Cara Flash HP Xiaomi

Xiaomi belum lama masuk ke pasar ponsel Tanah Air, namun pabrikan asal China yang satu ini ternyata memiliki daya pikat yang cukup tinggi. Terbukti dengan kehadirannya yang terbilang baru smartphone Xiaomi langsung mendapat tempat di hati para pengguna smartphone berbasis Android di seluruh Nusantara.

Bukan tanpa alasan, Xiaomi memang menawarkan smartphone berkelas dengan dukungan fitur dan spek tinggi namun menawarkan harga yang lebih ekonomis. Konon, Xiaomi lebih memilih mendapat keuntungan kecil dengan target penjualan unit ponsel yang lebih banyak. Jika dikomparasi dengan sejumlah pabrikan smartphone populer lainnya, harga Xiaomi memang terlihat lebih miring, padahal untuk urusan spek tidak kalah tangguhnya.

Seperti halnya smartphone yang diproduksi pabrikan lainnya, ada kalanya ponsel tersebut akan mengalami kerusakan atau kegagalan pada fungsi tertentu. Disfungsi pada smartphone dalam hal ini bisa terjadi dengan sendirinya seiring dengan usia penggunaan yang lama, dan bisa juga karena adanya tindakan tertentu yang dilakukan si user. Misalnya user memutuskan untuk mengganti ROM yang ternyata tidak berjalan dengan baik sehingga menyebabkan smartphone menjadi bootloop.

Ketika ponsel sudah dalam keadaan bootloop, maka cara untuk mengembalikan kondisi ponsel seperti sediakala adalah dengan melakukan flashing. Fungsi flashing ini adalah untuk mengembalikan kondisi ponsel ke keadaan normal. Selain berguna untuk mengatasi smartphone Xiaomi yang mengalami bootloop, flashing juga berguna ketika Anda memiliki keinginan untuk mengganti ROM. Dan bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara flash hp Xiaomi Android, dibawah ini saya paparkan langkah-langkahnya.

Cara Flash Xiaomi Android


Untuk memulai flashing Xiaomi secara mudah, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan daftar perangkat yang dibutuhkan, yakni:

  1. Komputer
  2. Kabel USB
  3. MiUI Flashing Tools (download disini)
  4. Fastboot Room sesuai dengan hp Xiaomi Anda. Silakan download melalui link ini. Pastikan file Room yang di download berekstensi ".tgz", jika hasil download-nya beresktensi ".gz",harus diubah dulu ke ".tgz", yang penting, jangan download yang berekstensi ".zip". File Fastboot Room ini bisa Anda simpan dimana saja, baik di partisi C, D, E atau yang lainnya, yang penting file tersebut berada di luar (bukan di folder).

Langkah-langkah Flash HP Xiaomi


Jika semua sudah disiapkan, selanjutnya proses flashing Xiaomi bisa segera dimulai dengan urutan sebagai berikut:

1. Silakan install MiUI Flashing Tool

2. Extract file MiUI Room di komputer

3. Bukalah Mi Flash yang baru saja di install. Jika Mi Flash tidak ditemukan di desktop, silakan cari di C:\Program Files (x86)\Xiaomi\MiPhone\ (Windows 7) atau C:\Program Files\Xiaomi\MiPhone\ (untuk Windows XP).

4. Matikan dulu smartphone Xiaomi Anda, lalu masuk ke mode Fastboot dengan cara menekan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan.

5. Sambungkan hp Anda ke komputer.

6. Untuk memastikan perangkat sudah terdeteksi dengan baik, silakan tekan "Refresh" pada Mi Flash.

7. Kemudian klik "Browse" lalu pilih Fastboot ROM yang sebelumnya sudah di ekstrak.

8. Jika perangkat telah terdeteksi dengan baik, silakan pilih opsi yang ada di bagian bawah. Opsi tersebut diantaranya adalah Flash All, Flash All Except Storage, dan Flash All Except Data and Storage. Tentukan pilihan sesuai keinginan Anda.

flash xiaomi

  • Flash All: Install ROM dan menghapus bersih seluruh data di hp.
  • Flash All Except Storage: Install ROM, dan menghapus data pengguna saja. Untuk data di Internal Storage tidak akan ikut terhapus.
  • Flash All Except Data and Storage: Hanya menginstall ROM. Data pengguna dan data di memori internal tidak ikut terhapus.

9. Jika Anda sudah memilih ketiga opsi tadi, silakan pilih 'Flash" yang ada disebelah "Refresh".

flash xiaomi 2

10. Tunggulah proses flashing Xiaomi hingga selesai. Biasanya akan memakan waktu sekitar 20 menit. Jika proses sudah selesai, maka ponsel akan reboot dengan sendirinya.

Simak juga: Cara Flash HP Samsung Android

Demikian panduan flash Xiaomi menggunakan Mi Flash. Caranya cukup mudah, saya yakin Anda tidak akan menemui kesulitan berarti. Intinya, Anda harus mengikuti langkah-langkahnya sama persis dengan yang saya jabarkan diatas. Cara flash Xiaomi sebagaimana diulas diatas berlaku pada hampir semua tipe, mulai Xiaomi 1S, Xiaomi 2s, Xiaomi Mi 3, Xiaomi Mi 4s, Xiaomi Mi 4c, dan tipe-tipe smartphone Xiaomi lainnya.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Cara Flash HP Xiaomi
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Cara Flash HP Xiaomi ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Cara Flash HP Xiaomi"

Posting Komentar

close