Kumpulan Contoh Paragraf Deskripsi

Seperti diketahui, terdapat banyak jenis paragraf sebagaimana saya ulas dalam artikel jenis-jenis paragraf dan contohnya. Salah satu jenis paragraf yang bisa kita jumpai adalah paragraf deskripsi. Apa itu paragraf deskripsi?

Pengertian Paragraf Deskripsi


Definisi paragraf deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan sebuah objek tertentu melalui kata-kata yang merangsang panca indera sehingga pembaca seolah-olah melihat atau merasakan sendiri objek yang dideskripsikan penulis. Tujuan paragraf deskripsi adalah untuk menjelaskan suatu objek kepada pembaca tanpa menggunakan bantuan seperti gambar dan video. Meskipun demikian, penggunaan gambar dan video dapat memperkuat penggambaran.

Contoh Paragraf Deskripsi


Bagi Anda yang membutuhkan referensi contoh paragraf deskripsi, berikut ini kumpulan contoh paragraf deskripsi yang bisa Anda simak.

1. Ruang Kerjaku

Ruangan kerjaku sekaligus tempat tidurku sangat nyaman. Berukuran 7 x 8 meter sehingga sangat lapang dan nyaman ditempati. Saya melakukan bisnis online sehingga saya bisa melakukannya dimana saja termasuk di ruangan yang berada di lantai tiga ini. Terdapat kaca jendela besar menghadap ke timur sehingga saya bisa menikmati matahari pagi dan suasana pagi yang cerah. Tempat tidurku berada di pojok kamar menghadap ke selatan. Saya memilih tempat tidur single bed supaya tidak memakan banyak tempat. Meja kerjaku menghadap langsung ke jendela supaya saya mendapatkan pandangan luas yang mungkin saja bisa memberiku inspirasi. Di pojok lainnya terdapat rak buku yang berisi koleksi buku favoritku mulai dari majalah, buku teks, biografi, novel, sampai non fiksi. Di sebelahnya juga terdapat televisi yang dilengkapi home theater bahkan Playstation 4 untuk hiburan sejenak. Di dekat tempat tidur terdapat lemari es kecil untuk menyimpan minuman dingin atau cemilan.

2. Gajah

Gajah adalah mamalia darat terbesar yang dikenal karena memiliki belalai dan gading. Gajah merupakan hewan herbivora yang dapat memakan semua jenis vegetasi seperti rumput, daun, dan buah. Hewan ini memiliki kulit berambut tipis, empat kaki, memiliki ekor, dan bertelinga lebar. Gajah biasanya hidup berkelompok. Karena memiliki daun telinga yang lebar, pendengaran gajah menjadi sangat sensitif sehingga mampu mendengar suara dari jarak sekitar sepuluh kilometer. Hewan ini termasuk hewan langka yang dilindungi. Banyak pemburu mengincar gajah karena harga gadingnya yang sangat mahal.

3. Kota Jakarta

Jakarta adalah ibukota Indonesia. Letaknya berada di delta Sungai Ciliwung di sebelah barat laut Pulau Jawa. Jakarta mendominasi pemerintahan, kebudayaan, dan perekonomian Indonesia. Jakarta juga memiliki penghubung berupa pelabuhan dan bandara terbesar di Indonesia. Dengan populasi sekitar 9 juta jiwa, Jakarta adalah kota dengan penduduk terbanyak di Indonesia. Iklim kota ini panas dan lembab sepanjang tahun. Hujan terjadi sepanjang tahun, dengan intensitas tertinggi mulai dari November hingga Mei. Rata-rata curah hujan di Jakarta adalah 1.790 mm. Kota ini cenderung cekung dan berada di dataran rendah, sehingga banjir seringkali terjadi.

4. Gedung Olahraga 

Gedung olahraga yang baru tersebut dibangun di permukaan tanah yang luasnya hingga sampai setengah hektar. Bangunan tersebut berupa lingkaran yang mempunyai sekeliling 500 m2.

Apabila diperhatikan dari luar, gedung tersebut nampak seperti bola setengah yang diletakkan di lantai. Satu buah patung dengan bentuk orang yang lagi memanah berdiri dengan tegak di depan gedung yang warnanya putih serta biru.

