Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli

Sudahkah Anda memahami apa itu definisi masyarakat? Masyarakat atau dalam bahasa Inggris disebut "society" adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup atau semi terbuka, yang mana sebagian besar interaksinya merupakan antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Kata "masyarakat" ini berakar dari kata dalam bahasa Arab "musyarak". Sebuah masyarakat merupakan suatu jaringan hubungan-hubungan antar entitas-entitas. Masyarakat adalah sebuah komunitas yang saling tergantung satu sama lain. Istilah masyarakat ini digunakan untuk mengacu pada sekelompok orang yang hidup bersama-sama dalam satu komunitas yang teratur.

Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli


  • Syaikh Taqyuddin An-Nabhani, mengartikan masyarakat sebagai sekelompok manusia dapat dikatakan sebagai sebuah masyarakat manakala terdapat pemikiran, perasaan, serta sistem atau aturan yang sama. Dengan kesamaan-kesamaan itu, manusia kemudian saling berinteraksi berdasarkan kemaslahatan.
  • J.L. Gillin dan J.P. Gillin, menurutnya masyarakat adalah kelompok yang tersebar dengan perasaan persatuan yang sama.
  • Emile Durkheim, mendefinisikan masyarakat adalah suatu kenyataan objektif individu-individu yang merupakan anggota-anggotanya.
  • Selo Soemardjan, mengartikan masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan.
  • M.J. Heskovits, menganggap bahwa masyarakat adalah sebuah kelompok individu yang mengatur, mengorganisasikan, dan mengikuti suatu cara hidup tertentu.
  • Paul B. Horton, mengartikan masyarakat adalah sekumpulan manusia yang relatif mandiri dengan hidup bersama dalam jangka waktu cukup lama, mendiami suatu wilayah tertentu dengan memiliki kebudayaan yang sama, dan sebagian besar kegiatan yang kelompok itu.

Masyarakat kerap kali di organisasikan sesuai dengan cara utamanya dalam bermata pencaharian. Sebagian pakar menilai bahwa masyarakat industri dan pasca-industri sebagai kelompok masyarakat yang terpisah dari masyarakat agrikultural tradisional.

Proses Terbentuknya Masyarakat


Guna dapat menganalisa secara ilmiah tentang proses terbentuknya masyarakat serta masalah-masalah yang ada sebagai proses-proses yang sedang berjalan atau bergeser dibutuhkan beberapa konsep. Beragam konsep tersebut sangat perlu untuk menganalisa proses terbentuk dan tergesernya masyarakat dan kebudayaan serta dalam sebuah penelitian antropologi dan sosiologi yang dikenal dengan sebutan social dynamic: dinamik sosial. Beberapa konsep penting tersebut diantaranya adalah internalisasi, sosialisasi, dan enkulturasi.

Baca: Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia)

Itulah ulasan mengenai pengertian masyarakat secara umum dan menurut para ahli serta proses terbentuknya masyarakat itu sendiri. Semoga dapat menambah wawasan Anda tentang ilmu sosial.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

close