Cara Flash HP Samsung Android

Samsung merupakan salah satu produsen smartphone terbesar. Pengguna Samsung tidak hanya dominan di kawasan Asia, tapi turut merebak di kawasan Amerika, Eropah, hingga Afrika. Pabrikasi ponsel berstandar tinggi dan pilihan berbagai macam tipe menjadikan perusahaan yang berbasis di Korea Selatan ini sebagai salah satu perusahaan produsen smartphone yang paling diminati.

Sejak kemunculan operating system (OS) Android, Samsung memutuskan bekerjasama dengan OS robot hijau tersebut. Sebagian besar produk smartphone besutan Samsung mengaplikasikan OS Android yang ternyata hal tersebut semakin menancapkan pabrikan yang juga memproduksi berbagai macam barang elektronik ini dalam daftar vendor ponsel paling diganderungi pengguna smartphone di seluruh penjuru bumi.

Bagi para pengguna Samsung Android, mereka cukup dimanjakan dengan berbagai macam aplikasi Android yang bisa di download via Google Store. Selain aplikasi dari pihak ketiga, Samsung juga menanamkan aplikasi-aplikasi bawaan yang bisa dinikmati para penggunanya. Samsung juga menyediakan software utilitas berupa Odin. Aplikasi ini memungkinka pengguna ponsel Samsung melakukan flashing jika memang diperlukan.

Flashing sendiri merupakan solusi untuk mengembalikan ponsel ke kondisi sediakala. Ketika ponsel mengalami disfungsi atau permasalahan tertentu hingga yang terparah tidak bisa dinyalakan, maka Anda bisa memilih melakukan flashing. Flashing hp Android bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai software utilitas. Dan bagi pengguna Samsung, Anda tidak perlu repot mencari aplikasinya karena Anda bisa memanfaatkan software utilitas Odin yang sudah disiapkan oleh Samsung.

Bagi Anda yang membutuhkan tutorial flash hp Samsung secara mudah, dibawah ini saya ulas panduan cara flash Samsung secara cepat dan mudah menggunakan aplikasi Odin. Silakan simak langkah-langkah flash smartphone Samsung dengan bantuan aplikasi Odin sebagaimana dijabarkan dibawah ini.

Catatan:

Odin hanya dapat berjalan di OS komputer Windows. Jadi, jika Anda menggunakan OS Linux atau Mac, maka Odin bukan pilihannya.

Perangkat Yang Dibutuhkan

  1. Komputer/Laptop dengan OS Windows 
  2. Driver USB Samsung

Cara Flash HP Android Samsung Menggunakan Odin


  • Download Firmware hp Samsung yang akan di flash (pilihan firmware Samsung DISINI)
  • Download Driver USB Samsung terbaru kemudian install (link download driver USB)
  • Download Odin untuk flash HP Samsung Android (link download Odin)
  • Selanjutnya, silakan matikan ponsel yang akan di flash.
  • Kemudian, masuk ke “Download Mode”. Caranya adalah dengan menekan dan menahan secara bersamaan tombol Home, tombol Power dan tombol Volume Bawah atau Atas sampai muncul tanda warning. Silakan lanjutkan dengan menekan tombol Volume Atas (perhatikan instruksi yang muncul) untuk melanjutkan masuk ke Download Mode.
flash android
  • Sambungkan ponsel Samsung Anda ke komputer menggunakan kabel USB.
  • Klik 2x dan buka aplikasi Odin. Perhatikan, apakah software Odin sudah mengenali hp yang disambungkan. Akan terdapat tanda kotak pada kolom ID : COM tertulis nomor PORT.
  • Selanjutnya, klik menu “PDA” apabila menggunakan Odin v3.09 atau klik menu “AP” jika menggunakan Odin versi terbaru.
Odin
  • Selanjutnya pilih firmware yang tadi sudah disiapkan.
  • Terakhir, silakan klik tombol “Start” untuk memulai proses flashing ponsel.
  • Proses flashing hp Samsung sukses jika sudah muncul tulisan PASS.

Demikian panduan flashing smartphone Samsung secara mudah dengan bantuan software Odin. Semoga tutorial diatas berguna dan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan smartphone Samsung milik Anda.


Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Cara Flash HP Samsung Android
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Cara Flash HP Samsung Android ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Cara Flash HP Samsung Android"

Posting Komentar