Contoh Soal TKD (SKD) CPNS 2017

Untuk dapat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), ada sejumlah tahapan yang harus dilalui. Dan berdasarkan Permenpan RB Nomor (No) 20 Tahun 2017, bahwa salah satu tes yang harus dilalui calon CPNS adalah Seleksi Kompetensi Dasar SKD CPNS yang sebelumnya dikenal dengan istilah TKD (tes kompetensi dasar) CPNS. TKD atau SKD CPNS tahun 2017 meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) serta Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Jika Anda masih bingung mengenai maksud dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Sebagai informasi, SOAL TKD (SKD) TWK CPNS 2017 adalah tes untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan pengimplementasian nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi: 1) Pancasila; 2) Undang-Undang Dasar 1945; 3) Bhinneka Tunggal Ika; dan 4) Negara Kesatuan Republik Indonesia (Sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar).

Lalu apa yang dimaksud dengan Tes Intelegensi Umum (TIU)? SOAL TKD (SKD) TIU CPNS 2017 adalah tes yang bertujuan untuk menilai: 1) Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis; 2) Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka; 3) Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuanmelakukan penalaran secara runtut dan sistematis; dan 4) Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan yang sistematik.

Dan yang dimaksud  dengan Tes Karakteristik Pribadi (TKP), SOAL TKD (SKD) TKP CPNS 2017  adalah tes untuk menilai: 1) Integritas diri; 2) Semangat berprestasi; 3) Kreativitas dan inovasi; 4) Orientasi pada pelayanan; 5) Orientasi kepada orang lain; 6) Kemampuan beradaptasi; 7) Kemampuan mengendalikan diri; 8) Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas; 9) Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan; 10) Kemampuan bekerja sama dalam kelompok; dan 11) Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

tkd cpns
tkw cpns
tiu cpns

tkp cpns


Referensi yang berguna bagi Anda, berikut kumpulan contoh TKD / SKD yang dapat Anda gunakan sebagai Soal Latihan TKD SKD 2017. Bagi yang merasa membutuhkannya, bisa juga di download melalui link download Contoh Soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) atau soal TKD (Tes kemampuan Dasar) berikut ini.


Demikianlah info penting Contoh Soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) atau soal TKD (Tes kemampuan Dasar) tahun 2017. Semoga membantu, berguna, dan bermanfaat bagi Anda.


0 comments

Post a Comment