Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Banyak orang memiliki hobi untuk memelihara burung, salah satunya adalah burung berjenis. Lovebird. Lovebird adalah salah satu jenis burung yang setia dengan pasangannya. Seperti halnya  namanya, jenis burung ini hanya mau kawin dengan satu pasangan saja.

Menyinggung tentang lovebird ini, sebagian dari kita mungkin masih merasa kebingungan untuk membedakan si jantan dan si betina. Ya, sepintas keduanya memang terlihat sangat mirip sehingga dibutuhkan sedikit kejelihan untuk bisa membedakan yang mana yang betina dan yang mana yang jantan.

Perlu diketahui, lovebird memiliki tiga kelompok tingkat kesulitan untuk membedakan jenis kelaminnya. Tiga kelompok tingkat kesulitan tersebut diantaranya kelompok Dimorfik (jenis kelamin Lovebird bisa dibedakan dengan mudah), kelompok Intermediate (jenis kelamin Lovebird relatif sulit untuk dibedakan), dan kelompok Lovebird Kaca Mata (jenis kelamin lovebird tidak konsisten, maka menjadi sangat sulit untuk dibedakan).

Kelompok Dimorfik

  • Lovebird Abisinia (Agapornis taranta)
  • Lovebird Madagaskar (Agapornis cana)
  • Lovebird Muka Merah (Agapornis pullaria)

Kelompok Intermediate

  • Lovebird Black Collared (Agapornis swinderniana)

Kelompok Lovebird Kaca Mata

  • Lovebird Nyasa (Agapornis lilianae)
  • Lovebird Pipi Hitam (Agapornis nigrigenis)
  • Lovebird Topeng (Agapornis personata)
  • Lovebird Fischer (Agapornis ficheri)

Demikian itulah beberapa jenis lovebird yang mudah dibedakan dan yang sulit untuk dibedakan jenis kelaminnya. Namun, terlepas dari itu semua, sebenarnya kita dapat membedakan ciri-ciri lovebird jantan dan betina secara akurat dengan mengikut beberapa cara sebagaimana diulas dibawah ini.

1. Bentuk paruh Lovebird

Lovebird-jantan-dan-betina

Ciri dari bentuk paruh lovebird jantan lebih runcing atau mancung serta kecil, sementara untuk bentuk paruh lovebird betina cenderung lebih tumpul, melebar, dan besar.

2. Bentuk sayap Lovebird


Pada bagian ujung sayap lovebird jantan umunya menyilang, dan untuk lovebird betina ujung sayapnya tidak saling bertemu dan tidak menyilang.

3. Bentuk fisik Lovebird

Bentuk-fisik-lovebird
Bagian tubuh lovebird jantan cenderung lebih kecil dari lovebird betina. Bagian kepala lovebird jantan berbentuk rata atau cepak, sementara lovebird betina kepalanya cenderung melengkung atau cekung.

4. Bentuk ekor Lovebird

Bentuk-ekor-lovebird

Pada sisi ekor lovebird jantan memiliki bentuk runcing, dan ekor lovebird betina bentuknya lebih rata. Dipandang sekilas, ujung ekor lovebird jantan mengerucut kecil. Adapun ujung ekor lovebird betina besar dan lebar.

5. Posisi Cara bertengger Lovebird

Cara-bertengger-lovebird

Untuk jenis lovebird jantan biasanya akan bertengger dengan kaki agak merapat, dan untuk lovebird betina kakinya akan terlihat agak melebar. Hal tersebut dikarenakan tulang pubis lovebird betina agak lebar atau berjauhan, sementara lovebird jantan tulang pubisnya terlihat meruncing dan rapat.

Demikian tadi 5 cara mudah untuk membedakan lovebird jantan dan betina, semoga bermanfaat bagi Anda yang memiliki hobi memelihara burung berjenis lovebird.


Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina"

Posting Komentar