Pengertian Toleransi dan Contoh Toleransi

Dalam kehidupan bermasyarakat terdapat didalamnya yang disebut dengan toleransi. Toleransi sendiri sangatlah dibutuhkan dalam kehidupan sosial. Tanpanya, maka akan sangat sulit bagi suatu bangsa atau masyarakat untuk dapat hidup dengan aman, damai, tenang, dan saling menghargai satu sama lain.

Pengertian Toleransi


Istilah toleransi ini umunya mengacu pada beberapa kondisi, misalnya toleransi antara ummt beragama, dimana seperti kita ketahui bersama bahwa Indonesia ini adalah negara Bhinneka Tunggal Ika yang berlandaskan Pancasila - Warga negara Indonesia memiliki keyakinan masing-masing, ada Islam, Kriten, Hindu, Hingga Budha. Dibutuhkan rasa toleransi agar tidak terjadi hal-hal yang bersifat negatif.

Pengertian toleransi adalah suatu sikap saling menghormati dan menghargai antarkelompok atau antarindividu dalam bermasyarakat atau dalam lingkup lainnya. Sikap toleran ini akan menghindarkan terjadinya diskriminasi meskipun terdapat banyak kelompok atau golongan yang berbeda dalam suatu kelompok masyarakat.

Contoh Sikap Toleransi 


Beberapa contoh sikap toleran secara umum diantaranya adalah:

  • Menghargai pendapat atau pemikiran orang lain yang berbeda dengan kita
  • Saling tolong-menolong untuk kemanusiaan tanpa memandang suku/ras/agama/kepercayaan mereka.

Istilah toleransi ini sebenarnya mencakup banyak aspek. Salah satunya adalah agama. Toleransi Beragama merupakan sikap saling menghormati dan menghargai penganut ajaran agama lain;

  • Tidak memaksakan orang lain untuk menganut agama kita
  • Tidak menghina agama lain dengan alasan apapun
  • Tidak melarang ataupun mengganggu pemeluk agama lain untuk beribadah sesuai kepercayaan mereka.

Dalam kehidupan bermasyarakat, adanya sikap toleransi akan menimbulkan suasana kehidupan yang aman, damai, serta saling berdampingan dan dapat terhindari dari permusuhan. Oleh karenanya, maka sesiapa saja dalam hal ini dituntut untuk senantiasa memiliki sikap toleransi tinggi sebagai warga negara yang baik.

Rekomendasi: Pengertian Integrasi Nasional, Faktor Pendorong, dan Penghambat

Prinsip-prinsip Toleransi Beragama


Dalam penerapan toleransi beragama, kita harus memiliki sikap atau prinsip untuk mencapai kedamaian dan ketenteraman. Adapun prinsip-prinsip tersebut adalah sebagai berikut:

  • Kebebasan Beragama; Hak Asasi Manusia yang paling esensial dalam hidup adalah hak kemerdekaan atau kebebasan baik kebebasan untuk berpikir maupun kebebasan untuk berkehendak dan kebebasan di dalam memilih kepercayaan atau agama.
  • Penghormatan dan Eksistensi Agama lain; Etika yang harus diterapkan dari sikap toleransi setelah memberikan kebebasan beragama adalah menghormati eksistensi agama lain dengan pengertian menghormati keragaman dan perbedaan ajaran-ajaran yang terdapat pada setiap agama dan kepercayaan yang ada baik yang diakui negara maupun belum diakui oleh negara.
  • Setuju di dalam perbedaan; Perbedaan tidak harus berujung permusuhan, karena dimanapun perbedaan itu memang selalu ada. Perbedaan tidak harus menimbulkan pertentangan.

Demikianlah artikel yang membahas tentang definisi toleransi beserta beberapa contoh toleransi, semoga berguna, serta dapat menjadi "pengingat" bagi kita semua untuk senantiasa memiliki rasa toleransi yang tinggi dalam hidup bermasyarakat.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Pengertian Toleransi dan Contoh Toleransi
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Pengertian Toleransi dan Contoh Toleransi ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Pengertian Toleransi dan Contoh Toleransi"

Posting Komentar

close