Di gedung itu juga ada jogging route yang jalurnya mengelilingi bangunan utama gedung. Sementara di dalam gedung ada lapangan yang bisa dipakai untuk tempat olahraga bulu tangkis, futsal, dan hoop, dan juga dilengkapi pencahayaan yang sangat maksimal dengan 100 lampu tembak ukuran besar ditempatkan di atasnya.

5. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan pantai yang terkenal di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dibandingkan dengan pantai lainnya di sepanjang pantai selatan, pantai ini lebih dikenal turis. Pantai Parangtritis terletak sekitar 25 km sebelah selatan kota Yogyakarta. Tepatnya pantai ini terletak di desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Sepanjang perjalanan menuju pantai, Anda akan disuguhi pemandangan sawah , sungai, dan bukit. Pantai Parangtritis memiliki ombak yang besar. Ombak pantai dapat mencapai ketinggian 2 – 3 meter pada musim kemarau. Daya tarik lainnya adalah terdapat gunung-gunung pasir di sekitar kawasan pantai. Gunung-gunung pasir ini lebih dikenal dengan nama gumuk. Di pinggir pantai disediakan payung-payung besar yang dapat digunakan pengunjung untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan. Selain itu terdapat wisata naik kuda, dokar, ataupun motor ATV (All Terrain Vehicle) di sepanjang pinggir pantai. Warung makan dan pakaian berjejer rapi dengan hidangan khas laut. Bagi anak-anak  disediakan pula pemandian umum dengan aneka permainan yang menarik. Bagi pengunjung yang ingin menikmati sensasi mandi air hangat, maka tak jauh di sebelah utara pantai terdapat Pemandian Parang Wedang.

6. Kelas XII IPS 1

Kelas XII IPS 1 sudah menjadi seperti rumah bagi kami di sekolah. Di sanalah kami bertemu dengan teman-teman yang sangat baik, ramah dan hangat. Di sana juga kami menuntut ilmu demi meraih masa depan.

Walaupun kelas kami tidak begitu luas, hanya sekitar 7 X 6 m2 namun kelas ini sangatlah bersih dan nyaman.

Lantai kelas dilapisi oleh keramik putih yang sangat bersih dan mengkilap. Tidak hanya bersih, kelas kami juga sangat lengkap. Kami mempunyai 31 buah kursi dan meja, di depannya terdapat 2 buah papan tulis putih yang besar. Di samping kiri papan tulis terdapat meja guru dan lemari besar.

Di dinding kelas yang berwarna putih dan bersih juga dihiasi oleh gambar para pahlawan, foto presiden, pancasila dan kata-kata mutiara. Di dinding belakang kelas juga terdapat sebuah mading yang dihiasi dengan pantun, puisi, dan kata-kata mutiara karya kami semua.

Itulah gambaran tentang kelasku, kelas yang sangat bersih dan lengkap sehingga kami semua semangat dalam belajar demi menyongsong masa depan kami.


Paragraf Deskripsi

Contoh Paragraf Deskripsi Bahasa Inggris



1. The Elephant

The elephants are herbivores and eat all types of vegetation such as grasses, leaves, and fruits. They have almost hairless skin, four legs, and a distinctive long, flexible, prehensile trunk. The elephants which is also known as the largest of all land mammals usually live in groups consisting of an adult female elephant as the leader of the group, their children, and their relative female elephants.

The elephants also have very sharp auditory because they have big and wide ears. By these ears, they can hear sounds from a distance about tens kilometer. At the back of the ears, they have one of the softest parts of their body which is called the knuckle. In a zoo, Mahouts (elephant trainers) use their feet to steer or give commands to the animal via the knuckle. Now, they are a kind of protected animals because their population remains little in their habitat. Their population began to decline year by year.

2. My Friend

His name is kevin anggara, kevin anggara is my classmate, he has tall body, he is 170 cm, he has straight black hair, he has oval face, he has small eyes, he has sharp nose, he has thick lips, he dark brown skin, he has thin body, he always wears black shirt, he is kind, he is smart, he is helpful, he is generous, and he is dilligent.

Baca: Contoh Karya Ilmiah Biologi

Nah itulah kumpulan contoh teks deskripsi yang diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan kepada sahabat pembaca. Silakan dipelajari, dan semoga bermanfaat.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Kumpulan Contoh Paragraf Deskripsi
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Kumpulan Contoh Paragraf Deskripsi ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Kumpulan Contoh Paragraf Deskripsi"

Posting Komentar

close