Pengertian Endorse dan Contoh Endorse

Jika Anda sering berinteraksi dengan media seperti halnya media online, maka saya yakin Anda pernah mendengar kata "endorse" dicuapkan oleh seseorang. Lalu apa itu endorse? Mari dibahas artikel tentang endorse seperti dijabarkan dibawah ini.

Pengertian Endorse


Kata "endorse" berasal dari kata "endorsement" yang artinya adalah sebuah tindakan mendukung atau setuju dengan sesuatu. Sampai disini Anda mungkin belum paham. Tenang, simak penjelasan lebih lanjut berikut ini.

Contoh Endorse / Endorsing


Misalkan ada seorang artis menggunakan shampoo Lidah Buaya dan mendukung perawatan rambut secara alami, maka artis tersebut meng-endorse sampoo Lidah Buaya. Dengan kata lain artis tersebut menyetujui dan mendukung penggunaan shampoo dengan bahan alami.

Dalam lingkup berbelanja online jaman sekarang sepertinya pengertian tentang endorse telah bergeser. Endorse bukan lagi suatu kata yang berarti persetujuan dan dukungan, namun menjadi kata yang digunakan oleh pemilik barang atau jasa untuk memberikan intensif kepada artis yang mempromosikan produk tersebut.

Untuk saat ini biasanya endorse terjadi di media sosial Instagram. Sebagai contoh, misalnya ada seorang artis bernama A yang berfoto menggunakan kaos dari suatu brand/merk toko online "Kaos Oblong", maka bisa dibilang bahwa artis A telah di endorse oleh toko online "Kaos Oblong".

Soal endorse ini, pihak online shop bersedia mengirimkan barangnya secara gratis untuk si artis dengan imbalan foto dengan kata-kata tertentu. Misalnya saja si artis memakai tas kiriman online shop dengan caption "pakai celana dari [nama brand] makin terlihat keren, makasih [nama brand]".

Namun, hanya mendapatkan barang gratis itu mungkin dulu. Kalau sekarang si artis juga akan meminta imbalan berupa uang (fee) kepada online shop pengendorse. Tarif imbalannya pun berbeda-beda sesuai dengan popularitas artis tersebut. Untuk artis papan atas, tarifnya akan semakin mahal.

Sementara itu, foto dan caption dari si artis tersebut bisa tidak bersifat lifetime (selamanya). Ada yang hanya bertahan selama seminggu saja. Dalam hal ini kesepakatan diawal yang akan menjadi penentunya.

Seiring dengan kecenderungan masyarakat terhadap sosial media yang terus meningkat, sepertinya fenomena endorse ini semakin menjadi tren, dan cukup diminati banyak peruahaan yang ingin membangun brand mereka.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Pengertian Endorse dan Contoh Endorse
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Pengertian Endorse dan Contoh Endorse ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Pengertian Endorse dan Contoh Endorse"

Posting Komentar

close