Bacaan Doa Sholat Dhuha Dilengkapi Artinya

Sholat Dhuha merupakan salah satu sholat sunnah dalam ajaran Islam. Sholat Dhuha adalah sholat sunah yang dilakukan orang Muslim ketika waktu duha. Waktu dhuha adalah waktu ketika matahari mulai naik sekira 7 hasta sejak terbitnya sekitar pukul 7 pagi hingga waktu Dzuhur. Jumlah rakaat sholat Dhuha minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat, dan dilakukan dalam satuan 2 rakaat sekali salam.

Sholat sunnah Dhuha ini memiliki banyak manfaat sehingga amat dianjurkan bagi orang Islam untuk mengerjakannya. Beberapa manfaat sholat Dhuha diantaranya adalah dapat melapangkan dada dalam segala hal terutama untuk urusan rizki, sholat dapat menguatkan otot berserta tendonnya, sendi serta berefek luar biasa terhadap sistem kardiovaskular, dan lain sebagainya.

Sholat Dhuha tidak hanya berguna untuk mempersiapkan diri menghadapi hari dengan rangkaian gerakan teraturnya, tetapi juga mampu menangkal stress yang mungkin timbul dalam kegiatan sehari-hari. Ada ketegangan yang bisa hilang karena tubuh secara fisiologis mengelurakan zat-zat seperti enkefalin dan endorfin.

Doa Sholat Dhuha


Doa Sholat Dhuha

Doa Setelah Sholat Dhuha


Doa Sholat Dhuha

Lafadz Bacaan Doa Sholat Dhuha (Tulisan Latin)


ALLAHUMMA INNADHDHUHA-A DHUHA-UKA, WALBAHAA-ABAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWAATUKA, WAL QUDROTA QUDROTUKA, WAL ‘ISHMATA ISHMATUKA.

ALLAHUMA INKAANA RIZQII FISSAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’SIRON FAYASSIRHU, WAINKAANA HAROOMAN FA THOHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QORIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDROTIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBAADAKASH SHOOLIHIiN.

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha itu adalah dhuhamu, keagungan itu merupakan keagunganmu, keindahan itu merupakan keindahanmu, kekuatan itu adalah kekuatanmu, kekuasaan itu adalah kekuasaanmu”, dan penjagaan-penjagaan adalah penjagaanmu.

“Ya Allah, jika rezeki aku masih di langit maka turunkanlah, jika ada di dalam bumi maka keluarkanlah, jika sulit maka mudahkanlah, apabila itu haram maka sucikanlah, jika jauh maka dekatkanlah”.

“Demi kebenaran dhuhamu, keagunganmu, keindahanmu, kekuatanmu dan kekuasaanmu, berikanlah kepadaku sebagaimana apa yang engkau berikan kepada hambamu yang sholeh”.

Niat Sholat Dhuha


Bacaan Niat Dhuha
Di baca: Ushollii sunnaatadluhaa rak’ataini mustaqbil alqiblati adaa-a llillaahi ta’aala

Artinya:

“Saya berniat sholat dhuha 2 rakaat menghadap kiblat karena allah ta’ala”.

Baca juga: Doa Zakat Fitrah

Manfaat dan Keutamaan Sholat Dhuha


Sholat Dhuha memiliki banyak manfaat untuk pelaksananya, dan berikut ini adalah beberapa manfaat sholat Dhuha yang ternyata sungguh luar biasa:

  • Praktis tetapi pahalanya seperti sedekah
  • Sebagai investasi amal cadangan
  • Mendapatkan keuntungan besar
  • Kebutuhan hidup menjadi tercukupi
  • Dapat menjaga keimanan
  • Dapat menjaga kondisi tubuh
  • Dapat memperlanca peredaran darah
  • Mampu menyembuhkan penyakit dalam
  • Menjadikan wajah cantik dan berseri
  • Dapat menghilangkan stress
  • Mendapat pahala seperti umrah
  • Dibangunkan rumah di surga

Demikian, semoga berguna. Dengan mengetahui kelebihan dan manfaat sholat Dhuha sebagaimana diulas diatas, semoga akan semakin memberi dorongan kepada Anda untuk melaksanakan sholat Dhuha secara rutin. Meskipun sifatnya sunnah, namun apa salahnya untuk dikerjakan jika memang tidak ada halangan. Telerbih kita akan mendapatkan pahala dan manfaatnya yang sungguh luar biasa.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Bacaan Doa Sholat Dhuha Dilengkapi Artinya
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Bacaan Doa Sholat Dhuha Dilengkapi Artinya ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Bacaan Doa Sholat Dhuha Dilengkapi Artinya"

Posting Komentar

close