Jenis-jenis Pelanggaran Dalam Sepakbola

Sepakbola merupakan olahraga universel dimana hampir di setiap negera terdapat orang bermain sepakbola, mulai di kawasan Eropah, Amerika, Afrika, hingga Asia. Sepakbola menjadi salah satu cabang olahraga yang paling diganderungi oleh masyarakat dunia. Meskipun di beberapa nagera olahraga yang satu ini masih kalah pamor, namun secara keseluruhan sepakbola adalah olahraga yang paling diminati.

Seperti halnya cabang olahraga lainnya, seetiap jenis olahraga memiliki aturan teknis permainan tersendiri sesuai dengan padoman aturan yang dibuat oleh induk organisasi. Dalam sepakbola, FIFA selaku induk organisasi telah menyiapkan aturan teknis dalam permainan sepakbola yang harus diterapkan dalam setiap pertandingan.

Dalam sepakbola, kita akan menjumpai sekian banyak aturan yang sama sekali tidak boleh dilanggar oleh sang pemain, mulai dari pelanggaran-pelanggaran yang sifatnya biasa, hingga jenis pelanggaran-pelanggaran berat yang dapat berujung pada pemberian kartu merah atau bahkan sanksi tidak bisa bermain seumur hidup. Dibawah ini saya paparkan beberapa jenis pelanggaran dalam sepakbola yang mungkin belum Anda ketahui.

aturan sepakbola

Aturan Pelanggaran Dalam Sepakbola


  1. Menyentuh bola dengan tangan (aktif), baik dengan disengaja atau tidak disengaja. Jika seorang pemain kedapatan dengan sengaja menyentuh bola dengan tangan, maka pemain tersebut akan mendapatkan kartu kuning sampai dengan kartu merah - tergantung kondisi.
  2. Mendahului barian belakang pemain lawan (offside). Offside umumnya akan selalu kita jumpai dalam setiap pertandingan sepakbola. Offside merupakan bentuk pelanggaran biasa yang tidak akan berujung pada pemberian kartu. Jika terdapat pemain yang mendahului barisan pemain belakang lawan sementara disisi lain penjaga gawan tetap berada di arena kotak penalti, maka kondisi ini disebut offside.
  3. Dengan sengaja menendang bola ke arah pemain lawan. Tindakan ini merupakan bentuk perilaku yang tidak sportif sehingga dinilai sebagai suatu bentuk pelanggaran. Dampak dari pelanggaran ini bisa berakibat dikeluarkannya kartu kuning/kartu merah untuk pemain.
  4. Sliding tackle yang tidak mengenai bola. Tindakan sliding tackle ini umumnya dilakukan oleh barisan lini belakang guna menghalau serangan tim lawan. Aturan sliding tackle adalah harus dilakukan dengan mengenai bola terlebih dulu. Apabila langsung mengenai kaki pemain lawan, maka tindakan ini dianggap sebagai pelanggaran,
  5. Menghalangi pergerakan lawan secara searah. Untuk menghentikan laju pemain biasanya pemain lawan akan berusaha menghentikan pemain lawan dengan menghalanginya dari depan. Hal ini tidak dibenarkan dalam aturan FIFA sehingga pelanggaran semacam ini akan berujung pada tendangan bebas untuk tim dengan pemain yang dilanggar.
  6. Membenturkan diri atau anggota badan dalam merebut bola
  7. Menarik anggota tubuh lawan yang menguasai bola
  8. Melompati lawan
  9. Mendorong lawan
  10. Menghambat kaki lawan saat berlari
  11. Mengangkat kaki terlalu tinggi yang membahayakan pemain lawan
  12. Menendang atau upaya untuk menendang anggota tubuh lawan
  13. Menjatuhkan lawan secara kasar untuk menghentikan penguasaan bola
  14. Berselisih dengan kata-kata atau tindakan yang wajar
  15. Menjegal kaki lawan dengan cara kasar
  16. Mengulur waktu untuk membuang waktu bermain
  17. Meninggalkan dan kembali memasuki lapangan bermain tanpa izin wasit
  18. Melakukan selebrasi gol secara berlebihan (melepas baju, memakai alat provokasi dll.)
  19. Pelanggaran yang tetap diulangi
  20. Mengkritik keputusan wasit secara berlebihan
  21. Melecehkan atau merendahkan pihak lawan secara terang-terangan
  22. Menghalangi tim lawan mencetak gol ke gawang, secara sengaja memegang bola (tidak belaku bagi penjaga gawang dalam area penalti sendiri)
  23. Menghalangi kesempatan lawan bergerak saat menyerang yang secara jelas dapat menghasilkan gol apabila tanpa gangguan
  24. Menyulut provokasi kepada pemain lain, memaki atau mengucap kata kasar / gestur berlebihan terhadap lawan
  25. Melakukan pelanggaran lainnya, yang belum tidak disebutkan, yang dapat menimbulkan permainan dihentikan sementara waktu
  26. Memarahi/meneriaki asisten wasit

Nah, itulah beberapa aturan sepakbola - jenis pelanggaran yang perlu untuk diketahui dalam aturan permainan sepakbola. Ada banyak sekali jenis pelanggaran dalam permainan sepakbola mulai dari yang biasa hingga yang tergolong fatal, dan beberapa diantaranya adalah sebagaimana disebutkan diatas.


Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Jenis-jenis Pelanggaran Dalam Sepakbola
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Jenis-jenis Pelanggaran Dalam Sepakbola ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Jenis-jenis Pelanggaran Dalam Sepakbola"

Posting Komentar