Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Apa itu ideologi? Ideologi pada prinsipnya adalah suatu ide atau gagasan. Ideologi sendiri dapat dianggap sebagai visi yang komprehensif, sebagai cara memandang segala sesuatu. Para ahli memiliki pandangan tersendiri dalam mendefinisikan ideologi.

Pengertian Ideologi Secara Umum


Ideologi adalah kumpulan ide, keinginan, pandangan, atau gagasan berupa konsep yang dapat dijadikan asas, pendapat, tujuan, dan penunjuk arah kelangsungan hidup. Istilah ini pertama kali digunakan oleh Destutt de Tracy pada akhir abad ke-18 untuk mendefinisikan “ilmu tentang ide”. Secara etimologi, “ideologi” berasal dari bahasa Yunani "idea" yang berarti “ide” dan logos yang berarti “ilmu”.

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli


Bagaimana pendapat para ahli mengenai definisi dari ideologi? Berikut ini jawabannya:

Ali Syariati
Ideologi adalah keyakinan-keyakinan dan gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, suatu kelas sosial, suatu bangsa, atau suatu ras tertentu.

Gunawan Setiardjo
Ideologi adalah kumpulan ide, gagasan, atau akidah yang melahirkan aturan-aturan dalam kehidupan.

Dr. Alfian

Ideologi adalah suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam tentang bagaimana cara yang sebaiknya, yaitu secara moral dianggap benar dan adil, guna mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi kehidupan.

M. Sastra Prateja

Ideologi adalah sebagai perangkat gagasan atau pemikiran yang berorientasi pada tindakan yang diorganisir menjadi suatu sistem yang teratur.

Soerjanto Poespowardoyo

Ideologi adalah kompleks pengetahuan dan macam-macam nilai, yang secara universal menjadi landasan bagi seseorang atau juga masyarakat untuk dapat memahami jagat raya serta bumi seisinya dan juga menentukan sikap dasar untuk dapat mengolahnya.

Dr. Hafidh Shaleh

Ideologi adalah sebuah pemikiran yang mempunyai ide dan metode berupa konsep rasional, yang meliputi akidah dan solusi atas seluruh masalah kehidupan manusia.

Muhammad Ismail

Ideologi adalah pemikiran mendasar yang sama sekali tidak dibangun di atas pemikiran-pemikiran yang lain, melainkan merupakan akumulasi jawaban atas pertanyaan dari mana, untuk apa, dan mau ke mana alam, manusia, dan kehidupan ini yang dihubungkan dengan asal muasal penciptaannya dan kehidupan setelahnya.

W. White

Ideologi adalah cita-cita politik atau doktrin (ajaran) dari suatu lapisan masyarakat atau sekelompok manusia yang dapat dibeda-bedakan.

Silvio Vietta

Ideologi adalah bentuk perlindungan kumpulan ide terhadap tingkah politik yang tidak rasional yang bertindak dalam wujud idealisme.

Kirdi Dipoyuda

Ideologi adalah suatu kesatuan gagasan-gagasan dasar yang sistematis dan menyeluruh tentang manusia dan kehidupannya baik individual maupun sosial, termasuk kehidupan bernegara.

C.C. Rodee

Ideologi adalah sekumpulan gagasan yang secara logis berkaitan dan mengidentifikasikan nilai-nilai yang memberi keabsahan bagi institusi dan pelakunya.

Thomas H.

Ideologi adalah suatu cara untuk melindungi kekuasaan pemerintah agar dapat bertahan dan mengatur rakyatnya.

A.S. Hornby

Ideologi adalah seperangkat gagasan yang membentuk landasan teori ekonomi dan politik yang dipegang oleh seseorang atau sekelompok orang.

Francis Bacon

Ideologi adalah sintesa pemikiran mendasar dari suatu konsep hidup. Sintesa maksudnya adalah paduan berbagai pengertian agar semuanya menjadi selaras.

Harold H. Titus

Ideologi adalah suatu istilah yang dipergunakan untuk sekelompok cita-cita mengenai berbagai macam masalah politik dan ekonomi yang dilaksanakan dalam suatu rencana sistematis dan dijalankan oleh kelompok atau lapisan masyarakat.

Louis Althuser

Ideologi adalah suatu gagasan yang spekulatif, namun bukan gagasan palsu, karena bukan dimaksudkan untuk menggambarkan suatu realitas melainkan untuk dapat memberikan gambaran mengenai bagaimana semestinya manusia itu dapat menjalani hidupnya.

Antonine Destut de Tracy

Ideologi adalah ilmu mengenai gagasan atau ilmu tentang ide-ide yang sesuai dengan realita dan sejalan dengan akal budi bukan khayalan atau gagasan palsu. Antonine Destut de Tracy adalah orang pertama yang menggunakan istilah “ideologi”. Meskipun pengertian ideologi menurut Antonine Destut de Tracy ditentang oleh Karl Marx.

Nicollo Machiavelli

Ideologi adalah pengetahuan mengenai cara menyembunyikan kepentingan, mendapatkan, serta mempertahankan kekuasaan dengan memanfaatkan konsepsi-konsepsi keagamaan dan tipu daya.

Karl Marx

Ideologi adalah kesadaran palsu, karena ideologi adalah suatu hasil pemikiran yang diciptakan oleh pemikirnya yang ditentukan oleh kepentingannya.

Ideologi politik


Dalam ilmu sosial, ideologi politik adalah sebuah himpunan ide dan prinsip yang mendeskripiskan bagaimana seharusnya masyarakat bekerja, dan menawarkan ringkasan order masyarakat tertentu. Ideologi politik biasanya mengenai dirinya dengan bagaimana mengatur kekuasaan dan bagaimana seharusnya dilaksanakan.

Teori komunis Karl Marx, Friedrich Engels dan pengikut mereka, sering dikenal dengan marxisme, dianggap sebagai ideologi politik paling berpengaruh dan dijelaskan lengkap pada abad ke-20.

Contoh ideologi lainnya termasuk: anarkisme, kapitalisme, komunisme, komunitarianisme, konservatisme, neoliberalisme, Demokrasi Islam, demokrasi kristen, fasisme, monarkisme, nasionalisme, nazisme, liberalisme, libertarianisme, sosialisme, dan demokrat sosial.

Popularitas ideologi berkat pengaruh dari "moral entrepreneurs", yang kadangkala bertindak dengan tujuan mereka sendiri. Ideologi politik adalah badan dari ideal, prinsip, doktrin, mitologi atau simbol dari gerakan sosial, institusi, kelas, atau grup besar yang memiliki tujuan politik dan budaya yang sama. Merupakan dasar dari pemikiran politik yang menggambarkan suatu partai politik dan kebijakannya.

Baca juga: Pengertian Sistem Ekonomi Liberal
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

close