikut ini beberapa contoh manfaat bela negara yang perlu diketahui:

  1. Menanamkan rasa kecintaan pada Bangsa dan Patriotisme sesuai dengan kemampuan masing-masing.
  2. Membentuk Iman dan Taqwa pada masing-masing Agama.
  3. Melatih jiwa kepemimpinan dalam memimpin diri sendiri ataupun kelompok.
  4. Menghilangkan sikap negatif, misalnya malas, apatis, boros, egois, dan tidak disiplin.
  5. Membentuk sikap disiplin akan waktu, aktivitas, dan juga pengaturan kegiatan lain.
  6. Membentuk perilaku jujur, tegas, adil, tepat, serta kepedulian antar sesama.
  7. Membentuk jiwa kebersamaan serta solidaritas antar sesama rekan seperjuangan.
  8. Membentuk mental dan juga fisik yang tangguh.
  9. Berbakti pada orang tua, bangsa, dan agama.
  10. Melatih kecepatan, ketepatan, ketangkasan individu dalam melaksanakan beragam kegiatan.

Demikian ulasan tentang bela negara yang mencakup unsur bela negara, fungsi bela negara, tujuan serta manfaat bela  negara. Semoga dengan membaca artikel ini akan tumbuh jiwa patriotisme yang lebih tinggi dalam diri Anda sebagai warga negara yang baik dan bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara.

Baca juga: Pengertian Hubungan Bilateral, Multilateral, Unilateral
loading...

Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Pengertian Bela Negara, Unsur, Tujuan, dan Manfaat Bela Negara
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Pengertian Bela Negara, Unsur, Tujuan, dan Manfaat Bela Negara ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Pengertian Bela Negara, Unsur, Tujuan, dan Manfaat Bela Negara"

Posting Komentar