Pengertian Adaptasi Makhluk Hidup dan Macam-macamnya

Masing-masing makhluk hidup tinggal menempati habitatnya masing-masing. Untuk dapat bertahan hidup mereka akan melakukan adaptasi terhadap keadaan habitatnya tersebut. Makhluk hidup yang tidak mampu atau lambat dalam melakukan adaptasi, kemungkinan besar akan mati karena terseleksi oleh alam. Untuk memahami konsep adaptasi makhluk hidup, artikel ini akan mengulas seputar pengertian adaptasi beserta macam dan contoh adaptasi pada makhluk hidup, baik hewan maupun tumbuhan yang ada di sekitar kita.

Pengertian Adaptasi


Pengertian adaptasi adalah suatu kemampuan makhluk hidup dalam menyesuaikan keadaan dirinya dengan lingkungan tempat hidupnya. Setiap mahluk hidup akan berusaha melakukan adaptasi untuk mempertahankan kelangsungannya sehingga kelestarian hidupnya dapat terus terjaga.

Penyesuaian makhluk hidup ini menyebabkan makhluk hidup memiliki bentuk dan karakteristik yang berbeda pada tiap – tiap lingkungan. Misalnya, beruang kutub memiliki bulu yang lebat untuk melingdungi tubuhnya dari suhu dingin atau unta yang memiliki punuk di bagian punggungnya sebagai penyimpan cadangan air karena hidup di gurun yang sulit untuk menemukan air.

Pengertian Adaptasi

Lingkungan tempat makhluk hidup berkembangbiak disebut dengan habitat. Pada umunya makhluk hidup yang sudah beradaptasi di llingkungan tertentu akan sulit untuk beradaptasi di lingkungan yang lain. Kecuali manusia yang mampu beradaptasi dengan berbagai lingkungan karena memiliki kemampuan untuk berpikir dan memiliki otak yang digunakan untuk menyesuaikan dengan kemauannya.

Macam-Macam Adaptasi


Dari pengertian adaptasi di atas, berdasarkan jenisnya, adaptasi dibedakan menjadi tiga, yaitu adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, dan adaptasi tingkah laku.

1. Adaptasi Morfologi
Pengertian adaptasi morfologi adalah suatu adaptasi yang dilakukan makhluk hidup melalui penyesuaian bentuk atau alat-alat tubuhnya dengan lingkungan habitatnya. Penyesuaian bentuk dan alat tubuh dari makhluk hidup umumnya berlangsung dalam jangka waktu yang sangat lama.

Contoh Adaptasi Morfologi

Contoh adaptasi morfologi dapat kita temukan dengan mudah di sekitar kita. Contoh adaptasi morfologi tersebut misalnya adaptasi bentuk paruh burung atau tipe mulut serangga dengan cara makan dan jenis makanan mereka, adaptasi bentuk kaki burung sesuai tempat hidupnya, adaptasi bentuk gigi pada hewan karnivora, herbivora, dan omnivora, adaptasi ketebalan bulu sesuai suhu di tempat hidupnya, dan masih banyak lagi.

2. Adaptasi Tingkah Laku
Adaptasi tingkah laku yaitu penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungannya dalam bentuk tingkah laku. Adaptasi tingkah laku berhubungan dengan tindakan makhluk hidup untuk melingdungi diri dari serangan pemangsa.

Contoh Adaptasi Tingkah Laku

Bunglon akan mengubah warna tubuhnya sesuai dengan lingkungannya agar lebih mudah mendapatkan mangsa dan ikan paus yang secara berkala muncul ke permukaan air untuk bernapas, karena paus merupakan mamalia yang bernapas dengan paru-paru.

3. Adaptasi Fisiologi
Adaptasi fisiologi yaitu penyesuaian fungsi alat tubuh bagian dalam pada makhluk hidup terhadap kondisi lingkungannya. Adaptasi ini biasanya menyangkut fungsi organ tubuh makhluk hidup. Biasanya melibatkan zat-zat tertentu untuk membantu proses metabolisme.

Contoh Adaptasi Fisiologi

Pada hewan herbivora/pemakan tumbuhan memiliki enzim selulase yang dapat membantu usus dalam mencerna rumput atau daun yang mengandung banyak serat. Sedangkan adaptasi fisiologi pada manusia misalnya yaitu jumlah sel darah merah orang yang tinggal di pegunungan lebih banyak jika dibandingkan dengan orang yang tinggal di daerah pantai/dataran rendah.

Baca juga: Ciri-ciri Makhluk Hidup dan Penjelasannya
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Pengertian Adaptasi Makhluk Hidup dan Macam-macamnya
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Pengertian Adaptasi Makhluk Hidup dan Macam-macamnya ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Pengertian Adaptasi Makhluk Hidup dan Macam-macamnya"

Posting Komentar

close