Contoh Pidato Tentang Ormas

Kembali berbagi contoh pidato singkat, dan kali ini contoh naskah pidato pendek yang akan saya bahas adalah mengenai ormas. Ormas atau kepanjangan dari Organisasi Kemasyarakatan adalah organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan NKRI yang berlandaskan Pancasila.

Pidato Ormas ini bisa disampaikan dalam suatu majlis yang nuansanya relevan. Dan berikut ini contoh teks pidato tentang Ormas yang saya harapkan dapat memberikan inspirasi bermanfaat bagi sahabat pembaca.

Contoh Pidato Tema Seputar Ormas


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pertama-tama marilah kita panjatkan rasa puja dan puji sykur kehadirat Tuhan yang maha Esa. Atas rahmat serta hidayah-Nya pada kesempatan ini kita dipertemukan dalam suatu majlis dalam keadaan sehat wal'afiat.

Bapak/Ibu dan para hadirin yang saya hormati...

Indonesia adalah sebuah negara demokrasi yang memberikan kebebasan kepada segenap warganya untuk menyuarakan aspirasi-aspirasi positif guna dapat membantu terciptanya pembangunan dan kesejahteraan sosial secara menyeluruh.

Saya yakin, pada prinsipnya Ormas ini dibentuk dengan maksud dan tujuan yang baik. Melalui Ormas aspirasi-aspirasi yang membangun dapat ditampung yang kemudian dapat disalurkan dengan cara-cara yang baik dan beradab. Sebagai negara demokrasi, keberadaan Ormas dapat memberikan efek positif untuk pembangunan Indonesia Raya.

Teman-teman seperjuangan yang saya cintai...

Disini mungkin perlu saya tekankan, bahwa Ormas itu memiliki tujuan dan fungsi. Apa sajakah tujuan dan fungsi Ormas itu?

Tujuan Ormas diantaranya adalah:

  • Meningkatkan partisipasi dan keberdayaan masyarakat;
  • Memberikan pelayanan kepada masyarakat;
  • Menjaga nilai agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa;
  • Melestarikan dan memelihara norma, nilai, moral, etika, dan budaya yang hidup dalam masyarakat;
  • Melestarikan sumber daya alam dan lingkungan hidup;
  • Mengembangkan kesetiakawanan sosial, gotong royong, dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat;
  • Menjaga, memelihara, dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa; dan/atau
  • Mewujudkan tujuan negara.

Bapak/Ibu dan Para hadirin yang saya hormati...

Adapun fungsi Ormas antara lain adalah:

  • Penyalur kegiatan sesuai dengan kepentingan anggota dan/atau tujuan organisasi;
  • Pembinaan dan pengembangan anggota untuk mewujudkan tujuan organisasi;
  • Penyalur aspirasi masyarakat;
  • Pemberdayaan masyarakat;
  • Pemenuhan pelayanan sosial;
  • Partisipasi masyarakat untuk memelihara, menjaga, dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa; dan/atau
  • Pemelihara dan pelestari norma, nilai, dan etika dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Ormas memiliki maksud dan tujuan serta fungsi yang positif untuk kemajuan bangsa yang besar ini. Oleh karenanya, keberadaan Ormas-ormas di negeri tercinta ini harus tetap terjaga sepanjang keberadaannya memang dapat memberikan efek positif untuk warga masyarakat.

Para hadirin yang saya cintai...

Demikian rangkaian kalimat singkat yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat, dan semoga lahirnya Ormas-ormas di negeri ini senantiasa memberikan kontribusi bernilai terhadap proses memajukan negeri tercinta, Republik Indonesia.

Akhir kata dari saya...

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Simak juga: Contoh Pidato Tentang Perjuangan

Demikianlah sahabat pembaca contoh pidato singkat tentang Ormas. Semoga contoh yang saya share ini berguna bagi Anda. Dan jika ada kurang-lebihnya, tentunya harap maklum mengingat ini hanya sebuah contoh. Anda dapat berkreasi sendiri sehingga pidato yang akan Anda sampaikan benar-benar akan berkesan.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Contoh Pidato Tentang Ormas
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Contoh Pidato Tentang Ormas ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Contoh Pidato Tentang Ormas"

Posting Komentar

close