Tips Agar Bisa Shalat 5 Waktu Secara Rutin

Agama Islam mewajibkan penganutnya untuk mengerjakan shalat 5 waktu dalam sehari semalam. Shalat 5 waktu merupakan salah satu ibadah wajib dalam ajaran Islam yang mutlak tidak boleh ditinggalkan. Namun demikian, mungkin masih saja ada diantara kita yang merasa malas-malasan saat hendak mengerjakan shalat 5 waktu ini, entah itu shalat Maghrib, Isya, ataupun shalat Subuh.

Jika ditinjau dari sisi malasnya, memang banyak hal yang menyebabkan seseorang merasa malas saat ingin mengerjakan tugas, misalkan karena badan kurang fit, sedang sibuk dengan aktivitas pekerjaan, sedang dalam perjalanan, atau mungkin karena susah bangun tidur untuk melaksanakan shalat Subuh. Hal tersebut sebenarnya hanya berupa alasan semata. Nyatanya, shalat 5 waktu itu hukumnya wajib, dan kita dituntut untuk selalu mengerjakannya sebagaimana yang diajarkan dalam Islam.

Untuk mengatasi rasa malas shalat 5 waktu atau sudah terbiasa mengerjakannya hanya saja masih belum bisa rutin, beberapa kiat untuk bisa rajin shalat 5 waktu berikut ini mungkin berguna bagi Anda.

Tips Bisa Rajin Shalat 5 Waktu Secara Rutin


1. Ingat akan siksaan dan neraka

Penting bagi kita umat Muslim untuk mengetahui serta yakin akan adanya siksaan dan neraka yang disediakan untuk orang-orang yang meninggalkan shalat. Dunia ini hanya tipuan belaka. Jangan sampai kita menyesali setelah kita tiada lagi di dunia ini. Oleh karenanya, kita harus mengetahui terlebih dahulu manfaat, keutamaan dan keistimewaan shalat serta bahaya dan siksaan bagi yang meninggalkan shalat.

2. Menjadikan shalat 5 waktu sebagai bagian dari aktivitas kita

Dalam sehari kita makan 2-3 kali dengan jadwal pagi, siang, sore atau malam. Jika tidak makan, pasti dampaknya akan sangat terasa pada tubuh kita. Begitupun dengan shalat, apapun rutinitas yang sedang kita lakukan, ketika masuk waktu shalat, hendaknya menyegerakan untuk menunaikan shalat. Jika kita terlambat shalat apalagi sampai tidak mengerjakannya, maka hati akan terasa merasa gelisah dan tidak tenang. Jadikanlah shalat 5 waktu ini sebagai kebutuhan pokok yang harus terpenuhi.

3. Ketahui mengapa sholat 5 waktu hukumnya wajib
Dengan mengetahui alasannya, maka ini akan membuat kita sulit untuk meninggalkan shalat 5 waktu, apapun alasannya. Karena shalat lima waktu merupakan ibadah yang pertama kali dihisab (dihitung) kelak di hari akhir. Shalat 5 waktu merupakan tiangnya agama, penghapus dosa-dosa kecil dari waktu ke waktu. Dalam setiap waktu pasti kita melakukan dosa, oleh karenanya selain istighfar, shalat lima waktu merupakan cara kita untuk menghapus dosa-dosa yang kita perbuat.

4. Mengingat bahwa shalat merupakan salah satu tanda rasa syukur

Kita telah diberi limpahan karunia dan nikmat oleh Allah SWT., dapat menghirup udara segar, diberi kesehatan, diberi rezeki, kebahagiaan, kasih sayang, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara kita mensyukuri nikmat-nikmat yang telah Allah berikan kepada kita? yakni dengan cara bersujud dan menyembah-Nya. Bersyukur tidak hanya diucapkan oleh lisan, tetapi juga dibuktikan dengan ketaatan dalam beribadah kepada-Nya.

5. Berteman dengan orang-orang yang rajin shalat
Faktor pertemanan mungkin juga bisa menjadi pembeda. Jika kita berteman dan berada didekat orang-orang yang rajin shalat, maka keberadaan mereka akan sangat berpengaruh dalam membantu kita untuk bisa rajin melaksanakan shalat. Begitu juga sebaliknya, jika mayoritas teman-teman kita merupakan sekumpulan orang yang malas shalat, maka ada kemungkinan kita akan ikut terbawa malas. Tidak salahnya, bahkan baik dampaknya untuk berteman dengan orang-orang sholeh karena membuat kita lebih dekat kepada yang maha Esa.

6. Lakukan shalat secara berjamaah

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, shalat berjamaah lebih unggul dua puluh tujuh derajat dibandingkan dengan shalat sendirian. Selain karena keunggulannya, shalat berjamaan juga dapat mendorong kita untuk lebih giat dalam mengerjakan shalat. Jika rumah Anda berada di dekat masjid, pergilah ke masjid untuk menunaikan shalat lima waktu secara berjamaah. Dan jika tidak memungkinkan pergi ke masjid, ajaklah anak, isteri, suami, atau saudara Anda untuk shalat 5 waktu dengan berjamaah di rumah.

7. Jangan menunda waktu shalat

Jamak diketahui bahwa menunda-nunda waktu shalat akan membuat kita merasa malas, karena syetan akan selalu berusaha untuk menggoda dan selalu aktif membisikkan umat Muslim untuk senantiasa ingkar, sehingga ia lalai dalam melaksanakan kewajibannya. Menunda waktu shalat sama saja kalah dengan rayuan syetan yang terkutuk. Adapun cara untuk mengantisipasi menunda waktu shalat adalah dengan menunda aktivitas lain yang berpotensi menghalangi kita untuk mengerjakan shalat tepat waktu.

8. Ingat akan kematian yang bisa datang kapan saja

Kita hanya hidup sekali di dunia ini, dan segala sesuatu yang telah kita kerjakan selama berada di dunia kelak akan kita pertanggung jawabkan. Jika tidak shalat, semua perbuatan baik kita tidak ternilai di mata Allah SWT. Karena shalat merupakan ibadah yang paling utama. Jika dinanti-nanti, menunggu sampai waktu luang atau masa tua, siapa yang dapat menjamin bahwa kematian Anda di hari tua? Maut bisa menjemput kapa saja, dimana saja, serta tidak mengenal waktu.

9. Perbanyak membaca buku tentang Islam

Dengan semakin banyak tahu tentang Islam, maka Anda akan semakin mencintainya, dan rasa untuk ingin semakin mendekatkan diri dengan yang maha Esa akan semakin tinggi. Dari sini, kebiasaan malas shalat 5 waktu akan mulai hilang. Seterusnya Anda akan merasa semakin terdorong untuk mengerjakan shalat 5 waktu secara rutin dalam keadaan apapun.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Tips Agar Bisa Shalat 5 Waktu Secara Rutin
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Tips Agar Bisa Shalat 5 Waktu Secara Rutin ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Tips Agar Bisa Shalat 5 Waktu Secara Rutin"

Posting Komentar

close